SEJARAH 4 FEBRUARI 2004 TERCIPTANYA SOCIAL MEDIA FACEBOOK

Sejarah 4 Februari 2004 : Terciptanya Social Media Facebook - Facebook adalah social media atau jejaring sosial yg diciptkan oleh seorang pemuda bernama Mark Zuckerberg yg hanya diperuntukkan buat mahasiswa Harvard supaya saling mengenal satu sama lain melalui facebook sebelum menjadi jejaring sosial terbesar pada global.
Dalam waktu 2 minggu setelah diluncurkan, separuh berdasarkan semua mahasiswa Harvard telah mendaftar serta memiliki account pada Facebook. Tak hanya itu, beberapa kampus lain di kurang lebih Harvard pun meminta buat dimasukkan pada jaringan Facebook. Zuckerberg pun akhirnya meminta donasi 2 temannya buat membantu berbagi Facebook dan memenuhi permintaan kampus-kampus lain buat bergabung pada jaringannya. Dalam waktu 4 bulan semenjak diluncurkan, Facebook telah mempunyai 30 kampus pada jaringannya.
Dengan kesuksesannya tersebut, Zuckerberg bersama 2 orang temannya memutuskan buat pindah ke Palo Alto serta menyewa apartemen pada sana.
Setelah beberapa minggu pada Palo Alto. Zuckerberg berhasil bertemu menggunakan Sean Parker (cofounder Napster), dan berdasarkan hasil pertemuan tadi Parker pun setuju pindah ke apartemen Facebook buat bekerja sama berbagi Facebook. Tidak usang sehabis itu, Parker berhasil menerima Peter Thiel (cofounder Paypal) sebagai investor pertamanya. Thiel menginvestasikan 500 ribu US Dollar buat pengembangan Facebook.
Jumlah account di Facebook terus melonjak, sebagai akibatnya pada pertengahan 2004 Friendster mengajukan tawaran kepada Zuckerberg buat membeli Facebook seharga 10 juta US Dollar, serta Zuckerberg pun menolaknya. Zuckerberg sama sekali tidak menyesal menolak tawaran tersebut karena tak lama selesainya itu Facebook mendapat sokongan dana lagi sebanyak 12.7 juta US Dollar menurut Accel Partners. Dan semenjak itu sokongan dana dari berbagai investor terus mengalir buat pengembangan Facebook.
Pada September 2005 Facebook nir lagi membatasi jaringannya hanya buat mahasiswa., Facebook pun membuka jaringannya buat para anak didik SMU. Beberapa waktu kemudian Facebook pula membuka jaringannya untuk para pekerja kantoran. Dan akhirnya pada September 2006 Facebook membuka pendaftaran buat siapa saja yg mempunyai alamat e-mail.
Selain menolak tawaran menurut Friendster seharga 10 juta US Dollar, Zuckerberg pula pernah menolak tawaran menurut Viacom yang ingin membeli Facebook seharga 750 juta US Dollar, serta tawaran dari Yahoo yang ingin membeli Facebook seharga 1 milyar US Dollar.
Tidak ada situs jejaring sosial lain yang sanggup menandingi daya tarik Facebook terhadap user. Pada tahun 2007, masih ada penambahan 200 ribu account baru perharinya Lebih dari 25 juta user aktif menggunakan Facebook setiap harinya. Rata-homogen user menghabiskan saat sekitar 19 mnt perhari buat melakukan aneka macam aktifitas di Facebook.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel