SEJARAH AWAL DI BANGUN CANDI PRAMBANAN

Sejarah Awal Di Bangun Candi Prambanan - Candi prambanan merupakan galat satu candi yang terletak pada perbatasan antara Jawa tengah serta Daerah Yogyakarta, jua candi ini merupakan salah satu tempat tujuan wisata. Candi prambanan seringkali kali dipanggil dengan nama candi Roro Jonggrang.
candi yg dibangun pada abad 9 M ini mempunyai 3 bangunan primer berarsitektur latif dengan tinggi 47 meter. Ketiga bangunan tersebut melambangkan Trimurti, yaitu ajaran tentang 3 yang kuasa utama yg terdiri dari Candi Siwa (Dewa Pelebur) di tengah, Candi Brahma (Dewa Penjaga) di selatan, serta Candi Wisnu (Dewa Pencipta) di utara. Kemudian pada depan bangunan utama ini masih ada 3 candi yang lebih mini sebagai perlambang Wahana (kendaraan) dari Trimurti. Ketiga candi tersebut adalah Candi Nandi (kerbau) yang adalah kendaraan Siwa, Candi Angsa kendaraannya Brahma, dan Candi Garuda kendaraan Wisnu.
Para wisatawan pula bisa melihat serta mengikuti kisah cerita Ramayana yg reliefnya dipahatkan searah jarum jam dalam dinding pagar langkan Candi Siwa serta kontiniu di Candi Brahma. Sedangkan pada pagar langkan Candi Wisnu dipahatkan relief cerita Krisnayana.
Memasuki Candi Utama (Candi Siwa) berdasarkan arah utara, wisatawan juga bisa melihat patung seorang putri cantik bernama Roro Jonggrang. Menurut legenda, Roro Jonggrang merupakan putri Raja Boko yang ingin dinikahi oleh Bandung Bondowoso, seorang lelaki perkasa Putra Raja Pengging. Roro Jonggrang yg tidak mengasihi Bandung, berusaha menolak pinangan ini dengan mengajukan kondisi agar dibuatkan seribu candi pada satu malam.
Dengan kekuatan supranatural, Bandung menyanggupi syarat tadi serta hampir berhasil merampungkan tugasnya. Roro Jonggrang yang panik, berusaha menggagalkan keberhasilan ini dengan mengerahkan para wanita desa buat membakar jerami dan menumbuk padi sehingga suasananya berubah misalnya pagi hari.
Mengira tenggat waktunya sudah berakhir, semua kekuatan supranatural yang membantu Bandung berlarian. Tak ayal, pekerjaan yang nyaris selesai akhirnya terbengkalai. Kegagalan ini tentu saja menciptakan Bandung murka . Dan karena nir dapat menunda amarahnya, Bandung mengutuk Roro Jonggrang menjadi sebuah patung.
Kisah legenda tersebut secara lengkap dapat wisatawan lihat di gedung Museum yang berada di dalam lokasi Candi Prambanan. Sebab selain mempunyai ruang Audio Visual yg memutarkan film selama 15 mnt mengenai sejarah ditemukannya Candi Prambanan hingga proses renovasi serta purna pugarnya secara lengkap, Museum ini juga memamerkan koleksi benda-benda arkeologi dan perhiasan-perhiasan peninggalan raja Mataram antik yang ditemukan pada Wonoboyo, Klaten.
Referensi:
//www.mediaubg.com/index.php?Option=com_content&view=article&id=74:sejarah-candi-prambanan&catid=35:teknik-bangunan&Itemid=58
//harapbagi.blogspot.com/2013/04/sejarah-candi-prambanan-yogyakarta.html

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel