SEJARAH 7 SEPTEMBER 1998 BERDIRINYA PERUSAHAAN GOOGLE INC

Sejarah 7 September 1998 : Berdirinya Perusahaan Google Inc. - Google merupakan sebuah perusahaan Amerika Serikat yg paling terkenal melalui mesin pencarinya yg juga bernama Google.

Google lahir berdasarkan sebuah rendezvous 2 pemuda yang terjadi secara tidak sengaja dalam tahun 1995 kemudian. Larry Page, alumnus Universitas Michigan (24), yg sedang menikmati kunjungan akhir pekan, tanpa sengaja dipertemukan dengan Sergey Brin, galat seorang murid (23) yang menerima tugas mengantar keliling Lary.

Dalam pertemuan tanpa sengaja tersebut, dua pendiri Google tersebut sering terlibat diskusi panjang. Keduanya memiliki pendapat dan pandangan yg tidak sinkron sebagai akibatnya sering terlibat perdebatan. Tetapi, perbedaan pemikiran mereka justru menghasilkan sebuah pendekatan unik pada menyelesaikan galat satu tantangan terbesar pada dunia personal komputer . Yakni, masalah bagaimana memperoleh kembali data menurut set data masif.

Pada Januari 1996, Larry serta Sergey mulai melakukan kerja sama dalam pembuatan search engine yang diberi nama BackRub. Setahun kemudian pendekatan unik mereka tentang analisis jaringan mengangkat reputasi BackRub. Kabar tentang teknik baru mesin pencari langsung menyebar ke penjuru kampus.

Larry dan Sergey terus menyempurnakan teknologi Google sepanjang awal 1998. Keduanya juga mulai mencari investor untuk membuatkan kecanggihan teknologi Google.

Gayung pun bersambut. Mereka menerima suntikan dana menurut teman kampus, Andy Bechtolsheim, yang adalah pendiri Sun Microsystems. ''Kami bertemu menggunakan Andy pada pagi buta, di serambi asrama mahasiswa fakultas Stanford, pada Palo Alto,'' ujar Sergey. ''Kami memberikan demo secara singkat karena Andy tak mempunyai saat yg cukup lama . Lalu, beliau hanya mengatakan, 'Mengapa tidak aku tulis cek buat kalian?''

Sebuah cek senilai 100 ribu dolar Alaihi Salam diberikan oleh Andy Bechtolsheim. Sayangnya, cek itu tertulis atas nama perusahaan Google. Padahal ketika itu perusahaan bernama Google belum didirikan oleh Sergey dan Larry.

Investasi dari Andy menjadi sebuah problem. Larry dan Sergey tak mungkin menyairkan cek selama belum ada lembaga sah yang bernama perusahaan Google. Karena itu, 2 pendiri Google ini balik bekerja keras dalam mencari investasi. Mereka mencari pendana menurut kalangan famili, sahabat, serta sejawat sampai akhirnya terkumpul dana lebih kurang 1juta dolar. Dan akhirnya, perusahaan Google pun dapat didirikan dalam 7 Septembar 1998 dan dibuka secara resmi di Menlo Park, California.

Penamaan Google
Nama Google dengan 2 'o' pun unik. Sebab, bila data output pencarian ditemukan, jumlah 'o' akan timbul sebanyak web yang didapat oleh mesin pencari.

Kata Google asal menurut kata googol. Kata ini berhasil diciptakan oleh Milton Sirotta, keponakan Edward Kasner, seorang pakar matematika dari AS. Sirotta membuat istilah googol buat menjelaskan nomor satu (1) yg diikuti 100 angka nol (0).

Luar biasa. Googol merupakan istilah yang menampakan sebuah bilangan yg sangat besar jumlahnya. Bilangan yang melebihi sapta miliar atau triliun. Dan di alam semesta ini tak ada benda yang berjumlah sampai googol-an. Tidak itu bintang, tidak itu partikel debu, dan tidak juga atom.

Karena itu, penggunaan kata Google adalah refleksi dari istilah googol. Dengan kata tersebut, Google berusaha merefleksikan dirinya menjadi perusahaan yang memiliki misi mengelola sesuatu yang sangat luas dan tak terbatas. Dan itu hanya masih ada pada global saiber loka keterangan melimpah tanpa batas.

Referensi:
//forum.kompas.com/internet/35086-sejarah-google.html
//www.cara-pramuka.blogspot.com/2010/01/sejarah-awal-mula-berdirinya-google.html

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel