SEJARAH ALAT MUSIK GITAR DI MANCANEGARA

Sejarah Alat Musik Gitar pada Mancanegara - Siapa sih yg nir kenal menggunakan alamat musik satu ini "Gitar". Didalam sebuah lantunan musik gitar selalu mengisinya dengan bunyi-suara yg sangat menakjubkan buat para pendengar di global. Apalagi mereka-mereka sangatlah menyukai alat musik gitar.

Untuk itu mimin catatansejarah bakalan menguak sejarah bagaimana adanya indera musik gitar terdapat pada mancanegara. Monggo disimak ya :D

Gitar merupakan suatu indera musik tradisional Spanyol sehingga dipercaya bahwa alat musik ini berasal menurut spanyol.tapi ada pula yang mengatakan bahwa sejarah gitar dimulai jauh sebelum Masehi yaitu pada jaman Babilonia.pada awalnya alat musik ini bentuknya mini serta mempunyai empat kawat yang masing - masing berpasangan

Pertama-tama: Dari Babilonia hingga Senar Enam 
Sejarah gitar dianggap dimulai pada daerah Timur Dekat. Di antara puing-puing yg pada temukan di Babilonia, yang paling relevan merupakan gitar yg dibuat dalam 1900-1800 SM. Dari masa itu, hingga tahun 1650, gitar mengalami evolusi yang begitu rumit dan beraneka ragam. Begitu poly jenis serta masing-masing memiliki nama yang berbeda.

Beberapa kalangan berpendapat lain, menduga gitar justru dari dari negara Spanyol karena indera musik gitar mirip sama alat musik Spanyol yang bernama Vihuela yang beredar dalam awal abad ke-16. Alat baru ini (gitar) memiliki cara pembuatan yg sama dengan indera musik ukulele. Gitar pertama kali yg dibuat sebenarnya ukuran sangat kecil dan jua hanya mempunyai empat dawai, misalnya ukulele.

Pada masa klasik poly masih ada publikasi yang dilakukan oleh para produsen lagu serta juga para pemusik. Seperti Fernando Sor, Mauro Guiliani, Matteo Carcassi, Fernando Caulli, serta masih poly para pencipta yg mengembangakan metode bermain gitar yang akhirnya menjadi permainan yg generik dan bisa diterima.

Instrumen yang krusial kontribusinya pada perkembangan gitar merupakan instrumen Cittern. Instrumen ini juga berbentuk menyerupai butir pir dengan bagian belakang yang rata, menggunakan empat atau 5 pasang senar berdasarkan kawat serta menggunakan fretting yg permanen apakah itu diatonik seperti Appalachian Dulcimer ataupun chromatic misalnya gitar terkini. Tuning head telah dipasang seperti seperti pada gitar atau mandolin. Stemannya sama menggunakan mandolin (in fifths) dengan fingering serta chord yang sama serta dimainkan dengan plectrum atau pick. Four Course Guitar memiliki 4 pasang senar, body berbentuk gitar dan soundboard yang rata, bridge dari lute dan bagian belakang dibuat setengah melengkung namun nir terlalu membentuk bulatan. Instrumen ini ukuran misalnya gitar anak-anak. Five Course Guitar ada lebih kurang tahun 1490 dan mirip menggunakan four course guitar menggunakan tambahan satu pasang senar bass. Instrumen ini dinamakan jua English Guitar. Ada jua Vihuela De Mano asal berdasarkan Spanyol dan adalah instrumen dengan enam pasang senar. Bodynya cukup besar seperti gitar klasik jaman kini dan memiliki beberapa lubang suara di atasnya. Instrumen ini menggunakan fixed bridge serta kemungkinan adalah nenek moyang langsung menurut gitar 12 senar USA yg masuk ke Amerika Utara melalui Mexico, Texas dan Louisiana.

Masih banyak jenis gitar lainnya yang terus berkembang. Gitar seperti yang kita kenal kini , yaitu bersenam enam, baru ada lebih kurang tahun 1750. Dan selama sekitar 90 tahun berikutnya (sampai tahun 1840), gitar senar enam ini cukup pesat berkembang di Spanyol. Kamu bisa pula membaca mengenai gitar disini

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel