PENGERTIAN PENDIDIKAN SECARA UMUM ADALAH

Secara umum Pengertian Pendidikan adalah menjadi bisnis sadar serta berkala buat mewujudkan suasana belajar serta proses pembelajaran buat siswa secara aktif menyebarkan potensi dirinya buat memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diharapkan dirinya serta masyarakat. Pendidikan bisa diartikan menjadi usaha sadar serta sistematis buat mencapai taraf hayati atau  buat kemajuan lebih baik. Secara sederhana, Pengertian pendidikan adalah proses pembelajaran bagi siswa buat dapat mengerti, paham, serta menciptakan insan lebih kritis pada berpikir.
Secara Etimologi atau dari-usul, kata pendidikan pada bahasa inggris diklaim menggunakan education, dalam bahasa latin pendidikan disebut dengan educatum yang tersusun menurut dua istilah yaitu E serta Duco dimana istilah E berarti sebuah perkembangan menurut pada ke luar atau berdasarkan sedikit poly, sedangkan Duco berarti erkembangan atau sedang berkembang. Jadi, Secara Etimologi pengertian pendidikan adalah proses mengembangkan kemampuan diri sendiri serta kekuatan individu.  Sedangkan menurut Kamus Bahasa Indonesia, pendidikanadalah proses pengubahan sikap serta tata laku seseorang atau kelompok orang dalam usaha mendewasakan manusia melalui upaya pengajaran serta pelatihan.
Pendidikan dapat diperoleh baik secara formal serta non formal. Pendidikan secara formal diperoleh dengan mengikuti program-program yang telah direncanakan, terstruktur oleh suatu insititusi, departemen atau kementtrian suatu negara. Sedangkan pendidikan non formal adalah pengetahuan yang diperoleh dari kehidupan sehari-hari dari berbagai pengalaman baik yang dialami atau dipelajari dari orang lain.

Pengertian Pendidikan Menurut Para Ahli 

  • Ki Hajar Dewantara (Bapak Pendidikan Nasional Indonesia): Menurut Ki Hajar Dewantara bahwa pengertian pendidikan adalah tuntutan di dalam hidup tumbuhnya anak-anak, adapun maksudnya, pendidikan yaitu menuntun segala kekuatan kodrat yang ada pada anak-anak itu, agar mereka sebagai manusia serta sebagai anggota masyarakat dapatlah mencapai keselamatan serta kebahagiaan setinggi-tingginya.
  • Ahmad D. Marimba: Pengertian pendidikan menurut Ahmad D. Marimba adalah bimbingan atau bimbingan secara sadar oleh pendidik terdapat perkembangan jasmani serta rohani terdidik menuju terbentuknya keperibadian yang utama.
  • H.H.horne: Pengertian pendidikan dari Horne bahwa pendidikan adalah indera dimana gerombolan sosial melanjutkan keberadaannya dalam mempengaruhi diri sendiri dan menjaga idealismenya. 
  • Martinus Jan Langeveld: Pengertian pendidikan menurut Martinus Jan Langeveld bahwa pengertian pendidikan merupakan upaya menolong anak buat dapat melakukan tugas hidupnya secara mandiri agar bisa bertanggung jawab secara susila. Pendidikan adalah bisnis insan dewasa pada membimbing manusia yang belum dewasa menuju kedewasaan. 
  • Gunning serta Kohnstamm: Pengertian pendidikan menurut Gunning serta Kohnstamm adalah proses pembentukan hati nurani. Sebuah pembentukan serta penentuan diri secara etis yang sesuai dengan hati nurani.
  • Stella Van Petten Henderson: Menurut Stella Van Petten Henderson bahwa pendidikan adalah kombinasi pertumbuhan, perkembangan diri serta warisan sosial. 
  • Carter. V.good: Pengertian pendidikan menurut Carter V. Good bahwa pendidikan adalah proses perkembangan kecakapan individu dalam sikap serta perilaku bermasyarakat. Proses sosial dimana seseorang dipengaruhi oleh suatu lingkungan yang terorganisir, seperti rumah atau sekolah, sehingga dapat mencapai perkembangan diri serta kecakapan sosial. 
  • Menurut UU No. 20 Tahun 2003: Pengertian pendidikan berdasarkan UU No.20 Tahun 2003 adalah usaha sadar serta terencana untuk mewujudkan suasana belajar serta proses pembelajaran agar pesertadidik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa, serta negara.  

Tujuan Pendidikan 

Berdasarkan UU No. 2 Tahun 1985 yang berbunyi bahwa tujuan pendidikan yaitu mencerdaskan kehidupan bangsadan mengembangkan manusia yang seutuhnya yaitu yang beriman serta bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta berbudi pekerti luhur, memiliki pengetahuan serta keterampilan, kesehatan jasmani serta rohani, kepribadian yang mantap serta mandiri serta rasa tanggung jawab kemasyarakatan bangsa.
Berdasarkan MPRS No. 2 Tahun 1960 bahwa tujuan pendidikan adalah membentuk pancasilais sejati berdasarkan ketentuan-ketentuan yang dikehendaki oleh pembukaan UUD 1945 serta isi UUD 945.
Berdasarkan UU. No.20 Tahun 2003 mengenai Sistem Pendidikan Nasional dalam pasal 3, bahwa tujuan pendidikan nasional adalah mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman serta bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, serta menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.
Demikianlah informasi mengenai Pengertian Pendidikan Secara umum Semoga teman-teman dapat menerima serta bermanfaat bagi kita semua baik itu pengertian pendidikan, pengertian pendidikan menurut para ahli, tujuan pendidikan. Sekian serta terima kasih. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel