SEJARAH AWAL BERDIRI NEGARA UKRAINA

Sejarah Awal Berdiri Negara Ukraina - Pada abad ke-9, kaum Varangians mendirikan sebuah negara yang diberi nama Kievan Rus atau Kyivan Rus. Negara tersebut merupakan galat satu negara terkuat pada abad pertengahan. Sayangnya negara Kievan Rus tak bertahan lama . Pada abad ke-12, Kievan Rus akhirnya bubar akibat disintegrasi.
Pada pertengahan abad ke-14, wilayah Ukraina dikuasai sang tiga penguasa besar . Penguasa-penguasa tersebut adalah, Golden Horde yang beranggotakan orang-orang Mongol, Grand Duchy of Lithuania (cikal-bakal negara Lithuania yang terbentuk dalam abad ke-12 sampai berakhir pada tahun 1569), dan Kerajaan Polandia.
Namun, setelah terjadi Perang Besar di Timur (Great Northern War, 1700-1721), Ukraina dibagi menjadi beberapa daerah. Kekaisaran Tsar Rusia yang berhasil mengalahkan dominasi Kekaisaran Swedia dalam saat itu menguasai daerah menggunakan porsi paling luas. Sedangkan wilayah lainnya berdiri pada bawah otoritas penguasa Austro-Hungaria.
Setelah mengalami perjalanan yg relatif panjang akhirnya Ukraina kembali mengalami gejolak serta kali ini menuntun pada sebuah perubahan yg relatif menghipnotis perkembangan negara-negara tadi pada tahun-tahun berikutnya. Pada tahun 1917 hingga 1921, Ukraina mengalami sebuah pemberontakan untuk memerdekakan diri. Usaha tersebut ikut terpengaruh dampak meletusnya Perang Dunia Kedua serta Perang Sipil Rusia.
Pada tahun 1922, Ukraina menjalani sebuah perubahan akbar. Pada tanggal 30 Desember di tahun yg sama, Republik Sosialis Ukraina Soviet menjadi salah satu pencetus krusial pada terbentuknya Negara Uni Soviet. Namun 46 tahun lalu, Negara Uni Soviet runtuh. Ukraina balik berdiri sendiri sampai waktu ini.
Masyarakat di Ukraina jua dikenal dengan nasionalismenya yang tinggi. Hal tadi ditimbulkan oleh sebuah peristiwa penyerahan kota Kyiv yang kontroversial. Peristiwa tadi terjadi dalam tahun 1754, ketika Hetman Bohdan Khmelnytsky menyerahkan kota yang waktu ini menjadi ibukota Ukraina, pada pihak negara Rusia. Akibatnya, peristiwa tersebut menjadi salah satu momen yg paling nir disukai oleh warga Ukraina. Jadi, jangan pernah membahas insiden ini menggunakan rakyat negara Ukraina.
Referensi:
//www.oktomagazine.com/oktosport/football/2914/sejarah.panjang.tuan.tempat tinggal .ukraina

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel