PENGERTIAN ADMINISTRASI PERKANTORAN SECARA UMUM ADALAH

Secara umum Pengertian Administrasi Perkantoran merupakan suatu kegiatan perencanaan keuangan, penagihan dan pencatatan, personalia, dan distribusi barang dan logistik pada sebuah organisasi. Biasanya seorang karyawan yg bertugas dalam hal ini dianggap menggunakan administrator tempat kerja atau manajer kantor.
Pengertian Administrasi Perkantoran terbagi atas dua yaitu pengertian administrasi perkantoran secara luas dan administrasi perkantoran secara sempit. Pengertian administrasi perkantoran secara luas merupakan suatu kolaborasi secara sistematis serta teroordinasi dari pembagian tugas sesuai dengan struktur organisasi pada mencapai tujuan secara efektif serta efisien. Sedangkan pengertian administrasi perkantoran dalam arti sempit adalah semua aktivitas yg bersifat teknis ketatausahaan dalam aplikasi pekerjaan operatif, penyediaan fakta bagi pimpinan, dan membantu kelancaran perkembangan organisasi.

Ruang Lingkup Administrasi Perkantoran

Ruang Lingkup Administrasi Perkantoran - Ruang lingkup administrasi perkantoran meliputi menurut kegiatan kantor serta saranan fasilitas kerja kantoran. Ruang lingkup administrasi perakantoran adalah menjadi berikut...
1. Kegiatan Kantor
Kegiatan kantor adalah kegiatan yg selalu dilakukan dalam perkantoran dimana semakin luas tujuan perusahaan maka semakin besar juga aktivitas perkantoran yg dilakukan. Pada umumnya kegiatan perkantoran terdri menurut beberapa aktivitas antara lain menjadi berikut..
a. Perencanaan Perkantoran (Office Planning), merupakan proses memilih arah aktivitas tempat kerja, menggunakan peninjauan pulang terhadap faktor-faktor yang mensugesti tercapainya tujuan kantor. Perencanaan perkantoran terdiri dari
1). Perencanaan gedung
2). Tata ruang kantor
3). Penerangan/cahaya
4). Ventilasi
5). Perlengkapan alat-alat dan perabotan kantor
6). Anggaran (budgetting) perkantoran
7). Standar kualitas kerja
8). Sistem warta serta telekomuniktasi
b. Pengorganisasian Perkantoran (Office Organizing), adalah pengaturan sejumlah fungsi organisasi dengan fungsi-fungsi meliputi
  • Pembagian tugas serta pekerjaan buat efisiensi dalam organisasi perusahaan 
  • Pemeliharaan hubungan kerja yang baik menggunakan atasan juga menggunakan bawahan
  • Penyediaan peralatan/perlengkapan yg tepat, sinkron dengan jenis pekerjaan buat memudahkan karyawan pada melakukan pekerjaan.
c. Pengarahan Perkantoran (Office Actuating), Pengarahan perkantoran merupakan suatu kegaitan yg menaikkan efektivitas serta efisiensi kerja secara aporisma sinkron menggunakan target serta target yg telah ditentukan dan buat membangun lingkungan kerja yang sehat dan bergerak maju. Pengarahan perkantoran adalah menjadi berikut. 
  • Penggunaan teknik yg efektif pada melakukan pengawasan terhadap bawahan
  • Penggunaan teknik yg efektif dalam memberikan motivasi terhadap bawahan
  • Pemberian bantuan kepada karyawan pada memecahkan kasus waktu karyawan menghadapi kesulitan dalam pekerjaan 
  • Penyatuan visi misi karyawan serta organisasi
  • Perancangan cara komunikasi yang efektif dengan karyawan, untuk komunikasi antara atasan menggunakan bawahan supaya sedianya bisa berjalan lancar. 
  • Penggunaan tolak ukur yang benar serta adil pada anugerah gaji karyawan.
d. Pengawasan Perkantoran (Office Controlling), Pengawasan perkantoran merupakan kegiatan yang mematikan bahwa sasaran dan perencanaan bisa berjalan sesuai menggunakan sasaran yg ingin dicapai. Objek supervisi perkantoran terdiri berdasarkan:
  • Penggunaan peralatan serta perabot kantor
  • Metode-metode dan standarisasi pekerjaan kantor
  • Kualitas pekerjaan kantor 
  • Pelayanan kantor 
  • Waktu
  • Biaya perkantoran
2. Saranan dan Fasilitas Kerja Kantoran
Dari hasil uraian diatas, kantor adalah keseluruhan ruang dalam suatu bangunan yang masih ada aktivitas rapikan bisnis atau kegiatan manajemen maupun berbagai tugas lainnya. Perkantoran terikat menggunakan prasarana misalnya:
a. Lokasi Kantor
Faktor-faktor yg diperhatikan pada penentuan lokasi tempat kerja adalah menjadi berikut..
  • Keamanan 
  • Lingkungan
  • Harga
b. Gedung
Faktor-faktor yang sebagai perhatian pada penentuan gedung merupakan sebagai berikut.. 
  • Gedung menjamin keamanan serta kesehatan karyawan
  • Gedung memiliki fasilitas yang memadai
  • Harga gedung yg kompetitif seimbang dengan biaya dan manfaatnya. 
c. Peralatan
Peralatan digolongkan kedalam dua grup antara lain menjadi berikut..
1). Perabotan kantor (office furniture), contohnya kursi, meja, laci, rak serta sebagainya yang terbuat berdasarkan besi, kayu, juga bahan-bahan lainnya, yang memiliki peranan penting pada kantor.
2). Perbekalan kantor (office suplies), misalnya kertas, penghapus, pena, tinta printer, serta alat-alat habis pakai lainnya.
d. Interior
Interior adalah tatanan perabot atau perangkat yg menunjang pelaksanaan kerja pada ruang kantor, misalnya plafon, penerangan, ventilisais, hiasan kantor dan ventilasi.
e. Mesin-Mesin Kantor
Dalam perencanaan kegiatan tempat kerja memiliki rumus perencanaan mesin yang digunakan sinkron dengan prosedur kerja, metode kerja serta kebutuhan interior.

Karakteristik Administrasi Perkantoran

Karakteristik Administrasi Perkantoran - Administrasi perkantoran mempunyai perbedaan dengan rapikan usaha perkantoran. Terdapat faktor pembeda, mulai berdasarkan jenis kegiatan serta luas lingkup unit kerja sebagai tempat pada pelaksanaan kegiatan. Untuk detail berikut karakteristik/ciri-karakteristik administrasi perkantoran...
a. Bersifat pelayanan (Service) dalam seluruh pihak atau orang
Hal ini bermakna bahwa pekerjaan tempat kerja umumnya merupakan dari pelayanan dan support buat kegiatan organisasi.
b. Merembes dan dilaksanakan oleh seluruh pihak
Hal ini bermakna bahwa pekerjaan kantor berdampak pada unit-unit lain yg selalu hadir serta dilaksankan disetiap organisasi.
c. Hasil akhirnya berupa informasi
Informasi merupakan warta-informasi yang berisi data yg dapat dipercaya pada kepentingan pihak eksklusif. Pihak-pihak yg berkepentingan terhadap informasi yg berada pada tempat kerja lain; pimpinan, pemegang saham, pemerintah, rakyat, serta karyawan organisasi dsb.
d. Bersifat memudahkan
Pekerjaan tempat kerja merupakan alat katalisator yg memiliki beragam aktivitas dari setiap perusahaan dipersatukan.
e. Bersifat pengetikan serta penghitungan
Susunan perkerjaan tempat kerja lebih poly yang terdiri dari pekerjaan mengetik 
f. Dilakukan oleh semua pihak
Pekerjaan kantor tidak selalu dikerjakan dalam satu bagian yang beberapa tempat kerja dikerjakan dalam tiap bagian perusahaan.

Unsur-Unsur Administrasi Perkantoran

Unsur-Unsur Administrasi Perkantoran - Administrasi perkantoran memiliki beberapa unsur-unsur antara lain sebagai berikut...
  • Organisasi, ialah mengelompokkan serta menyusun kerangka kerja, jalinan interaksi kerjasama antara para pekerja dalam suatu wadah buat mencapai tujuan tertentu. 
  • Manajemen, berfungsi pada merencanakan, mengorganisasikan, membina, membimbing, menggerakkan, dan mengawasi sekelompok orang serta mengerahkan segenap fasilitas buat tujuan yg telah ditentukan dapat tercapai menggunakan baik. 
  • Komunikasi, adalah aktivitas yang menyampaikan keterangan, anugerah wangsit, dan gagasan menurut seorang kepada orang lain, yg bersifat timbal balik antara pimpinan dengan pimpinan, pimpinan dengan bawahan, baik secara formal juga yg nonformal. 
  • Informasi adalah kegiatan yang menghimpun, mencatat, memasak, menggandakan, menyebarkan, dan menyimpan banyak sekali berita. 
  • Personalia, ialah aktivitas yg mengatur dan mengolah penggunaan tenaga kerja
  • Keuangan, adalah aktivitas yang mengatur serta mengolah penggunaan asal daya sekaligus yg dipertanggungjawaban penggunaan dana.
  • Perbekalan, adalah kegiatan yang merencanakan, mengurus dan mengatur pada penggunaan peralatan kerja. 
  • Humas, ialah aktivitas yg menciptakan hubungan dan dukungan yang baik menurut lingkungan masyarakat terhadap lebih kurang perusahaan. 

Tujaun Administrasi Perkantoran

Tujuan Administrasi Perkantoran - Umumnya, administrasi perkantoran adalah pekerjaan kantor yang bertujuan menghimpin, mencatat, mengelolah, menggandakan, mengirim serta menyimpan kabar-keterangan yang diperlukan pada aktivitas kantor. Tujuan-tujuan administrasi perkantoran adalah sebagai berikut...
a. Menghimpun, adalah suatu aktivitas-kegiatan yg mencari data, mengusahakan tersedianya segala liputan yang belum ada sebagai akibatnya siap buat digunakan jika diharapkan.
b. Mencatat, ialah aktivitas yg membutuhkan berbagai peralatan tulis liputan sebagai akibatnya terwujud goresan pena yang dapat dibaca, dikirm, dan disimpan.
c. Mengolah, yaitu aktivitas yang mengolah warta menggunakan maksud buat menyajikan dengan bentuk yg lebih berguna
d. Menggandakan, adalah aktivitas yg membicarakan dengan berbagai cara serta indera.
e. Mengirim, ialah aktivitas yang menyampaikan dengan aneka macam cara dan indera yg informasinya terdiri berdasarkan satu pihak kepada pihak yang lainnya.  
f. Menyimpan, merupakan kegiatan yang memberikan fakta dengan sejumalh cara dan alat dalam suatu tempat yang aman.
Demikianlah keterangan tentang Pengertian Administrasi Perkantoran Secara generik beserta ruang lingkupnya . Semoga sahabat-teman bisa mendapat dan bermanfaat bagi kita semua baik itu pengertian administrasi perkantoran, pengertian administrasi perkantoran secara luas, pengertian administrasi perkantoran secara sempit. Sekian dan terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel