SEJARAH ASAL USUL SUKU INDIAN DI AMERIKA

Sejarah Asal Usul Suku Indian di Amerika - Suku Indian adalah pemukim pertama Amerika Utara datang dari Asia lebih dari 20.000 tahun kemudian. Lantaran mengikuti fauna buruan, mereka mengembara melewati Selat Bering (dulu tanah genting, kini pemisah Asia dan Amerika Utara). Lambat laun mereka menetap dan berkembang menjadi berbagai suku.
Sebuah tim peneliti internasional menemukan penduduk orisinil Amerika terdiri dari tiga kelompok migran yang asal berdasarkan Asia. Mereka tiba ke Amerika dalam 3 gelombang migrasi akbar menyeberangi jembatan darat 15 ribu tahun lalu.
Temuan yang diterbitkan dalam jurnal Nature menerangkan seluruh grup awalnya berasal dari Siberia, kemudian melewati Beringia, sebuah jembatan tanah yang menghubungkan benua Asia dan Amerika selama zaman es. Kini jembatan darat ini telah tidak ada serta menjelma sebagai Selat Bering.
Kelompok migran pertama yang dikenal menjadi "First Americans" menghuni sebagian besar daerah Amerika utara serta selatan. Disusul 2 kelompok berikutnya yang menghuni wilayah yg sama. DNA berdasarkan gerombolan kedua serta ketiga masih bisa ditemukan dalam penduduk asli Amerika saat ini.
Dengan memeriksa variasi urutan DNA penduduk orisinil Amerika, tim peneliti menemukan sebagian akbar mereka asal berdasarkan kelompok migran pertama. Sementara 2 migrasi berikutnya berperan krusial menambah variasi genetik.
"Penduduk asli Amerika nir berasal berdasarkan migrasi tunggal," kata Profesor Andres Ruiz-Linares, pemimpin penelitian menurut University College London, Selasa 17 Juli 2012. "Penelitian ini sekaligus menguak pola penyebaran manusia pada Amerika."
Hasil analisis menerangkan ke 2 populasi mewarisi materi genetik dari gerombolan migran pertama alias "First Americans".
Ini mencerminkan liputan bahwa gerombolan migran kedua dan ketiga bercampur menggunakan kelompok pertama yang mereka temui selesainya mereka tiba di Amerika utara. "Setidaknya ada 3 garis keturunan yang mendalam pada populasi asli Amerika," istilah Profesor David Reich, peneliti lain yg jua pakar genetika di Harvard Medical School.
Tim jua menemukan populasi penduduk asli Amerika menyebar dan membelah dari utara ke selatan sepanjang rute yg memeluk pantai. Divergensi ini diketahui menurut genre gen yang ada di antara gerombolan -gerombolan penduduk asli Amerika, terutama yang tinggal pada Amerika selatan.
Analisis tim sempat diperumit dengan masuknya materi genetik dari populasi imigran Eropa dan Afrika semenjak 1492 dan 500 tahun pencampuran genetik yang terjadi sesudahnya. Untungnya tim peneliti mengembangkan metode buat mengupas campuran ini serta melacak genom penduduk asli Amerika sebelum kedatangan penduduk Eropa dan Afrika.
"Penelitian tentang penduduk asli Amerika secara teknis sangat menantang karena terjadi percampuran yg luas menggunakan penduduk Eropa dan Afrika," kata Profesor Ruiz-Linares.
Referensi:
//www.tempo.co/read/news/2012/07/19/061417908/Darimana-Asal-Usul-Penduduk-Asli-Amerika
//farid-silentheart.blogspot.com/2010/11/sejarah-suku-indian.html

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel