SEJARAH ASAL MUASAL PERKEMBANGAN EMOTICON

Sejarah Asal Muasal Perkembangan Emoticon - Siapa yg nir tahu menggunakan istilah emoticon. Bagi yg suka dengan sms dan chatting/messenger niscaya akan menjumpai emoticon-emoticon disana. Kita memahami Emoticon dari berdasarkan adonan dua kata Emotion serta Icon. Artinya, emoticon adalah icon (gambar) yg mewakili kondisi emosional seorang. Emoticon digunakan dalam komunikasi tekstual, atau tertulis yg tidak bisa melihat eksklusif aktualisasi diri orang yang sedang diajak bicara.
Dulu emoticon sudah mulai digunakan dalam September 1982. Awal kisah bermula dalam 19 September, di mana seseorang profesor yang bernama Scott Fahlman menurut Carnegie Mellon University pada Pittsburgh mengirimkan sebuah surat elektronik (email) yang pertama kali menggunakan simbol emoticon.
"Saya mengusulkan penggunaan karakter berikut buat penenda lelucon: :-) Baca berdasarkan samping," demikian pesan yang dikirimkan Fahlman misalnya dilansir berdasarkan Digitalspy, Selasa (11/9/2012).
Tak lama berselang inspirasi Fahlman pun cepat diadopsi pada skala dunia, pada mana poly orang mulai menggunakan emoticon dalam setiap pesan yg dikirimkan. Saat ini perkembangan emoticon pun kian beragam, puluhan, mungkin ratusan emoticon dibuat tanpa perlu menggunakan karakter dalam keyboard  digunakan buat memberikan warna dalam pesan yg dikirimkan.
Namun sayang, Fahlman nir setuju dengan sejumlah penambahan emoticon yang terdapat saat ini. "Saya pikir mereka tidak baik, dan menghambat tantangan buat membuat cara cerdas yg mengekspresikan emosi dengan memakai karakter dalam keyboard standar. Tapi hal itu timbul mungkin karena aku menciptakan jenis lain berdasarkan sebuah karakter emosi," ucapnya dalam The Independent.
Selain itu, sang profesor pun mengaku kaget ketika para pengguna komputer di semua dunia mulai menggunakan emoticon. Penggunaan emoticon non-digital sendiri bisa ditemui dalam abad ke-19, di mana banyak orang menggunakannya dalam penulisan santai dan lucu.
Namun seiring dengan perkembangan dunia digital, alat emoticon pun kian majemuk serta tidak terpatok penggunaan karakter buat mendifinisikan sebuah emosi.  Dalam beberapa pelaksanaan pesan contohnya, para pengguna relatif memilih sejumlah emoticon yg sinkron menggunakan keinginannya tanpa perlu repot mendefinisikan beberapa karakter buat mengekspresikan emosinya.
Referensi:
//techno.okezone.com/read/2012/09/11/55/688034/ini-dia-sejarah-penggunaan-emoticon-pada-komputer
//blog.joshuakarsten.com/2012/09/sejarah-penggunaan-emoticon.html

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel