SEJARAH AWAL KOTA BENGKALIS RIAU

Sejarah Awal Kota Bengkalis, Riau - Bengkalis merupakan keliru satu kabupaten pada provinsi Riau, Indonesia. Penghasilan terbesar Kabupaten Bengkalis adalah minyak bumi yang menjadi asal terbesar APBD-nya beserta dengan gas.

Kabupaten Bengkalis mempunyai letak yg sangat strategis, karena dilewati oleh jalur perkapalan internasional menuju ke Selat Malaka. Bengkalis jua termasuk dalam keliru satu program Indonesia Malaysia Singapore Growth Triangle (IMS-GT) serta Indonesia Malaysia Thailand Growth Triangle (IMT-GT).

Untuk itu mimin sejarah bakalan menguak sejaarah mengenai kota Bengkalis, Riau. Untuk itu kamu-kamu harus menyimak tentang sejarah yg akan kuak sang mimin sejarah.

Secara historis wilayah Kabupaten Bengkalis sebelum Indonesia merdeka, sebagian akbar berada pada daerah pemerintahan Kerajaan Siak Sri Indrapura. Setelah diproklamirkannya Negara Kesatuan Republik Indonesia, serta diikuti dengan penyerahan kekuasaan sang Raja Kerajaan Siak Sri Indrapura Sultan Syarif Kasim II , maka semua daerah yg berada dibawah kekuasaan Kerajaan Siak Sri Indrapura, termasuk wilayah Kabupaten Bengkalis berada di bawah pemerintahan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Kemudian pada tahun 1956 yakni menurut Undang-undang Nomor 12 Tahun 1956 dibentuklah Kabupaten Daerah Tingkat II Bengkalis, yg dalam ketika itu masih berada dibawah Propinsi Sumatera Tengah dengan sentra pemerintahan berkedudukan di Sumatera Utara. Dengan dibentuknya Propinsi Daerah Tingkat I Riau menurut Undang-undang Nomor 61 tahun 1958 mengenai Penetapan Pembentukan Daerah Swatantra Tingkat I Sumatera Barat, Riau dan Jambi, maka Kabupaten Daerah Tingkat II Bengkalis berada pada Propinsi Daerah Tingkat I Riau. 

Referens:
//www.kemendagri.go.id/pages/profil-wilayah/kabupaten/id/14/name/riau/detail/1403/bengkalis
//id.wikipedia.org/wiki/Kabupaten_Bengkalis

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel