SEJARAH AWAL BERDIRI UNIVERSITAS BRAWIJAYA DI INDONESIA

Sejarah Awal Berdiri Universitas Brawijaya pada Indonesia  - Univesitas Brawijaya bisa jadi adalah keliru satu universitas terbaik yg terdapat pada Indonesia. Universitas Brawijaya terletak pada Kota Malang, Indonesia.

Nama Universitas Brawijaya (disingkat Unibraw) diresmikan menjadi Universitas Negeri dalam tahun 1963. Saat ini Unibraw merupakan keliru satu universitas negeri yang terkemuka di Indonesia yang mempunyai jumlah mahasiswa lebih menurut 30 ribu orang berdasarkan banyak sekali strata mulai program Diploma, Program Sarjana, Program Magister dan Program Doktor selain Program Spesialis tersebar pada 10 Fakultas. 

Kampus Unibraw berada di kota Malang Jawa Timur, menggunakan lokasi yg gampang terjangkau sang kendaraan generik. Kampusnya sangat asri lantaran banyaknya pepohonan serta ditunjang sang hawa sejuk kota Malang. 
Sejarah menandakan eksistensi Kota Malang sebagai kota pendidikan loka Unibraw tumbuh serta berkembang pesat. Ini nir terjadi dengan sendirinya akan tetapi seakan adalah proses sejarah yg nir terpisahkan berdasarkan kejayaan Jawa Timur di masa lampau.

Nama Universitas Brawijaya diberikan oleh Presiden Republik Indonesia melalui dawai nomor 258/K/61 tanggal 11 Juli 1961. Nama ini asal menurut gelar Raja-Raja Majapahit yg adalah kerajaan besar di Indonesia dalam abad 12 hingga 15. Universitas Brawijaya dinegerikan berdasarkan Surat Keputusan Presiden Nomor 196 tahun 1963 dan berlaku sejak lima Januari 1963. Tanggal tadi lalu ditetapkan menjadi hari lahir (Dies Natalis) Universitas Brawijaya. Perjalanan Universitas Brawijaya sebelum dinegerikan diawali dalam tahun 1957 pada Malang berdiri cabang Universitas Sawerigading Makassar yang hanya terdiri dari dua fakultas yaitu Fakultas Hukum dan Fakultas Ekonomi. Kemudian pada lepas 1 Juli 1960 diganti namanya sebagai Universitas Kotapraja Malang. D ibawah naungan Universitas tadi beberapa bulan berikutnya masih ada tambahan 2 fakultas yaitu Fakultas Administrasi Niaga (FAN) serta Fakultas Pertanian (FP). Universitas Kotapraja Malang inilah yg lalu diganti namanya sebagai Universitas Brawijaya.

Pada ketika dinegerikan, Universitas Brawijaya hanya mempunyai 5 fakultas yaitu Fakultas Hukum, Fakultas Ekonomi, Fakultas Ketatanegraan serta Ketataniagaan (FKK merupakan ekspansi berdasarkan FAN dan waktu ini namanya adalah Fakultas Ilmu Administrasi - FIA), Fakultas Pertanian dan Fakultas Kedokteran Hewan serta Peternakan (FKHP). FKHP lalu dipecah menjadi dua fakultas pada tahun 1973, yaitu Fakultas Peternakan (FPt) yang berada pada Universitas Brawijaya dan Fakultas Kedokteran Hewan yang berada d ibawah naungan Universitas Airlangga. Fakultas Teknik (FT) berdiri tahun 1963 berdasarkan Surat Keputusan Menteri PTIP nomor 167 tahun 1963 tertanggal 23 Oktober 1963.

Berdasarkan SK Presiden Nomor 59 tahun 1982 tanggal 7 September 1982 tentang struktur organisasi Universitas Brawijaya, Fakultas Perikanan (FPi) sebagai fakultas tersendiri karena sejak tahun 1977 digabung menjadi satu dengan Fakultas Peternakan dengan nama Fakultas Peternakan serta Perikanan. Sebagai catatan bahwa Fakultas Perikanan sudah berdiri dari tahun 1963 pada Probolinggo yang merupakan Jurusan menurut FKHP Universitas Brawijaya. Fakultas Kedokteran (FK) secara resmi berada di bawah Universitas Brawijaya sejak tahun 1974 sehabis sejak berdirinya tahun 1963 dibawah Yayasan Perguruan Tinggi Jawa Timur. Fakultas Matematika serta Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), diresmikan menurut Surat Keputusan Menteri Pendidikan serta Kebudayaan Nomor 0371/O/1993 tanggal 21 Oktober 1993. Universitas Brawijaya menambah satu lagi fakultas yaitu Fakultas Teknologi Pertanian (FTP) yang merupakan peningkatan satus berdasarkan Jurusan Teknologi Pertanian yang sebelumnya berada pada Fakultas Pertanian. 

Lagu Hymne Brawijaya diciptakan oleh seorang mahasiswa FKHP Yanardhana dalam tahun 1963, sedangkan Mars Universitas Brawijaya diciptakan sang Lilik Sugiarto tahun 1996. Kedua lagu ini masih digunakan hingga kini .

Beberapa fakultas yg ada di Universitas Brawijaya:

* Fakultas Hukum
o Ilmu Hukum

* Fakultas Ekonomi dan Bisnis
o Ilmu Ekonomi
o Manajemen
o Akuntansi
o Keuangan dan Perbankan
o Ekonomi serta Bisnis Islam
o Pendidikan Profesi Akuntansi

* Fakultas Ilmu Administrasi
o Ilmu Administrasi Bisnis
o Ilmu Administrasi Publik
o Bisnis Internasional
o Administrasi Perpajakan
o Perencanaan Pembangunan
o Ilmu Administrasi Pemerintahan

* Fakultas Pertanian
o Agribisnis
o Agroekoteknologi

* Fakultas Peternakan
o Peternakan

* Fakultas Teknik
o Teknik Elektro
o Teknik Mesin
o Teknik Informatika
o Teknik Pengairan
o Teknik Sipil
o Teknik Industri
o Teknik Arsitektur
o Perencanaan Wilayah dan Kota

* Fakultas Kedokteran
o Pendidikan Dokter
o Ilmu Keperawatan
o Ilmu Gizi
o Pendidikan Dokter Gigi
o Farmasi
o Kebidanan

* Fakultas Perikanan serta Ilmu Kelautan
o Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan
o Teknologi Hasil Perikanan
o Sosial Ekonomi Perikanan
o Budidaya Perairan
o Manajemen Sumberdaya Perairan
o Ilmu Kelautan
o Manajemen Bisnis Kelautan serta Perikanan

* Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
o Kimia
o Fisika
o Biologi
o Matematika
o Statistika
o Ilmu Komputer
o Ilmu Instrumentasi
o Geofisika

* Fakultas Teknologi Pertanian
o Teknologi Hasil Pertanian
o Teknologi Industri Pertanian
o Teknik Pertanian

* Fakultas Ilmu Sosial serta Ilmu Politik
o Sosiologi
o Komunikasi
o Hubungan Internasional
o Psikologi
o Ilmu Politik

* Fakultas Ilmu Budaya
o Sastra Inggris
o Sastra Jepang
o Bahasa serta Sastra Perancis

* Program Kedokteran Hewan
o Pendidikan Dokter Hewan

* Program Pendidikan Vokasi

* Program Pascasarjana

Referensi:
//il-koma.blogspot.com/2011/05/sejarah-singkat-universitas-brawijaya.html
//oldsite.ub.ac.id/id/1_about/sejarah.php

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel