PENGERTIAN BIOTIK SECARA UMUM ADALAH

Lingkungan biotik dimana komponen-komponen memiliki fungsi dan peranan yang bermanfaat dan berdampak dalam terjadinya keseimbangan lingkungan. Secara Umum Pengertian Biotik adalah istilah yg dipakai buat menyebut sesuatu yg hidup (organisme). Pengertian Lingkungan Biotik adalah seluruh lingkungan yang terdiri menurut komponen-komponen makhluk hidup pada permukaan bumi. Sedangkan pada Pengertian Komponen Abiotik adalah  komponen lingkungan yang terdiri atas makhluk hayati yang terdapat dibumi misalnya lumut, flora paku, hewan vertebrata, bakteri, ganggang, fungi, tanaman tingkat tinggi, dan hewar invertebrata. 

Komponen-Komponen Biotik - Berdasarkan segi tingkatan trofik atau nutrisi, komponen biotik dalam ekosistem dibedakan atas dua macam. Komponen-komponen biotik merupakan menjadi berikut... 

  1. Komponen Autotrof, Organisme autotrof merupakan organisme uniseluler serta multiseluler yang dapat berfotosintesis. Seperti fitoplankton, tanaman lumut, flora berbiji, ganggang, tanaman paku. Hasil fotosintesis akan menghasilkan karbohidrat serta oksigen (O2). Organisme autotrof adalah penghasil yg primer pada ekosistem. 
  2. Komponen Heterotrof, Organisme heterotrof merupakan organisme yg memanfaatkan bahan organik yg disediakan oleh organisme lain menjadi bahan makanan. Organisme heterotrof terdiri atas herbivor menjadi konsumen primer (I), karnivor memakan herbivor sebagai konsumen sekunder (II), karnivor memakan karnivor menjadi konsumen tersier (III), dekomposer dan detritivor. Dekomposer merupakan mikroorganisme yg menguraikan zat organik dari hasil sisa tumbuhan atau fauna (detritus), misalnya selulosa atau kitin, menjadi zat yang lebih sederhana. Contohnya dekomposer merupakan bakteri serta jamur. Nutrien anorganik output penguraian dilepaskan ke ekosistem (proses mineralisasi) yg lalu dipakai balik oleh produsen. Organisme heterotrof jua dikelompokkan menjadi parasit serta detritivor. Parasit hayati di luar atau pada dalam tubuh inang yg masih hayati, misalnya kutu yang hayati di ketua insan. Detritivor hidup dengan cara memakan serpihan tumbuhan atau fauna yang sudah meninggal, misalnya pada rayap, cacing tanah dan fauna kaki seribu (keluwing). 

Komponen biotik dari peran serta fungsi dibedakan menjadi tiga macam. Komponen-Komponen Biotik merupakan sebagai berikut... 
  • Produsen : penghasil adalah makhluk hidup yang sanggup membarui zat anorganik sebagai zat organik (organisme autotrof) yang digunakan buat membentuk kuliner sendiri melalui proses fotosintesis. Contoh pembuat merupakan tanaman hijau, lumut, alga. 
  • Konsumen :  Konsumen merupakan makhluk hidup yang nir bisa membentuk makanan, sehingga bergantung dalam organisme yang lain, baik itu organisme heterotrof juga autotrof.  
  • Dekomposer : Dekomposer merupakan organisme yg menguraikan bahan organik menjadi bahan anorganik yg kemudian dipakai sang pembuat. Dekomposer dianggap pula detritivor atau pemakan bangkai. Contoh Dekomposer adalah bakteri pembusuk serta jamur. 
Demikianlah informasi mengenai Pengertian Biotik Secara Umum. Semoga sahabat-teman dapat mendapat serta berguna bagi kita semua. Sekian serta terima kasih. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel