SEJARAH ASAL USUL AWAL ADANYA KOMPOR DI DUNIA

Sejarah Asal Usul Awal Adanya Kompor di Dunia - Kompor adalah alat yang umumnya dipakai sang orang lain untuk memasak sebagai tempat membentuk api. Bangsa Timur (China, Korea, serta Jepang), telah lebih dulu mengenal kompor (lebih tepatnya tungku) daripada bangsa barat.

Tungku api sudah ada di China sejak jaman Dinasti Qin (221-206/207 SM) dan terbuat dari tanah liat. Desainnya mirip dengan kamado di Jepang pada periode Kerajaan Kofun di abad 3 sampai 6. Kamado sendiri mempunyai bentuk kotak persegi yang mengurung api dengan lubang di atasnya untuk menaruh panci, serta mempunyai tinggi sekitar lutut orang dewasa. Bahan bakarnya kayu atau batubara yang dimasukkan dari lubang di bagian depan. Kamado berkembang dan terus digunakan hingga periode Kerajaan Edo (1603-1867).

Penduduk Eropa dalam abad pertengahan, masih memasak secara terbuka menggunakan kayu baker. Berkembang lalu dengan menciptakan lantai yg lebih rendah buat memasak. Selanjutnya dikenal jua mengolah memakai tanur dari susunan batu. Perapian kemudian dibentuk dengan tinggi pinggang dilengkapi cerobong asap. Dengan cara ini memasak sanggup dilakuakan sambil berdiri. Panci mengolah diletakkan persis pada atas barah, digantung menggunakan tiang atau kaki 3. Untuk mengatur panas tinggal menaikkan atau menurunkan posisi panci.

Kompor minyak tanah portabel pertama kali dikenalkan tahun 1849 sang Alexis Soyer. Kompor ini bertekanan udara yg dicampur dengan minyak tanah (mirip menggunakan kompor pedagang kaki 5 jaman dulu).sedangkan kompor yang lainnya merupakan kompor minyak tanah yang nir bertekanan lantaran menggunkan sumbu kompor.namun tidak diketahui secara pasti kapan kompor ini ditemukan.

Kompor gas pertama kali dibentuk dalam tahun 1820, namun masih dalam bentuk eksperimen serta bersifat misteri.baru sahih-benar muncul pertama kali pada World Fair pada London tahun 1851. Mulai tahun 1880 kompor gas semakin dikenal rakyat luas serta berkembang secara komersial, walaupun relatif terhambat lantaran pertumbuhan jaringan pipa yang lamban.

Pada 20 September 1859, George B. Simpson di Washington DC, Amerika Serikat mematenkan kompor listrik yang menggunkan pemanas dari kumparan.prinsipnya, energi listrik diubah menjadi energi panas lewat kumparan.seiring perkembangan jaman, di tahun 1970 muncul ide untuk menggantikan kumparan kawat dengan glass-caramic, sehingga kompor termuktahir saat ini tidak berbau, berasap, serta ringkas.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel