SEJARAH MARET 2006 TERCIPTANYA MICROBLOGGING TWITTER

Sejarah Maret 2006 : Terciptanya micro-blogging Twitter - Twitter merupakan sebuah micro-blogging atau blog mikro atau dapat dikatakan sebuah jejaring sosial misalnya halnya Facebook.

Pada Maret 2006 mulai berdirinya Twitter yang didirikan oleh 3 orang yaitu Jack Dorsey, Evan Williams serta Biz Stone. Evan Williams dan Biz Stone yang dari dari Google dan Jack Dorsey yang adalah karyawan Odeo. Pada akhir 2006, Evan Williams beserta menggunakan Biz Stone  mendirikan sebuah perusahaan, yaitu Obvious Corp menggunakan mantan karyawan Odeo.

Awal berdirinya Twitter dimulai berdasarkan perusahaan yang terpisah pada April 2007 oleh Obvious Corp. Jack Dorsey merupakan chief executive officer hingga Oktober 2008, saat Evan Williams sebagai CEO serta Jack Dorsey bergeser ke posisi kepala dewan direksi.

Jack Dorsey merupakan pencetus ilham twitter dalam sebuah diskusi yg diselenggarakan oleh Podcasting perusahaan Odeo. Jack Dorsey memiliki suatu ide tentang sebuah pesan atau ‘status’, pengiriman pesan atau status mengenai apa yg seseorang lakukkan. Dengan siapa dia berinteraksi, hingga akan membentuk sebuah interaksi percakapan antar pengguna.

Pada saat itu, pesan instan sangat populer, galat satunya itu AOL Instant Messenger. Jack Dorsey melihat hal ini serta penasaran pada dirinya apakah beliau dapat menggabungkan inspirasi-inspirasi awal Dorsey buat menciptakan sebuah layanan pengiriman pesan atau status. Muncullah Twitter, pada awalnya Twitter dinamai Twttr.

Konsep awal berdasarkan twitter merupakan sebuah sistem yang pengguna bisa buat mengirimkan pesan yang bisa disebarkan ke semua teman. Dengan melakukkan diskusi dan koreksi di sistem tersebut, maka waktu ini twitter telah berkembang sebagai layanan jejaring sosial yg mempunyai fitur untuk menerbitkan posting singkat atau status serupa dengan SMS yang sanggup diakses pada Internet.

Pada lepas 15 Juli 2006 dimulailah proyek pembuatan twitter secara terbuka. Pada April 2007 twitter secara resmi menjadi perusahaan, dengan nama Twitter,Inc. Kepopuleran twitter dimulai dalam tahun 2007 bertepatan menggunakan diadakannya festival musik yang relatif populer South by Southwest (SXSW). Selama proses program tersebut penggunaan twitter meningkat sebanyak 40.000 tweets per hari, menurut 20.000 tweets per hari menjadi 60.000 tweets per hari.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel