SEJARAH AWAL BERDIRI NEGARA MALAYSIA

Sejarah awal Berdiri Negara Malaysia - Malaysia adalah sebuah negara federasi yg terdiri menurut tiga belas negara bagian serta tiga daerah komplotan di Asia Tenggara dengan luas 329.847 km persegi. Ibukotanya adalah Kuala Lumpur, sedangkan Putrajaya menjadi pusat pemerintahan persekutuan. Jumlah penduduk negara ini melebihi 27 juta jiwa.
Malaysia adalah salah satu negara pada Asia Tenggara yang berdekatan menggunakan Indonesia. Malaysia dibuat pada tahun 1963 yang adalah galat satu menurut koloni Inggris. Pada saat itu, Federasi Malaya yg terdiri menurut 11 negara mencapai kemerdekaan pada tahun 1957, terkecuali Singapura yang sudah memiliki pemerintahan sendiri sejak tahun 1959 serta  2 daerah di barat laut Kalimantan (Sabah dan Serawak, yang kemudian dikenal dengan Borneo Utara) dalam tahun 1960. Perdana Menteri Malaysia ketika itu, Tuanku Abdul Rahman mengambil inisiatif buat menjalin kerjasama ekonomi dan politik menggunakan Singapura, Borneo Utara, Brunei, serta Serawak.
Ternyata inisiatif tadi diterima menggunakan baik. Pada saat itu perekonomian semakin tinggi menggunakan tajam. Penduduk Singapura yg didominasi sang masyarakat Cina ternyata membawa dampak yg positif bagi aktivitas perekonomian Malaya. Sejak itu wilayah - wilayah yang telah berafiliasi tersebut hendak disatukan sebagai satu negara Malaya. Namun gerakan penyatuan beberapa negara tadi nir berjalan dengan lancar. Rakyat Brunei menghendaki penyatuan tiga daerah di Kalimantan manunggal di bawah pemerintahan Sultan Brunei. Hal ini lah yg membuat Brunei menarik diri menurut harapan awalnya buat bergabung melebur menjadu satu dengan Malaysia. Begitu jua dengan Singapura. Negara yg memutuskan untuk keluar dari federasi dalam tahun 1965 ini mengalami poly pertarungan dengan malaysia yg sebagian besar diakibatkan oleh perseteruan antar etnis yg puncaknya terjadi kerusuhan etnis dalam tahun 1969.
Sebenarnya sejarah Malaysia nir terlepas dari sejarah Indonesia pula. Ini karena kerajaan tertua pada Malaysia, kerajaan Malaka, didirikan oleh seorang pangeran yg berasal berdasarkan Sumatera, yaitu Pangeran Sriwijaya pada awal abad ke-15. Pada saat ini, Kesultanan Johor yg merupakan kelanjutan berdasarkan Kesultanan Malaka, masih tetap ada hingga kini . Negara - negara yg pernah menanamkan kekuasaan pada Malaysia antara lain merupakan Belanda, Inggris, dan Portugis. Tetapi diantara negara - negara tadi, Inggris lah yg lebih mendominasi serta berpengaruh pada Malaysia. 
Referensi:
//id.wikipedia.org/wiki/Malaysia
//carapedia.com/tentang_sejarah_malaysia_info2462.html

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel