SEJARAH AWAL ADANYA UANG DAN PERKEMBANGANNYA DI DUNIA

Sejarah Awal Adanya Uang Dan Perkembangannya Di Dunia - Uang adalah persediaan aset yang siap digunakan buat melakukan transaksi. Bahasa awamnya, uang adalah alat tukar-menukar yang diterima secara generik buat bertransaksi .
Juga uang telah mengalami bepergian yang sangat panjang di global ini. Sekarang uang sudah merogoh peranan yang sangat vital dalam kehidupan manusia di zaman terkini ini. Segala sesuatunya diukur menggunakan uang. Hampir seluruh hal di global sekarang ini dinilai menggunakan uang. Mulai berdasarkan barang kebutuhan sehari-hari atau barang kebutuhan primer, barang kebutuhan sekunder, barang kebutuhan tertier, dan seterusnya.

Bahkan sekarang ini jasa pun bisa diniai dengan uang. Berbagai orang maupun instansi penyedia jasa menghargai jasa yg mereka tawarkan menggunakan memakai nilai mata uang. Uang telah masuk ke segala aspek kehidupan insan.

Sejarah Uang Zaman Prasejarah 
Uang mulai kita kenal menjadi alat resmi pembayaran barulah dikenal sang insan di zaman modern. Pada zaman manusia pra sejarah, jenis uang seperti yg kita kenal kini belumlah dikenal. Tentu saja bukan berarti insan prasejarah nir pernah melakukan proses jual beli misalnya kita sekarang.
Pada awalnya insan selalu berusaha sendiri untuk memenuhi segala kebutuhan hidupnya misalnya makan, minum, berpakaian, dan lain sebagainya. Tetapi seiring dengan berjalannya saat, jumlah insan yang semakin poly, mengakibatkan pula perkembangan akan kebutuhan hidup manusia yg semakin bervariasi.
Untuk memenuhi kebutuhan hidupnya yg semakin banyak ini insan lalu mulai merasa membutuhkan orang lain buat membantunya memenuhi kebutuhan hidup. Sekelompok insan prasejarah yg tinggal di sebuah loka contohnya. Pada awalnya dia mungkin menciptakan sediri pakaiannya menurut bahan kulit pohon atau kulit hewan. Dan mereka mungkin berburu hewan jua buat memenuhi kebutuhan makan. Sedang buat loka tinggal biasanya mereka menetap di gua-gua, atau menciptakan tempat tinggal dari pepohonan di sekitarnya.
Sedangkan pada loka lain mungkin terdapat pula gerombolan manusia purba lainnya yg makan butir-buahan berdasarkan pepohonan di hutan. Nah waktu 2 kelompok insan ini bertemu atau bersosialisasi, kemungkinan mereka saling tertarik dengan apa yang dimakan atau dikenakan oleh grup lain tadi. Dari situ mulai terjadi komunikasi dan kemungkinan besar timbullah rasa ingin memiliki yang akhirnya membuat mereka melakukan aktivitas barter atau saling bertukar barang.

Barter Tahapan Penting Sejarah Uang
Barter adalah sebuah tahap krusial pada sejarah uang dunia. Pada zaman purba, manusia belum mengenal uang. Untuk sanggup mendapatkan barang yg mereka inginkan, mereka harus menukarkan barang yang mereka miliki dengan orang lain yg memiliki barang yang mereka inginkan.
Sistem saling bertukar barang ini disebut dengan sistem Barter. Ternyata sistem barter ini terbukti sangat efektif. Dengan adanya barter ini, orang menjadi sangat dimudahkan buat memiliki barang serta memenuhi kebutuhannya. Mereka sama-sama merasa diuntungkan.
Kendala Sistem Barter Dalam Sejarah Uang
Setelah sekian usang sistem bertukar atau barter berjalan menggunakan sangat baik, muncullah berbagai dilema. Dalam sistem ini beberapa pihak merasa nir mendapatkan pertukaran yang seimbang. Para pemilik barang merasa bahwa barang miliknya nir dihargai menggunakan yg semestinya. Sementara itu pembeli pula sama-sama merasa nir mendapatkan barang yang seharga dengan yg telah ditukarkan. Ketidakpuasan mulai muncul di antara mereka. Mereka sama-sama merasa nir dihargai menggunakan semestinya.
Masalah lain yang muncul misalnya kasus transportasi. Untuk bisa saling bertukar barang, tentunya mereka harus saling bertemu. Sedangkan pada zaman dahulu insan memiliki loka tinggal yg jaraknya umumnya relatif berjauhan. Untuk bisa saling bertukar barang mereka wajib membawa barang dagangan mereka masing-masing ke suatu tempat rendezvous. Seringkali kasus yg muncul adalah mereka merasa kerepotan membawa barang dengan jumlah banyak dan jauh. Belum lagi resiko rusaknya barang selama perjalanan.
Dari situlah semakin lama muncul ilham-inspirasi mereka buat menggunakan indera pembayaran yang lebih niscaya. Mereka membutuhkan sebuah indera pembayaran yg memiliki nilai yang permanen, mudah dibawa, berlaku untuk semua jenis barang, dan nir gampang rusak.
Sejarah Uang Logam
Setelah melalui bepergian yang panjang, berakhirlah masa sistem barter serta mulai ditemukanlah mata uang menjadi penggantinya. Satu tonggak sejarah yang sangat krusial lainnya adalah keluarnya mata uang sebagai alat pembayaran resmi yg mulai berlaku waktu itu.
Munculnya mata uang ini tidak secara bersamaan di semua global. Berbeda negara, kota, atau bahkan beda loka beda pula masa berlakunya uang ini. Bahkan sampai menggunakan detik ini pun pada beberapa negara terdapat beberapa suku yg masih belum mengenal atau belum mau menggunakan mata uang menjadi indera pertukaran. Masih ada sebagian suku tertentu yang masih memakai sistem barter.
Sejarah uang dimulai berdasarkan uang logam. Pada awal mulanya manusia menggunakan barang berharga atau barang spesifik sebagai mata uang misalnya batu, logam, serta lain sebagainya. Lalu pada beberapa peradaban muncullah mata uang logam. Uang logam digunakan lantaran logam dianggap menjadi barang berharga. Selain itu logam pula dievaluasi sangat mudah dibuat, serta bisa dibawa dengan lebih mudah.
Kemudian di beberapa bangsa mulai muncullah jenis uang logam yang dibentuk dengan bentuk dan gambar eksklusif pada ke 2 sisinya. Pada masa itu terdapat beberapa jenis logam yang digunakan misalnya emas, perak, perunggu, besi, dll. Bentuknya pun nir selalu bundar , ada pula yang berbentuk lonjong, kotak, segitiga, dll.
Sejarah Uang Kertas
Sejarah uang global sudah melalui masa yg panjang dengan keluarnya sistem barter, dan keluarnya uang logam. Kini selanjutnya perkembangan uang melewati sebuah babak lain yaitu menggunakan keluarnya jenis uang kertas.
Sejarah uang kertas timbul dari hambatan lain yg dirasakan setelah adanya uang logam. Pada saat melakukan transaksi dengan jumlah yang poly, insan merasa mulai agak kerepotan dengan jumlah banyaknya uang logam yg harus mereka bawa. Selain lantaran banyak serta berat, masalah lainnya adalah persediaan logam yg jua terbatas.
Lalu muncullah ide manusia buat membuat mata uang berdasarkan bahan kertas. Ternyata uang kertas ini sangat disukai, walaupun lebih gampang rusak namun uang kertas ini sangatlah ringan buat dibawa kemanapun. Selain lebih ringan, nilainyapun bisa dibuat dengan bervariasi.
Sejarah Uang Modern 
Setelah munculnya uang kertas, sejarah uang berlanjut menggunakan adanya uang terkini. Uang modern yang ada sekarang ini terdapat beberapa jenis, misalnya deposito, check, giro, serta lain-lain. Sekarang ini indera pembayaranpun tidak selalu menggunakan memakai uang secara fisik. Saat berbelanja suatu barang kini ini kita sudah sanggup memakai alat pembayaran yang lainnya misalnya kartu kredit.
Semakin usang sejarah perkembangan uang semakin mengalami kemajuan yang banyak. Uang serta indera pembayaran semakin berkembang dengan pesat. Alat pembayaran nir lagi menggunakan uang fisik yg dibawa kesana-kemari. Banyak cara telah mampu digunakan buat menggantikan uang logam serta uang kertas.
Dengan perkembangan sejarah uang yang pesat ini, manusia semakin dimudahkan pada menggunakannya. Bahkan menggunakan adanya Bank sebagai media buat menyimpan uang dan mengirimkan uang, kini ini manusia nir perlu lagi menyimpan uang pada jumlah yg banyak di rumah masing-masih.
Selain itu juga manusia bisa semakin gampang mengirimkan uang berdasarkan satu loka ke loka lain pada bagian dunia manapun yg masih mampu dijangkau. Tentunya harapan kita bahwa semakin hari perkembangan sejarah uang akan semakin memudahkan manusia sebagai pemakai utamanya.
Referensi:
//kumpulansejarah1001.blogspot.com/2012/12/sejarah-uang.html
//gerilyastatistik.wordpress.com/2013/01/31/apa-itu-uang/

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel