SEJARAH ASAL USUL SEPEDA MOTOR DI DUNIA
Sunday, November 24, 2013
Edit
Kendaraan sepeda motor sekarang telah menajadi indera transportasi roda dua yang paling poly dipakai didunia saat ini. Jika melihat dari usul sejarahnya engkau memahami tidak bagaimana berasal dari tunggangan sepeda motor? Niscaya kamu nir tahu kan.. :D. Untuk itu mimin websejarah akan menceritakan bagaimana adanya sepeda motor itu.
Sepeda motor pertama pada global lahir di Jerman. Adalah Gottlieb Daimler dan mitranya, Wilhelm Maybach, dua ahli mesin empat langkah Jerman, yg membentuk sepeda motor pertama di dunia.
Pada tahun 1885, Daimler memasangkan mesin empat langkah berukuran kecil pada sebuah sepeda kayu. Mesin diletakkan di tengah (di antara roda depan serta belakang) serta dihubungkan dengan rantai ke roda belakang.
Sepeda kayu bermesin itu diberi nama Reitwagen (riding car) serta adalah sepeda motor pertama pada dunia. Maybach mencoba Reitwagen sejauh tiga kilometer di sepanjang Sungai Neckar, menurut Cannstatt ke Untertürkheim, dengan kecepatan 12 kilometer per jam.
Pada waktu itu, Reitwagen tidak dijual buat generik. Pemasangan mesin pada sepeda kayu itu adalah rangkaian dari percobaan yg dilakukan oleh Daimler dan Maybach, sebelum memasang mesin empat langkah dalam kereta kuda, yg sebagai cikal bakal lahirnya mobil.
Tahun 1893, sepeda motor pertama yang dijual untuk umum dibentuk sang pabrik sepeda motor Hildebrand und Wolfmüller di Muenchen, Jerman. Sepeda motor ini tidak menggunakan rantai. Roda belakang digerakkan eksklusif sang kruk as (crankshaft).
Sepeda motor inilah yang dimiliki sang John C Potter, masinis pertama pabrik gula Oemboel, Probolinggo, Jawa Timur, tahun 1893. Ia memesan sendiri sepeda motor itu eksklusif ke pabriknya pada Muenchen. John Potter tercatat sebagai orang pertama yg mempunyai sepeda motor pada Indonesia, yang pada waktu masih berada di bawah pendudukan Belanda, dan bernama Hindia Belanda (Nederlands Indie).
Sepeda motor pertama kali masuk ke Amerika Serikat dalam tahun 1895 saat seseorang pemain sirkus berasal Perancis membawanya ke New York. Disebut-sebut, pada tahun yg sama, seorang penemu Amerika Serikat, EJ Pennington, di Milwaukee, mendemonstrasikan sepeda motor yang dirancang sendiri. Pennington mengungkapkan, sepeda motor yg dia desain itu dapat dipacu dengan kecepatan 93 kilometer per jam, serta beliau dipercaya menjadi orang pertama yang memperkenalkan kata motorcycle (sepeda motor).
Produsen terbesar
Tahun 1895, perusahaan produsen sepeda Inggris, Triumph, tetapkan buat jua menciptakan sepeda motor. Untuk itu, Triumph membeli sepeda motor Hildebrand und Wolfmüller serta memeriksa bagaimana membuatnya. Empat tahun sesudahnya, 1902, perusahaan itu menghasilkan sepeda motornya yang pertama, yg menggunakan mesin Minerva protesis Belgia. Pada tahun 1905, Triumph menghasilkan sepeda motor secara utuh sendiri, yg menyandang mesin berkekuatan 3 PK serta kecepatan maksimumnya 72 kilometer per jam.
Tahun 1903, William S Harley serta sahabatnya, Arthur Davidson, memproduksi sepeda motor pada Milwaukee, Amerika Serikat, dan menamakan sepeda motor itu Harley Davidson. Tahun 1904, perusahaan Amerika Serikat lain, Indian Motorcycle Manufacturing Company, yg berlokasi pada Springfield, Massachusetts, ada dengan sepeda motor Indian Single.
Sama misalnya Triumph, tahun 1906, perusahaan Inggris lain, BSA, yang merupakan singkatan berdasarkan Birmingham Small Arms, menghasilkan sepeda motor dengan menggunakan mesin Minerva, sebelum menciptakan mesin menggunakan kapasitas 350 cc, 500 cc, dan 595 cc sendiri.
Sampai Perang Dunia I (1914-1918), Indian Motorcycle Manufacturing Company merupakan pabrik sepeda motor dengan produksi yang terbesar pada global. Setelah Perang Dunia I, posisinya diambil alih oleh Harley Davidson hingga tahun 1928, ketika posisinya diambil alih sang DKW (Jerman). Indian Motorcycle Manufacturing Company tutup dalam tahun 1953 dan merek Indian diambil alih sang Royal Enfield.
Pada tahun 1921, sepeda motor BMW hadir dengan konfigurasi mesin dua silinder horizontal antagonis (boxer) yg ditempatkan dalam tempat tinggal mesin tunggal yg terbuat berdasarkan aluminium. BMW menggerakkan roda belakang menggunakan koppel (shaft drive).
Pada tahun 1930-an terdapat sekitar 80 merek sepeda motor di Inggris, di antaranya Norton, Triumph, AJS, dan merek-merek lainnya yg nir begitu terkenal, seperti New Gerrard, NUT, SOS, Chell, serta Whitwood.
Perkembangan sepeda motor pada Eropa, diantaranya, jua dipicu sang Perang Dunia II (1939-1945), pada mana sepeda motor pun dibentuk buat keperluan militer. Dan, pada masa itu, BSA menciptakan 126.000 unit sepeda motor M20 buat Angkatan Bersenjata Inggris.
Seusai Perang Dunia II, tahun 1946, desainer Italia, Piaggio, memperkenalkan skuter Vespa dan eksklusif menarik perhatian global. Pada tahun 1946 itu juga, perusahaan produsen perlengkapan radio Italia, Ducati, membuat mesin 50 cc, Cucciolo, yang dipasangkan dalam sepeda motor. Kapasitas Cucciolo pun kemudian diperbanyak, mulai berdasarkan 60, 65, 98, sampai 125 cc.
Pada tahun 1949, Honda memproduksi sepeda motor Dream atau Model D, yang menyandang mesin dua langkah menggunakan kapasitas 98 cc. Tetapi, bunyi mesin dua langkah yang berisik dan asap yg berbau tajam yg keluar berdasarkan knalpot membuat Honda menyebarkan mesin empat langkah. Tiga tahun kemudian, 1951, Honda memproduksi sepeda motor yg menyandang mesin empat langkah, Dream E, menggunakan kapasitas 146 cc.
Tahun 1951, BSA Group (Inggris) membeli Triumph Motorcycles serta sebagai produsen sepeda motor terbesar di dunia. Kedudukan BSA diambil alih oleh NSU (Jerman) tahun 1955. Tetapi, sejak tahun 1970-an hingga sekarang, Honda tercatat sebagai penghasil sepeda motor terbesar pada dunia.
Tahun 1952, Honda memproduksi sepeda motor bebek yg dikenal menggunakan nama cub. Sepeda motor jenis bebek ini sangat populer sebagai akibatnya modelnya pun ditiru oleh perusahaan pembuat sepeda motor dari Jepang lainnya, seperti Kawasaki, Yamaha, dan Suzuki.
Pada tahun 1955, Suzuki memproduksi sepeda motor yg menyandang mesin berkapasitas 125 cc, empat langkah, serta 1 silinder. Tetapi, 10 tahun kemudian, Suzuki juga merambah ke mesin dua langkah, yg adalah spesialisasinya.
Tahun 1955, Yamaha menghasilkan YA-1, sepeda motor yang menyandang mesin dua langkah menggunakan kapasitas 125 cc. Pada tahun 1970, 15 tahun sesudahnya, diproduksi Yamaha XS-1 yg menyandang mesin empat langkah yang berkapasitas 650 cc, pada konfigurasi V.
Kawasaki muncul agak belakangan. Kawasaki baru memproduksi sepeda motornya yg pertama, B8, dalam tahun 1961. Sepeda motor keluaran Kawasaki itu menyandang mesin dua langkah dengan kapasitas 125 cc. Pada tahun 1973 atau 12 tahun sesudahnya, Kawasaki menghasilkan Kawasaki Z1, yang menyandang mesin empat langkah menggunakan kapasitas 900 cc.
Sosok yang menarik, mesin yang andal serta mudah dirawat, serta harga yang bersaing menciptakan sepeda motor asal Jepang, yakni Honda, Suzuki, Yamaha, serta Kawasaki, sangat populer serta sampai sekarang mendominasi pasar sepeda motor dunia.
Namun, nama-nama Harley Davidson tetaplah merupakan sepeda motor yang populer, terutama di Amerika Serikat. Demikian pula dengan BMW, Triumph, serta Ducati.
Pada tahun 2006, perusahaan Belanda, EVA Products BV Holland, mengumumkan kehadiran sepeda motor bermesin diesel komersialnya yang pertama, Track T-800CDI. Sepeda motor itu menyandang mesin diesel 800 cc, 3 silinder, protesis Daimler. Bagaimanapun, perusahaan-perusahaan produsen sepeda motor lain, termasuk Royal Enfield, juga menghasilkan sepeda motor bermesin diesel, paling tidak sejak tahun 1965.