SEJARAH AWAL TERCIPTANYA BONEKA BARBIE DI DUNIA

Sejarah Awal Terciptanya Boneka Barbie pada Dunia - Barbie, itulah nama dari boneka yang waktu ini terkenal serta paling digemari sang semua anak kecil cewek yang ada didunia. Boneka yg memiliki umur terpanjang pada penjualan semenjak pertama kali diciptakan. Menurut penggagasnya, Ruth Handler - Pada awalnya, boneka Barbie dibuat sekadar mencari celah diantara penguasaan bisnis mainan anak-anak yang dikuasai oleh boneka bayi.
Waktu itu Ruth Handler memerhatikan tingkah laris anak perempuannya, beliau tengah bermain mendandani boneka layaknya sosok dewasa. Dari sinilah pandangan baru buat membuat boneka Barbie timbul.
Kemudian pengamatannya dipresentasikan oleh Ruth di hadapan Elliot yang adalah pemilik perusahaan mainan Mattel dan taklain suaminya sendiri.
Dalam presentasinya, Ruth mengungkapkan bahwa boneka nir harus fisik bayi atau anak mini akan namun mampu jua dengan membuat boneka berbentuk fisik orang dewasa.
Ruth Handler pun melakukan perjalanan ke Jerman, menurut sinilah dia menemukan boneka Bild Lili, sebuah boneka dengan tubuh misalnya orang dewasa, berambut pirang. Di Jerman boneka tersebut sangat populer di kalangan anak-anak wanita bahan anak-anak pria pun menyukai Bild Lili.
Bild Lili pun dibawa pergi buat dipelajari eksklusif oleh Mattel. Inilah awal lahirnya Boneka Barbie. Dan Mattel pun akhirnya mengakuisi Bild Lili pada 1964. Semenjak diakuisisi, Bild Lili mengesampingkan bahkan menghentikan prioritas pekerjaan rutinnya untuk 100% penekanan menggarap boneka Barbie.
Dan sosok boneka Barbie kian usang kian melambung namanya. Oleh karena itulah lahir beberapa produksi film Barbie, termasuk ambil bagian dalam film Toy Story dua serta 3. Dan Andy Warhol pun sempat menghasilkan lukisan pada boneka Barbie. Dan kesuksesan perusahaan Mattel yg membawa Barbie semenjak awal pun sekarang sangat bangga karena Barbie telah menjadi nama sebuah jalan pada salah satu tempat yang masih ada pada kota New York, tepatnya pada Times Square Garden, menggunakan nama, 'Jalan Barbie Boulevard'.
Ulang tahunnya yg ke-50 Boneka Barbie merayakannya beserta beberapa desiner ternama, sebut saja; Vera Wang, Calvin Klein dan Christian Louboutin. Untuk soal nama, nama Barbie sendiri adalah akronim berdasarkan Barbara Millicent Roberts. Barbie hingga kini masih memelihara beberapa fauna semisal, anjing, kucing, kuda, zebra, dan bahkan panda dan anak singa.
Pembuatan Barbie
Ruth merencakan bonekanya berbentuk tiga dimensi dengan bentuk tubuh remaja, bukan bayi. Ketika Ruth membawa ide ini ke suaminya serta direksi Mattel, tanggapan mereka tidak sinkron menggunakan cita-cita Ruth.
Mereka beropini memproduksi boneka membutuhkan biaya akbar dengan prospek jangka panjang yang tidak terlalu baik.
Namun Ruth tidak surut serta permanen teguh dengan idenya. Tekad Ruth semakin bertenaga ketika dia mengunjungi Swiss dalam pertengahan tahun 1950-an.
Di sana, Ruth melihat sebuah boneka Jerman bernama Lilli, yg berbentuk gadis cantik serta terbuat dari plastik keras dengan sepatu latif serta anting-anting serta rambut yang diikat ekor kuda.
Lilli didesain berdasarkan karakter kartun terkenal Jerman, Bild, dan tersedia dalam berukuran tinggi 11 ½ inci serta 7 inci.
Setelah melihat Lilli, konsep Barbie menjadi semakin jelas pada pikiran Ruth. Dia lantas balik ke Amerika dan terus membujuk serta meyakinkan suaminya serta direksi Mattel buat mewujudkan idenya.
Berkat kesabaran serta keteguhan Ruth, Barbie akhirnya mulai dibuat oleh teknisi serta insinyur pada Mattel.
Rancangan Barbie berbentuk seorang gadis muda anggun menggunakan kaki panjang serta mempunyai tinggi 11,5 inci. Ruth menyewa perancang kostum Charlotte Johnson untuk menciptakan berbagai busana Barbie. Pada tahun 1958, Barbie memperoleh paten serta sesudah itu popularitasnya tak terbendung lagi.
Peluncuran Boneka Barbie
Nama Barbie diambil berdasarkan putri Ruth yang bernama Barbara. Boneka ini pertama kali diluncurkan pada lepas 9 Maret 1959 di American Toy Fair pada New York City.
Saat diluncrkan, Barbie mengenakan pakaian baju renang bergaris seperti zebra yg dijahit tangan sang pekerja rumahan Jepang.
Saat pada pameran, Barbie menghadapi skeptisisme menurut para produsen mainan yang baru pertama kali melihat boneka dengan ukuran begitu kecil dan tidak sinkron menggunakan boneka lain yang telah ada pada pasaran.
Tentu saja Ruth Handler nir menyerah. Dalam benaknya, Ruth sudah memahami apa yang harus dilakukan selenjutnya.
Dia perlu buat memperkenalkan Barbie pada seluruh anak di Amerika. Untuk itu, beliau menciptakan iklan televisi menarik buat memperkenalkan Barbie.
Strategi pemasaran yang sempurna segera menciptakan penjualan Barbie melonjak pesat. Boneka Barbie edisi pertama dijual seharga tiga dollar serta terjual 350.000 butir dalam tahun pertama. Pada tahun 1964, Mattel memperoleh hak buat boneka Lilli serta produksi boneka Lilli lantas dihentikan.
Timeline Boneka Barbie
Barbie sudah mengalami aneka macam modifikasi semenjak peluncuran pertamanya. Meskipun Barbie pertama dibuat buat menjadi contoh fashion, Barbie sudah menjalani lebih dari 80 peran misalnya dokter, astronot, sampai pemadam kebakaran.
Pada tahun 1961, boneka Ken yang adalah pacar Barbie diperkenalkan. Selain Ken, beberapa teman Barbie juga mulai diproduksi. Diantaranya:
1963 – Midge
1964-1965 – Allan, sahabat Ken
1965 – Skipper dan Christie
1968 – teman Barbie beretnis Afrika-Amerika
1995 – Adik Barbie bernama Kelly
1997 – Share a Smile Becky, seseorang teman penyandang cacat yg duduk di kursi roda.
Referensi:
//www.adetruna.com/2012/12/sekilas-tentang-sejarah-boneka-barbie.html
//maskolis.blogspot.com/2011/09/rahasia-dibalik-sejarah-boneka-barbie.html
//amazine.co/23793/sejarah-barbie-pencipta-kisah-perjalanan-boneka-barbie/

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel