SEJARAH AWAL BERDIRI KLUB CHELSEA INGGRIS


Sejarah Awal Berdiri Klub Chelsea - Inggris - Chelsea Football Club atau lebih sering di kenal dengan nama The blues (the pensioners) adalah klub sepak bola inggris yang bermarkas pada London. Didirikan oleh H.A.mears pada tahun 1905, dan telah mempunyai stadion sendiri yaitu Stamford bridge  terletak di London ynag berkapasitas kurang lebih 42.360 penonton.
Chelsea sendiri telah mengisi sejarah global persepakbolaan inggris dan mengalami  kesuksesan beberapa kali.
Pada tahun 1904 H.A. Mears mengakuisi stadion atletik Stamford Bridge dengan tujuan membarui sebagai stadion sepak bola. Ia kemudian merencanakan pendirian sebuah klub sepak bola baru selesainya tawaran yg diberikan kepada Fulham buat memakai stadion tadi ditolak.
Mengingat sudah terdapat sebuah klub bernama Fulham, nama Chelsea yg merupakan sebuah kota mini yg berdekatan dengan stadion dipilih sebagai nama klub baru tadi. Nama-nama lain seperti Kensington FC, Stamford Bridge FC serta London FC sempat dipertimbangkan untuk dipilih.
Chelsea didirikan dalam 10 Maret 1905 pada sebuah pub The Rising Sun (kini restoran The Butcher's Hook)serta pertama kali bermain pada kompetisi Football League.
John Robertson seorang pemain timnas Skotlandia berusia 28 tahun waktu itu dipilih merangkap jabatan pemain-manajer pertama Chelsea.
Sejumlah pemain direkrut menurut berbagai klub buat memperkuat tim, seperti penjaga gawang William "Fatty" Foulke dari Sheffield United, Jimmy Windridge serta Bob McRoberts menurut Small Heath, dan Frank Pearson dari Manchester City.
Pertandingan pertama mereka terjadi dalam dua September 1905, sebuah laga lawatan menghadapi Stockport County. Chelsea kalah menggunakan skor 0–1.sedangkan pertandingan sangkar pertama mereka adalah sebuah kemenangan 4–0 pada laga persahabatan menghadapi Liverpool. Robertson jua adalah pencetak gol pertama Chelsea dalam laga kompetitif waktu kemenangan 1–0 atas Blackpool.
Chelsea mengalami sejumlah kenaikan pangkat -degragasi pada Divisi Satu dan Divisi Dua Liga Inggris sehabis berhasil meraih promosi ke Divisi Satu pada animo ke 2 mereka. Pencapaian terbaik mereka dalam tahun-tahun awal merupakan berhasil melaju hingga ke babak final Piala FA 1915 tetapi dikalahkan Sheffield United di Old Trafford serta saat mengakhiri Divisi Satu pada posisi tiga klasemen akhir tahun 1920.
Chelsea mempunyai reputasi mendatangkan pemain-pemain terkenal serta jumlah penonton yg akbar, tapi kesuksesan masih belum menghampiri mereka dalam masa-masa Perang Dunia I serta II.
Mantan penyerang Arsenal dan Inggris Ted Drake menjadi manajer pada tahun 1952. Drake mulai memodernisasi klub baik di dalam dan di luar lapangan. Ia mengganti logo Chelsea pensioner, menaikkan sistem pelatihan dan training tim usia belia, dan memperkuat kedalaman tim menggunakan kelihaian mendatangkan sejumlah pemain berdasarkan divisi-divisi bawah dan liga-liga amatir sampai berhasil membawa Chelsea meraih trofi juara pertama mereka, gelar juara Divisi Satu Liga Inggris 1954–55.
Pada trend berikut, UEFA mengadakan kejuaraan antar klub kampiun liga pada Eropa, Piala Champions, namun ketidak setujuan otoritas Liga Sepak Bola Inggris serta FA membuat Chelsea menarik diri menurut kejuaraan tersebut sebelum dimulai.chelsea gagal melanjutkan kesuksesan tersebut dan hanya menjadi penghuni papan tengah klasemen liga pada dekade 1950an. Drake dipecat pada tahun 1961 dan digantikan oleh Tommy Docherty yang merangkap jabatan pemain-manajer.
Chelsea balik menjadi juara Liga Utama Inggris 50 tahun kemudian, yaitu dalam tahun 2005, dalam masa jabatan manajer Jose Mourinho (2004 - 2007), yg waktu itu menerima dukungan penuh berdasarkan pemilik miliuner minyak berkebangsaan Rusia, Roman Abramovich.
Pada tahun yang sama (2005), Chelsea jua menjuarai Piala Carling dengan mengalahkan Liverpool. Selanjutnya dalam tahun 2006, Chelsea kembali berhasil menjuarai Liga Utama Inggris. Dan dalam tahun 2007, Chelsea pula pulang berhasil menjuarai Piala Carling selesainya mengalahkan Arsenal 2-1 serta menjadi kampiun Piala FA setelah mengalahkan Manchester United 1-0 lewat babak perpanjangan ketika.
Tapi karena beberapa penampilan yg jelek dalam awal kompetisi 2007/2008 ditambah dengan ketidak sesuaian dengan sang pemilik, akhirnya Jose Mourinho mengundurkan diri dari jabatan manager, dan kemudian digantikan oleh Avram Grant mantan manajer tim nasional Israel.
Diawal masa kepelatihan Grant, poly kalangan yg memandangnya sebelah mata. Meski demikian, Avram Grant sanggup membawa Chelsea menjadi treble runner-up yaitu pada ajang Piala Carling sebelum dikalahkan Tottenham Hotspur menggunakan skor dua-1.
Disusul sebagai runner-up Liga Utama Inggris dibawah Manchester United dan menjadi runner-up pada ajang Liga Champions sesudah kalah adu penalti 6-lima berdasarkan Manchester United. Namun prestasi tadi dianggap tidak relatif baik sehingga Grant terpaksa dipecat di akhir ekspresi dominan.
Pada akhir Januari 2009, Avram Grant digantikan oleh instruktur asal Brasil, Luiz Felipe Scolari. Tetapi, Scolari pula tidak bisa memberikan prestasi yang memuaskan. Sehingga dalam akhir April 2009 mengalami nasib yang sama dengan Grant. Posisi kosong manajer Chelsea kemudian diisi sang pelatih Rusia waktu itu, Guus Hiddink, hingga akhir isu terkini 2008–09. Pada akhir bulan Mei, sebelum meninggalkan Chelsea, Guus Hiddink memberikan kenangan cantik dengan membawa gelar Piala FA kelima Chelsea.
Diawal trend kompetisi 2009–10, Chelsea mengumumkan Carlo Ancelotti menjadi manajer baru, dengan masa kontrak selama 3 ekspresi dominan. Ancelotti langsung memberikan gelar dengan membawa Chelsea menjuarai Community Shield 2009 setelah mengalahkan Manchester United dalam adu penalti.
Kemenangan pada adu penalti tersebut adalah pertama kalinya bagi Chelsea sejak 1998, saat Chelsea menghadapi Ipswich Town pada Piala Liga. Pada akhir ekspresi dominan, Chelsea berhasil menjuarai Liga Utama Inggris dan Piala FA, yang merupakan pencapaian pertama pada sejarah Chelsea.
Chelsea juga menjadi klub ke 7 yg berhasil mendapat rekor mengawinkan gelar Double winner tersebut. Striker Chelsea, Didier Drogba berhasil menerima Golden Boot menjadi Pencetak Gol Terbanyak menggunakan torehan 29 gol. Pada pertandingan terakhir liga dalam 9 Mei 2010, Chelsea mempermalukan Wigan menggunakan skor telak 8–0 menggunakan Drogba mencetak 3 gol.
Chelsea pula mencetak rekor menang mutlak 100% terhadap semua tim empat akbar EPL (Manchester United, Liverpool, dan Arsenal). Pada demam isu keduanya, Ancelotti dipecat Chelsea dalam Mei 2011 selesainya kekalahan 1-0 dari Everton di pertandingan terakhir animo 2010–11.
Pada awal isu terkini 2011–12, André Villas-Boas ditunjuk menjadi instruktur Chelsea.setelah sejumlah hasil buruk yang dialami Chelsea, Villas-Boas dipecat pada bulan Maret 2012. Asistennya, Roberto Di Matteo yg merupakan mantan pemain Chelsea kemudian ditunjuk sebagai instruktur primer ad interim.
Dibawah arahan Di Matteo Chelsea menerangkan output impresif menggunakan berhasil meraih gelar juara Piala FA untuk ketujuh kalinya serta Liga Champions UEFA buat pertama kalinya dalam sejarah klub–yang sekaligus sebagai klub London pertama yang meraih gelar tersebut.
Catatan Prestasi Chelsea 
 * Liga Utama Inggris ( 1954-1955 , 2004-2005 , 2005-2006, 2009-2010)
 * Piala FA           ( 1970,1997,2000,007,2009,2010 )
 * Piala Liga         ( 1965,1998,2005,2007 )
 * Piala Winners      ( 1971,1998 )
Sepuluh Hal Yang Wajib Diketahui Tentang Chelsea
1. Sejarah Chelsea sebagai klub sepakbola dimulai sejak 14 Maret 1905 saat berlangsungnya pertemuan di sebuah pub bernama The Rising Sun (yang sekarang dinamakan pub The Butcher's Hook). Beberapa nama yang sempat menjadi calon bagi klub ini adalah Stamford Bridge FC, Kensington FC, dan London FC hingga akhirnya Chelsea FC menjadi pilihan tetap.
2. Chelsea berkantor pada stadion Stamford Bridge yang secara resmi dibuka dalam 28 April 1877. Stadion tadi dibuat sang arsitek dari Skotlandia Archibald Leitch yg pula merancang banyak stadion sepakbola lain pada Inggris misalnya Old Trafford (Manchester United), Celtic Park (Glasgow Celtic), Anfield (Liverpool), dan White Hart Lane (Tottenham Hotspur). Tadinya kapasitas awal Stamford Bridge dapat menampung 100 ribu penonton dan akhirnya mengalami banyak sekali perubahan hingga kapasitas akhir bagi 42.055 penonton kini .
3. Maskot Chelsea merupakan seekor singa yg diambil menurut logo klub mereka serta dinamakan Stamford The Lion. Kostum oleh singa ini sempat hilang dicuri sang dua orang pria menurut Stamford Bridge pada Juli 2005.
4. Para pemain Chelsea dalam tahun 1972 merekam lagu berjudul Blue Is The Colour pada rangka penampilan mereka di final Piala Liga tahun itu. Rekaman tersebut berhasil menduduki peringkat kelima di UK Singles Chart serta sebagai salah satu lagu sepakbola di Inggris yg paling populer serta juga sudah diadaptasi sang beberapa penyanyi dan klub sepakbola lain di Republik Ceko, Kanada, Finlandia, dan Jepang.
5. Era tahun 70an dan 80an sebagai masa tidak baik bagi Chelsea lantaran mereka mengalami kesulitan keuangan karena rencana buat membentuk balik Stamford Bridge. Akibatnya pemain bintang dijual untuk menerima dana dan mereka terdegradasi ke Divisi Dua. Masalah lainnya datang berdasarkan hooliganisme sebagian suporter. Hingga akhirnya Ken Bates membeli Chelsea hanya dengan harga £1.
6. Peter Osgood, salah satu legenda Chelsea yang menerima julukan King of Stamford Bridge, wafat dampak agresi jantung pada 1 Maret 2006. Abu output kremasinya lalu dikuburkan di bawah titik penalti yang menghadap tribun Shed End di stadion Stamford Bridge dalam sebuah upacara yg dihadiri lebih menurut dua.500 fans, pemain, mantan pemain, manajer, dan direktur Chelsea. Gol pertama yg dicetak berdasarkan titik penalti tadi semenjak upacara itu, dieksekusi oleh Andriy Shevchenko ketika pertandingan melawan Aston Villa yang berakhir 4-4.
7. Chelsea sudah lama sebagai tim yg selalu bergaya serta poly terdiri menurut pemain internasional luar Inggris. Posisinya yang berada di London membuatnya banyak mempunyai suporter berdasarkan kalangan selebriti. Berikut merupakan beberapa pada antaranya. Damon Albarn (vokalis Blur serta Gorillaz), penyanyi Bryan Adams, pemain NBA Kevin Garnett & Paul Pierce, penata rambut Vidal Sassoon, bos balap Formula 1 Bernie Ecclestone, sutradara serta mantan suami Madonna Guy Ritchie, aktris Renee Zellweger, dan rocker Billy Idol.
8. Rekor paling banyak tampil bagi Chelsea sampai saat ini masih dipegang sang mantan kapten mereka Ron "Chopper" Harris yg bermain sebesar 795 kali. Sedangkan jumlah gol yang paling poly dicetak dimiliki oleh Bobby Tambling yg menyarangkan 202 gol menurut 370 kali main. Dari pemain yang bermain bagi The Blues kini , hanya Frank Lampard yang sebagai paling poly berdasarkan sisi tampil (392 kali) dan gol (121 gol). Selain itu, Chelsea juga memegang rekor terpanjang bermain pada sangkar tanpa kalah sebanyak 86 pertandingan pada Liga Primer.
9. Secara total terdapat 21 gelar juara yg sudah dimenangkan Chelsea sampai waktu ini. Untuk gelar domestik, The Blues telah mencatat 3 kali juara Liga Primer/Divisi Satu Inggris, dua gelar juara Divisi Dua, empat kali juara Piala FA, empat kali kampiun Piala Liga, tiga kali memenangkan Community Shield/Charity Shield, dan dua kali kampiun Piala Full Members. Sedangkan pada Eropa, Chelsea sudah dua kali kampiun Cup Winners' Cup, dan satu kali juara Piala Super Eropa.
10. Sebelum menerima julukan The Blues sampai sekarang, Chelsea jua sempat dijuluki The Pensioners (Pensiunan). Hal itu disebabkan logo klub mereka yg pertama kali menggunakan gambar seorang pensiunan anggota British Army yang tinggal pada pada Royal Hospital Chelsea. Logo tersebut baru akhirnya diganti pada 1952 atas perintah Ted Drake manajer Chelsea ketika itu.
Referensi:
//chelseafansarea.blogspot.com/2012/10/sejarah-berdirinya-chelsea-fc.html
//carapedia.com/Sejarah_Klub_CHELSEA_%26_Pemain_Chealsea_info45.html
//blog-rye.blogspot.com/2013/01/sejarah-chelsea.html

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel