SEJARAH ASAL USUL AWAL PASTA GIGI ODOL ATAU PEMUTIH GIGI

Sejarah Asal Usul Awal Pasta Gigi Pepsodent - Pasta gigi adalah sejenis pasta yang dipakai buat membersihkan gigi, umumnya dengan sikat gigi. Di Indonesia, pasta gigi sering jua diklaim Odol, yaitu keliru satu merek pasta gigi. Walaupun merek ini telah berpuluh-puluh tahun tidak lagi dijual pada Indonesia, nama Odol sudah menjadi nama umum.
Odol pertama kali diproduksi pada Jerman oleh Dresden Chemical Laboratory Lingner, yang sekarang lebih dikenal sebagai Lingner Werke AG. Inovasi pertama yg mereka ciptakan yaitu cairan pencuci lisan atau yang lazim kita kenal sekarang ini menggunakan sebutan mouthwash pada 1892. Karl August Lingner merupakan sang penemu yang membentuk Odol mouthwash serta dia merupakan orang yang ulet mengampanyekan “hayati bersih”. Dia jua dikenal menjadi orang pertama yg mengadakan International Hygiene Exhibition dalam 1911. Berdirinya museum The German Hygyene Museum di Dresden pun atas inisiatif Karl.

Jika kita menilik sejarah, ternyata Odol bukan yang pertama menjadi merek yg memproduksi massal pasta gigi. Di Amerika Serikat, penggunaan pasta gigi krim seperti yg kini kita gunakan baru ditemukan pada abad ke-19. Perusahaan Colgate yang terdapat pada Amerika Serikat merupakan perusahaan pertama yang memproduksi pasta gigi bentuk krim, lebih tepatnya oleh seorang William Colgate.
Sejarah pasta gigi dimulai semenjak lima.000 tahun yg kemudian lewat peradaban Mesir Kuno. Ketika itu rakyat Mesir Kuno membuat pasta gigi dengan bahan terbuat menurut adonan kuku lembu jantan yg dihancurkan, tepung, batu apung, serta debu menurut cangkang telur yang telah dibakar. Saat itu sikat gigi jua belum ditemukan, jadi membersihkan gigi pun dengan memakai jari-jari tangan.
Tidak terbayangkan bagaimana cita rasanya membersihkan gigi dengan ramuan tersebut pada masa kini . Pastilah merasa jijik. Selain pada masa peradaban Mesir Kuno, ternyata orang-orang Persia pun membangun ramuan homogen buat membersihkan gigi. Cuma bedanya, mereka menambahkan bahan-bahan alami yg berasal menurut tumbuhan buat membuat pasta gigi serbuk. Penemuan bangsa Persia ini tercantum dalam naskah kuno, kurang lebih 1000 tahun kemudian.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel