SEJARAH ASAL USUL ADANYA BENDA SETRIKA

Sejarah Asal Usul Adanya Benda Setrika - Kata setrika dari dari bahasa belanda, strijkijzer, yang merupakan menghilangkan kerutan berdasarkan baju menggunakan indera yg dipanaskan. Bangsa China telah mengenal serta memakai setrika sejak satu abad sebelum masehi. Pada masa itu, mereka menggunakan wajan besi dengan pegangan panjang yg berisi batu bara. Nah, wajan ini kemudian ditekankan pada baju yang akan disetrika.

Pada tahun 400 SM setrika mulai dikenal dan dipakai sang bangsa Yunani. Saat itu, setrika dipakai buat menciptakan lipatan-lipatan vertikal dalam sandang-sandang kebesaran yang akan digunakan buat melakukan upacara atau ritual tertentu. Selain bangsa Yunani, bangsa Romawi jua tercatat pernah menggunakan setrika yang bentuknya telah menyerupai setrika modern seperti kini . Setrika yang dinamakan prelum ini memakai teknik pressing (tekanan).

Setrika mulai timbul pada Barat dalam abad ke-17. Setrika yg pertama kali ada pada masa itu dikenal dengan nama sadiron. Sadiron berbentuk sepotong besi yg tebal menggunakan bagian atas homogen dan diberi pegangan besi. Cara menggunakan sadiron ini yaitu dipanaskan pada depan perapian terbuka atau kompor. Namun kelemahannya merupakan, begitu sadiron ini dipanaskan, pegangannya pun ikut panas.

Pada akhir abad ke-19 kurang lebih tahun 1870, seorang mak rumah tangga bernama Mary Florence Potts di Lowa menemukan setrika cetak (cast iron). Setrika ini sebenarnya merupakan setrika sadiron yg dua ujungnya dibuat runcing, agar menyetrika lebih mudah. Pada tahun berikutnya Mary jua menciptakan satu temuan baru yaitu sadiron dengan pegangan yang bisa di lepas, sehingga pegangan sadiron tidak ikut panas ketika sadiron dipanaskan.

Akhir abad 19, timbul poly inovasi setrika yang mampu memanaskan sendiri. Misalnya, setrika yang bisa diisi batu bara atau arang yang membara. Selain itu, terdapat pula penemuan setrika yang menggunakan bensin serta alkohol menjadi bahan bakarnya.

Setrika listrik pertama kali dipatenkan dalam tahun 1882. Tetapi pada waktu itu, penemuan ini tidak sukses lantaran sulit buat dipakai serta belum poly orang yang mendapat listrik pada rumah. Pada awal abad ke-20, setrika listrik mulai populer serta akhirnya dalam tahun 1920-an mucullah setrika listrik menggunakan pengatur suhu.

Saat ini setrika yg tak jarang kita pakai pastinya sudah jauh lebih canggih dan mudah daripada zaman dulu. Selain dilengkapi dengan pengatur suhu, terdapat juga yang dilengkapi dengan wadah air yang sanggup kita semprotkan bersamaan dalam waktu kita menyetrika. Ada jua setrika yg mengeluarkan uap panas, jadi kita tidak perlu meletakkan baju pada atas papan setrika, tapi relatif di gantung saja.

Referensi:
//engineeringtown.com/kids/index.php/inovasi/168-sejarah-ditemukannya-setrika

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel