SEJARAH AWAL BERDIRI NEGARA ITALIA

Sejarah Awal Berdiri Negara Italia - Negara Italy adalah termasuk paling tua didunia dan peninggalan-peninggalan sejarah purba terdapat banyak masih ada disana.sampai saat ini penduduk dari segala penjuru dunia mendatangi serta melihat peninggalan-peninggalan sejarah antik. Roma, menjadi ibukota Kekaisaran Romawi yang bertenaga serta berpengaruh menarik ribuan ke kota dan negara menurut seluruh kekaisaran, termasuk sebagian akbar, Mediterania Afrika Utara, daratan Inggris Raya (Inggris) dan bagian Timur Tengah. Pedagang serta pedagang tiba ke Italia berdasarkan beberapa bagian yang tidak selaras berdasarkan dunia. Kepulauan Capri misalnya sebagai terkenal pada akhir abad 18 dan dasa warsa pertama abad ke-19.
Profil Negara Italia
Nama negara : Republik Italia
Ibu kota : Roma
Penduduk : 57,4 juta jiwa (2000)
Luas wilayah : 301.277 km2 (dua,5 kali Pulau Jawa), Pulau
Sicilia 25.707 km2, Pulau Sardegna 24.089
km2.
Batas negara : Utara : Perancis, Swiss, Austria, serta Slovenia
Barat : Laut Tyrhenia
Timur : Laut Adriatik
Selatan: Laut Lonia.
Kota-kota utama : Milano, Napoli, dan Torino
Bahasa resmi : Italia
Suku bangsa : Italia 94%, Sardegna dua,7%, Rhaetian 13,6, lain-
lain 1,9%
Agama : Katolik Roma 83%, non religius 13,6%, atheis
1,tiga%, lain-lain 0,6persen
Hari nasional : dua Juni 1946
Lagu Kebangsaan : Fratelli D’ Italia (Brothers of Italy)
Bendera : Hijau, Putih, Merah (vertikal)
Keanggotaan organisasi
internasional : PBB NATO, Uni Eropa, WEU, G7,
Schengen.
Mata Uang : Euro
Italia, terletak pada bagian selatan Benua Eropa. Negara ini berbentuk semenanjung yang seperti sepatu boot dengan 2 pulau besar , Sisilia dan Sardinia. Negara ini berbatasan menggunakan Prancis, Swiss, Austria serta Slovenia. Italia adalah galat satu negara tertua di Eropa. Sejarah negara ini sanggup dilacak 3 ribu tahun ke belakang. Tidak heran, Italia sebagai akar dari kebudayaan Eropah, yakni Etruscan dan Romawi.
Badan PBB yg mengurusi Ilmu Pengetahunan dan Kebudayaan (Unesco) mencatat ada kurang lebih 41 peninggalan sejarah pada Italia yg sanggup diwariskan pada dunia. Peninggalan sejarah itu beredar mulai dari kota Roma sampai Italia bagian selatan serta utara. Peninggalan sejarah itu sekarang menjadi daya tarik primer bagi pariwisata negara ini. Roma, merupakan saksi bisu berdasarkan kejayaan Italia terdapat masa lampau. Menurut legenda, Roma dibangun tahun 753 masehi sang Romulus, raja pertama Romawi kuno.
Kota ini sangat tua serta klasik, karena masih poly bangunan sejarah peninggalan Romawi kuno pada sini. Salah satunya merupakan, Circus Maximus yang dibangun pada masa Raja Tarquinius Priscus, antara tahun 616 sampai 579 sebelum masehi. Dahulu, ribuan tahun lalu, pada arena ini digelar ajang perlombaan balap kereta kuda dan gladiator, hiburan yang paling digemari saat itu.
Bagi warga Italia, Circus Maximus adalah simbol berdasarkan kejayaan masa lampau. Di sini pula rakyat Italia merayakan tim sepak bola kesayangan mereka yg menjuarai piala dunia. Ribuan rakyat kota Roma saat itu memadati lapangan ini, kendati suhu menyengat, sekitar 35 derajat selsius. Mereka menyambut, kedatangan tim Italia. Sepak bola memang memiliki tempat khusus pada hati orang setiap Italia, sehingga peristiwa misalnya mereka rayakan se-akbar mungkin, mengalahkan seremoni hari nasional mereka.
Italia adalah negara yg sanggup hidup berdasarkan industri pariwisata. Setiap tahun 15 hingga 20 juta wisatawan berkunjung ke sini. Biasanya pada demam isu panas, Roma dipadati wisatawan. Jumlahnya sanggup melebihi penduduk Roma sendiri yang justri memilih berlibur keluar kota.
Di Piazza Navona, misalnya, wisatawan bisa menikmati goresan tangan karya para pelukis jalanan. Dengan tarif tarif 60 hingga 120 ribu rupiah, wisatawan bisa mendapatkan lukisan diri hanya dalam waktu 10 menit. Bangunan sejarah pada Italia memang telah menjadi magnet bagi jutaan wisatawan. Di Piazza di Spagna, biasanya wisatawan menghabiskan waktu mereka, dan tidak mereka pun menguras koceknya berbelanja di toko dan butik di kawasan yang menawarkan produk dengan merek mendunia.
Inilah Colosseo. Colosseo atau Koloseum merupakan salah satu monumen yg sebagai landmark sekaligus simbol menurut kota Roma. Roma selalu identik dengan bangunan ini. Di loka inilah kerap digelar gladiator, yaitu konflik antara insan melawan insan, atau manusia menggunakan hewan. Bangunan ini menjadi saksi dari ribuan nyawa manusia yg tewas pada permasalahan di arena ini.
Colosseo sangat megah, dan memancing rasa ingin memahami orang buat melihat lebih mendalam sejarah bangunan ini. Pada demam isu panas, ribuan wisatawan rela antri berjam-jam buat melihat monumen ini. Sebelum memasuki Colloseo, pengunjung disuguhi atraksi gladiator. Sekali foto bersama gladiator ini dipungut biaya lima Euro, setara dengan 60 ribu rupiah.
Colosseo merupakan sebuah ampiteater yg sangat akbar yg dibangun dalam tahun 72 sesudah masehi, oleh Vespasiano, lalu diselesaikan sang putranya, Titus, delapan tahun lalu.
Pembangunan Colosseo memanfaatkan tenaga tahanan Yahudi. Colosseo berbentuk lonjong, dengan bagian terpanjang berukuran 187 meter, sedangkan yg terpendek 155 meter. Tingginya mencapai 50 meter, dan mampu menampung 80 ribu penonton. Colosseo awalnya, berfungsi sebagai stadion besar buat menghibur masyarakat menggunakan tontonan sirkus.
Seratus lima puluh kilometer sebelah selatan kota Roma, ada situs sejarah yg populer bernama Pompeii. Pompeii adalah kota yg tertimbun abu letusan gunung Vesuvius dalam lepas 24 Agustus tahun 79. Porta Marina atau gerbang laut ini adalah cikal bakal dari kota Pompeii. Gerbang ini dahulunya adalah kota perdagangan. Jejak-jejak itu masih terlihat pada Via Della Marina. Lalu lalang tunggangan yg mengangkut barang dari pelabuhan, pada masa itu melewati jalan sempit ini.
Basilica, adalah bangunan yg paling mencengangkan pada Pompeii. Basilica, adalah sebuah karya arsitektur dengan sentuhan seni yang tinggi. Kini hanya sebagian pilar serta tribun yang tersisa. Tribun ini pada masa itu dipakai buat kegiatan pengadilan serta perdagangan. Para ahli sempat berdebat panjang buat menyimpulkan, bahwa Basilica dahulunya beratap. Dan dari lukisan diatap, dipastikan bahwa Basilica dibangun kurang lebih tahun 120 sebelum masehi.
Pada masa itu, mereka telah memikirkan menciptakan jalan spesifik buat manusia, hewan, dan kendaraan. Bangunan ibadah, kegiatan politik dan ekonomi, tertata menggunakan baik, menggunakan tetap memperhatikan nilai estetika yang tinggi. Pengunjung membutuhkan waktu berjam-jam buat menelusuri kota mati ini. Pompeii bisa memberikan pelajaran krusial bagi masa kini , bagaimana seharusnya membangun kota dengan baik, yakni kota yang nir hanya mendewakan bangunan semata, tetapi pula memperhatikan ruang bagi manusia buat beraktualisasi.
Referensi:
//dwpkbri-rome-tuttiitaly.blogspot.com/2007/08/profil-negara-italy.html
//www.resep.web.id/traveling/italia-negeri-pewaris-sejarah-kuno.htm
//www.eliaelisa.com/search/peninggalan-sejarah-negara-italia/

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel