SEJARAH AWAL ADANYA INTERNET BANKING DI DUNIA

Sejarah Awal Adanya Internet Banking pada Dunia - Konsep perbankan internet sudah berkembang bersamaan menggunakan perkembangan dunia web yg sudah luas. Selama tahun 1980-an programmer yg bekerja dalam basis data perbankan datang menggunakan ide-inspirasi buat transaksi perbankan online. Proses kreatif pengembangan berdasarkan jasa ini mungkin melemahkan banyak perusahaan menggunakan konsep belanja online. Belanja online mempromosikan penggunaan kartu kredit melalui internet. Banyak forum perbankan sudah mulai membuat data fasilitas buat memudahkan staf mereka bekerja. Pengembangan database ini sudah poly digunakan selama pengembangan ATM (Automatic Teller Machine).

Sekitar 1980-an, perbankan dan organisasi keuangan pada Eropa dan Amerika Serikat memulai sugestif penelitian dan percobaan pemrograman pada konsep “tempat tinggal perbankan”. Awal 1980 waktu komputer dan internet nir begitu berkembang baik, penggunaan “perbankan tempat tinggal ” pada dasarnya terbuat berdasarkan mesin fax dan telepon buat memudahkan pelanggan mereka. Penyebaran fasilitas internet dan pemrograman membentuk peluang buat pengembangan “perbankan tempat tinggal ”.

Pada tahun 1983, Nottingham Building Society biasa disingkat sebagai NBS, meluncurkan layanan perbankan internet pertama pada Inggris. Layanan ini membentuk dasar buat sebagian akbar fasilitas internet perbankan yg diikuti. Fasilitas ini sangat tidak dikembangkan dengan baik serta membatasi jumlah fungsi transaksi yg mampu dihukum oleh pemegang rekening. Fasilitas yang diperkenalkan oleh Nottingham Building Society ini merupakan sistem yang diambil dari sistem Prestel, sistem yang dipakai sang departemen pelayanan pos Inggris.

Layanan perbankan online pertama di Amerika Serikat diperkenalkan pada bulan Oktober 1994. Layanan ini dikembangkan oleh Stanford Federal Credit Union, yang adalah lembaga keuangan. Layanan perbankan online sebagai lebih umum lantaran sistem dikembangkan dengan baik. Meskipun terdapat pro serta kontra dari “teknologi kas elektro”, hal ini sudah sebagai sebuah revolusi yang menaikkan sektor perbankan.

Tahun 2001, Bank Central Asia (BCA) merupakan bank pada Indonesia yg berani mengoperasikan internet banking secara masif pada Indonesia melalui situs //ibank.klikbca.com/.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel