SEJARAH CERITA ASAL USUL ADANYA PULAU NUSA KAMBANGAN

Sejarah Cerita Asal Usul Adanya Pulau Nusa Kambangan - Nusa Kambangan adalah nama sebuah pulau pada Jawa Tengah yang lebih dikenal sebagai loka terletaknya beberapa Lembaga Pemasyarakatan (LP) berkeamanan tinggi pada Indonesia. Pulau ini masuk dalam wilayah administratif Kabupaten Cilacap dan tercatat dalam daftar pulau terluar Indonesia. Untuk mencapai pulau ini orang harus menyeberang dengan kapal feri berdasarkan pelabuhan khusus yg pada kelola oleh Departemen Kehakiman R.I. Yaitu berdasarkan Pelabuhan Sodong menyebrang ke Cilacap.

Sejarah Cerita Asal Usul Adanya Pulau Nusa Kambangan
Pada zaman dahulu kala hiduplah seseorang raja yg angkuh serta arogan, Prabu Aji Pramosa adalah seseorang raja yang sangat berkuasa di wilayahnya karena kesaktian yg dimilikinya. Dia mencari serta terus menambah kesaktiannya di banyak sekali pelosok wilayah pada Nusantara. Dia pula mencari orang- orang sakti buat dikalahkannya. Dia nir ingin ada satu orangpun yang mampu menandingi kesaktiannya. Para prajuritnya pun diutus buat mencari orang- orang sakti ke semua pelosok negeri. Prajurit- prajuritnya pun akhirnya menemukan seseorang Resi yang syahdan memiliki kesaktian yang luar biasa. Resi itu bernama Resi Karno atau Kyai Jamur.

Segera selesainya itu, oleh Prabu pun mendatangi kediaman Kyai Jamur. Tetapi sebelumnya, Kyai Jamur telah diberi memahami oleh abdinya bahwa Prabu Aji Pramosa akan mendatanginya serta mengajaknya bertanding. Kyai Jamur lebih menentukan untuk menghindari kedatangan sang Prabu menggunakan melakukan perjalanannya ke arah barat. Prabu Aji Pramosa pun sangat marah. Dia serta prajuritnya memutuskan untuk mengejar Kyai Jamur sampai ketemu serta berniat akan membunuhnya menjadi balasan karena Kyai Jamur dipercaya sudah menentang titah paduka.

Kyai Jamur melakukan bepergian kea rah barat, menelusuri hutan- hutan dan sungai- sungai sampai ke wilayah pesisir selatan pulau Jawa, singgahlah Kyai Jamur pada suatu daerah yg sekarang bernama Cilacap. Kyai Jamur menemukan sebuah gua pada tepi laut. Di gua itu oleh Resi pun bertapa. Rombongan sang Prabu pun telah hingga di daerah itu. Rombongan itu pun menemukan sebuah gua dan mereka memutuskan buat bertapa. Di dalam gua itu mereka menemukan sang resi sedang bertapa. Tanpa pikir panjang rombongan oleh Prabu menghampiri oleh resi dan langsung membunuhnya. Sang Prabu dikejutkan karena jasad oleh resi menghilang tanpa bekas.

Tiba- tiba …………..

Prabu Aji Pramosa serta rombongan dikejutkan oleh suara gemuruh ombak dan badai pasir disertai angin yang dahsyat. Gemuruh ombak serta angin itu disertai dengan munculnya seekor naga yg sangat besar . Naga itu hendak memakan rombongan oleh Prabu. Kian lama ombak itu kian membesar dan banyak penyu- penyu menepi ke teluk. Hingga akhirnya teluk itu diberi nama Teluk Penyu yang menjadi obyek wisata primer kota cilacap.

Tidak hanya sampai disitu, naga itu kian mendekat kea rah oleh prabu. Dengan tergesa- gesa oleh prabu melepaskan anak panahnya ke arah naga. Anak panah melesat tepat di ulu hati naga. Naga itu pun menghilang serta ombak serta gemuruh angin berhenti seketika. Tak lama lalu muncullah seseorang wanita yang sangat elok indah. Wanita bernama Dewi Wasowati. Wanita itu mendekati sang prabu guna berterima kasih pada sang prabu karena telah memanahnya. Itu ialah sang prabu sudah membantunya buat mampu balik ke wujud aslinya yaitu dari seekor naga yg seram sebagai insan seutuhnya. Sebagai ucapan terima kasih, perempuan itu memberikan setangkai kembang Wijaya Kusuma. Konon, siapa saja yang dapat mempunyai bunga mistik ini, maka dia akan menurunkan raja- raja besar di Tanah Jawa. Maka, wilayah itu dinamakan Nusakembangan atau biasa dianggap Nusakambangan yg adalah Pulau yg banyak ditumbuhi bunga.

Setelah mendapat bunga itu, sang prabu pergi dengan menaiki bahtera. Namun oleh prabu merasa sangat kecewa karena bunga itu jatuh di laut. Setelah hingga di kerajaan, oleh prabu menerima kabar bahwa di pulau karang dekat Nusakambangan tumbuh bunga yang aneh dan ajaib. Ternyata bunga Wijaya Kusuma yang beliau jatuhkan terdampar serta tumbuh di atas pulau karang itu. Sampai ketika ini keberadaan bunga Wijaya Kusuma masih dilestarikan pada pulau Nusakambangan. Di pulau Nusakambangan juga ditumbuhi banyak bunga- bunga liar yg tidak kalah latif denga bunga Wijaya Kusuma.

Referensi:
//sejarah.kompasiana.com/2011/04/24/dari-usul-nusakambangan-357689.html
//berasal-usul-motivasi.blogspot.com/2011/03/sejarah-nusa-kambangan.html

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel