SEJARAH AWAL KEMUNCULAN PERMEN DI DUNIA

Sejarah Awal Kemunculan Permen di Dunia - Permen kita ketahui sangat disukai di dunia dan tahu tidak jika sebenarnya Resep permen telah tertulis di makam Firaun Tutankhamen serta Ramses yang hidup 40 abad silam. Masa itu permen dibuat berdasarkan madu, rempah-rempah ditambah biji-bijian supaya gurih.
Ketika Iskandar Agung menurut Masedonia menaklukan Persia, 24 abad yang lalu diketahui tentaranya senang mengisap-isap kand. Permen primitif itu adalah tangkai tanaman yg dicelup ke madu dicampur rempah-rempah.
Karena madu nir gampang diperoleh, permen merupakan barang mewah. Kenapa nir memakai gula saja? Habis, waktu itu manusia belum mampu menciptakan gula.
Baru dalam aban ke-tiga atau ke-4 insan sanggup membuat gula tebu di Persia. Pengetahuan ini menyebar ke Arab,Afrika Utara dan Eropa. Permen pun dibuat dari gula. Dalam bahasa Inggris permen diklaim candy. Mungkin berasal menurut istilah kand (permen serdadu Iskandar Agung itu), mungkin pula berdasarkan kata Arab qand yg ialah gula.
Pada akhir abad ke-15, Columbus memperkenalkan tebu menurut benua Amerika ke pelbagai tempat. Bermunculah perkebunan tebu dan kemudian pabrik gula pada wilayah tropis. Abad XIX, pada zaman Kaisar Napoleon, produksi gula bit digalakan di Eropa. Di seluruh dinia menjadi lebih banyak dan lebih murah.
Pertengahan abad ke-19 manusia sanggup menciptakan mesin-mesin canggih penghasil permen mampu dibentuk banyak dan murah. Kira-kira seabad kemudian , pada kota maupun di desa, kita bisa membeli permen.
Dulu pada Indonesia, permen dianggap “kembang gula” atau “gula-gula”. Kata “permen” Cuma dipakai buat menyabut permen rasa peppermint yang putih, pipih, bulat, serta pedas. Entah bagaimana, kata permen mampu menggantikan “kembang gula” atau “gula-gula”.
Berikut berbagai jenis permen dan penemunya:
Permen Cokelat
Permen cokelat pertama pada global diciptakan sang seseorang Belanda, Conrad J. Van Houten dalam tahun 1828. Dia yang memeras biji cokelat yang dimasaknya yg lalu dicampur gula hingga menjadikannya permen.
Permen Karet
Thomas Adams, seorang Amerika yang menciptakan permen menurut bahan karet dalam tahun 1869. Penemuannya tak sengaja lantaran awalnya dia ingin menciptakan mainan dari ban sepeda tetapi percobaannya selalu gagal. Ketika dia memasukan karet ke dalam mulutnya timbulah inspirasi buat menambahkan rasa di karet itu hingga terciptalah permen karet. 1871 temuannya itu dipatenkan.

Permen Coklat Susu
Pada tahun 1875, Henry Nestle, seseorang pembuat susu kental manis serta Daniel Peter, seseorang penghasil cokelat yg memadukan 2 unsur ini menjadi satu serta mendirikan perusahaan cokelat susu pertama didunia
Permen Lolly Pop
Lolly Pop, permen bertangkai ini diberi nama sang George Smith H, menurut nama kuda balapnya pada tahun 1908. Tak banyak diketahui awal menurut keberadaan permen lollypop ini. Tetapi mesin produsen permen Lolly Pop diciptakan sang Samuel Born masyarakat Amerika keturunan Rusia.
Permen Mint
Pada tahun 1912 Clarence Crene menciptakan permen mint. Keberadaan permen mint itu sendiri sebenarnya telah ada di daratan Eropa tetapi kebanyakan berbentuk persegi. Crene akhirnya mencoba menciptakan permen mint dengan bentuk yang lain yaitu bundar dan bolong ditengahnya. 'Life saver' itulah nama awal permen ini dianggap karena memang bentuknya seperti seperti pelambung atau ban menyelamat, dan sekarang permen ini lebih dikenal orang dengan sebutan permen polo.
Referensi:
//www.jejakbocah.com/2012/08/sejarah-tentang-permen.html
//food.ghiboo.com/menelusuri-sejarah-permen

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel