PENGERTIAN SENI RUPA SECARA UMUM

Pengertian Seni Rupa Secara Umum, Pengertian Seni Rupa merupakan cabang seni yg membentuk karya seni dengan media yang ditangkap sang mata dan dirasakan menggunakan  rabaan. Seni rupa pula diartikan sebagai output ciptaan kualitas, hasil, aktualisasi diri, atau alam estetika atau segala hal yang melebihi keasliannya dan pembagian terstruktur mengenai objek-objek terhadap kriteria tertentu yang diciptakan sebagai suatu struktur sehingga bisa dinikmati menggunakan indera mata serta peraba.
Unsur-Unsur Seni Rupa - Seni rupa dibangun dari beberapa unsur yang saling menciptakan suatu kesatuan padu sehingga dapat dinikmati secara utuh. Unsur-unsur seni rupa adalah unsur yg dipakai untukmewujudkan sebuah karya seni rupa. Unsur-unsur seni rupa yaitu sebagai berikut... 
1. Titik, adalah unsur seni rupa yg paling dasar yang melahirkan suatu wujud berdasarkan ilham-ide atau gagasan yg melahirkan garis, bentuk, atau bidang. Teknik lukisan yg memakai kombinasi berdasarkan banyak sekali variasi ukuran dan warna titik dikenal dengan sebutan Pointilisme.
2. Garis, adalah unsur seni rupa sebagai output menurut penggambungan unsur titik. Berdasarkan jenisnya, garis dibedakan menurut garis lurus, panjang, lengkung, pendek, vertikal, horizontal, diagonal, berombak, patah-patah, siral, putus-putus serta lain-lain. Macam-macam garis tersebut akan menyebabkan kesan-kesan eksklusif seperti garis lurus berkesan tegak dan keras, garis patah-patah terkesan kaku, garis lengkung berkesan lembut dan lentur, dan garis spiral berkesan lentur. Selain itu, garis jua memberikan kesan tabiat sehingga dapat dipakai menjadi perlambaan contohnya.. 
  • Garis tegak melambangkan keagungan, kestabilan. 
  • Garis halus, melengkung-melengkung berirama mengesankan kelembutan kewanitaan. 
  • Garis miring, melambangkan akan kegoncangan, mobilitas, nir stabil. 
  • Garis tegas, bertenaga, terpatah-patah mengesankan atau melangmbangkan kekuasaan.
Sedangkan, berdasarkan wujud garisnya yaitu sebagai berikut..
  • Garis nyata, ialah garis yg didapatkan menurut coretan atau gesekan lengkung. 
  • Garis semu, yaitu garis yg ada karena terdapat kesan balance pada bidang, warna atau ruang. 
3. Bidang, merupakan pengembangan garis yang membatasi suatu bentuk sebagai akibatnya bisa membentuk bidang yang melingkupi berdasarkan beberapa sisi. Bidang mempunyai sisi panjang, dan lebar menggunakan mempunyai berukuran.
4. Bentuk, adalah unsur seni rupa menurut campuran banyak sekali bidang. Bentuk dikelompokkan pada 2 macam yaitu sebagai berikut..
a. Bentuk Geografis, artinya bentuk yg masih ada ilmu ukur seperti
  • Bentuk kubistis, misalnya kubus dan balok 
  • Bentuk silindris, contohnya tabung, bola dan kerucut. 
b. Bentuk Nongeometris, merupakan bentuk yang meniru bentuk alam, misalnya hewan, insan serta tumbuhan.
5. Ruang, merupakan unsur seni rupa menggunakan 2 sifat. Dalam seni rupa dua dimensi, ruang besifat semu sedangkan pada seni rupa 3 dimensi, ruang bersifat nyata. Ruang juga digolongkan menjadi 2 yaitu Ruang dalam bentuk nyata, seperti ruangan kamar, ruangan patung. Ruangan dalam bentuk khayalan (delusi) misalnya ruangan yg terkesan berdasarkan lukisan.
6. Warna, adalah unsur seni rupa yang menimbulkan kesan dari pantulan cahaya pada mata. Warna dikelompokkan dalam beberapa macam yaitu menjadi berikut..
  • Warna Primer, merupakan warna dasar yg tidak diperoleh dari adonan warna lain. Warna primer terdiri menurut warna merah, kuning dan biru.
  • Warna Sekunder, merupakan rona yg dapatkan menurut campuran dua rona utama pada takaran eksklusif.
  • Warna Tersier, merupakan warna yg dihasilkan berdasarkan pencampuran rona sekunder
  • Warna Analogus, merupakan kumpulan warna yang letaknya berdampingan dalam satu bulat warna atau berdekatan, misalnya formasi warna hijau ke warna kuning.
  • Warna  Komplementer, merupakan warna yang paradoksal serta letaknya bersebrangan yg dibentuk pada satu bulat rona, misalnya warna merah menggunakan hijau, warna kuning menggunakan rona ungu.
7. Tekstur, adalah sifat serta keadaan suatu bagian atas bidang atau bagian atas benda pada sebuah karya seni rupa. Setiap benda memiliki sifat permukaan yg tidak selaras. Tekstur bisa dibedakan sebagai tekstur konkret serta tekstur semu. Tekstur nyata merupakan nilai raba yg sama antara penglihatan serta rabaan. Sedangkan teksur semu merupakan kesan yg tidak sama antara penglihatan serta perabaan.
8. Gelap Terang, merupakan unsur yg bergantung dari intensitas cahaya. Semakin besar intensitassuatu cahaya maka semakin jelas, sedangkan semakin kecil intensitas cahaya, maka akan semakin gelap. Dalam karya seni rupa 2 dimensi, unsur gelap terperinci dibentuk dari gradiensi serta pemilihan rona yg terdapat.

Fungsi Seni Rupa

1. Fungsi Individu 
a. Fungsi pemenuhan kebutuhan fiisk 
Pada dasarnya, manusia merupakan makhluk homofaber yang memiliki kecakapan buat apresiasi dalam estetika dan pemakaian benda-benda. Seni terapan memang mengacu kepada pemuasan kebutuhan fisik sehingga menurut segi kenyamanan menjadi hal yg krusial. Sebagai model seni bangunan, seni furniture, seni sandang/textile, seni kerajinan, dll. 
b. Fungsi pemenuhan kebutuhan emosional
Setiap orang mempunyai sifat yg berbeda-beda dengan insan lain. Pengalaman menurut setiap orang sangatlahberbedauntuk mempengaruhisisi emosional atau perasaannya. Contohnya perasaan murung , gembira, letif-lelah, kasihan, cinta, benci, dll. Manusia bisa merasakan semua itu karena di dirinya masih ada dorongan emosional lantaran adalah situasi kejiwaan dalam setiap manusia normal. Untuk memenuhi kebutuhan emosional manusia memerlukan dorongan menurut luar dirinya yg sifatnya menyenangkan, memuaskan kebutuhan batinnya. Contohnya mengalami keletihan sehingga membutuhkan rekreasi seperti teater, menonton biskop, konsert, pameran seni dll. 
2. Fungsi Sosial 
a. Fungsi Sosial Seni dibidang Rekreasi 
Banyak aktivitas seorang menciptakan mereka merasakan kejenuhan sebagai akibatnya orang tadi memerlukan penyebaran misalnya berlipur ke loka rekreasi objek wisata (rekreasi alam). Dan Seni rupa jua sebagai benda rekreasi seperti seni teater, pameran lukisan, pagelaran musik, dan pameran bonsai. Arti seni benda rekreasi merupakan seni yg membentuk syarat bersifat penyebaran serta pembaharuan kondisi yang sudah ada.
b. Fungsi Sosial Seni bidang Komunikasi  
Setiap manusia niscaya berkomunikasi menggunakan bahasa lantaran adalah sarana komunikasi paling efektif bisa menggunakan gampang dimengerti. Tetapi bahasa memiliki keterbatasan karena tidak semua bahasa dapat dimengerti semua orang didunia ini lantaran bahasa setiap negara bhineka, maka berdasarkan itu diharapkan bahasa universal yang digunakan buat berkomunikasi pada semua global ini. Berdasarkan pernyataan tersebut, seni diyakini bisa berperan sebagai bahasa universal. Misalnya affandi yg berkomunikasi ke seluruh dunia menggunakan lukisannya, Shakespare berkomunikasi menggunakan puisi-puisinya. Berdasarkan berdasarkan model nyata tadi, seni bisa menembus batasan-batasan lisan, juga perbedaan lahiriah setiap orang. 
c. Fungsi Sosial di bidang Pendidikan 
Dalam arti luas, pendidikan adalah suatu syarat yang bertransformasi yang mengakitkan kondisi tertentu menjadi lebih maju. Seni dapat menaruh pendidikan lantaran berdasarkan setiap pertunjukan seni masih ada makna  yg disampaikan.  Seni bermanfaat untuk membimbing dan mendidik mental serta tingkahlaku seorang berubah sebagai kondisi yg lebih maju berdasarkan sebelumnya. Dari ha ini, bahwa seni menumbuhkan pengalaman estetika serta etika. 
d. Fungsi Sosial Seni dibidang Rohani 
Menurut Kar Barth bahwa estetika bersumber menurut Tuhan. Agama merupakan galat satu sumber insiperasi seni yg berfungsi buat kepentingan keagamaan. Pengalaman-pengalaman religi mendeskripsikan bentuk nilai estetika.

Tidak hanya itu fungsi nya seni bisa dicermati dibawah ini..
  • Memuaskan batin seniman penciptanya atau menaruh kepuasan tersendiri 
  • Memberikan keindahan yang dinikmati secara luas berdasarkan evaluasi yang berbeda. 
  • Menyampaikan nilai-nilai budaya serta ekspresi seniman 
  • Sebagai benda kebutuhan sehari-hari atau benda mudah 
  • Sebagai media atau alat buat mengenang suatu insiden eksklusif 
  • Sebagai wahana ritual keagamaan.

Macam-Macam Seni Rupa  

Macam-Macam seni dikelomokkan menurut wujud, massa dan kegunaannya yaitu sebagai berikut.. 
1. Macam-Macam Seni Rupa Berdasarkan Wujudnya 
  • Seni Rupa Dua Dimensi, adalah seni rupa dengan karya 2 berukuran, yaitu panjang dan lebar. Seni rupa dua dimensi hanya bisa dipandang menurut satu arah yaitu dari arah depan. Contoh seni rupa dua dimensi adalah seni lukis, seni batik, sketsa, serta seni gambaran. 
  • Seni Rupa Tiga Dimensi, adalah seni rupa yg yang memiliki 3 berukuran panjang, lebar serta tinggi atau tebal (memiliki volume). Hasil dari karya seni bisa dinikmati atau dihayati berdasarkan sembarang arah pandang. Contoh seni rupa tiga dimensi adalah seni kriya, seni taman, seni bangunan, dekorasi serta lain-lain. 
2. Macam-Macam Seni Rupa Berdasarkan Massanya 
  • Seni Rupa Tradisional, adalah seni rupa yg dibentuk menggunakan pola, aturan, atau pakem eksklusif sebagai panduan pada berkarya seni dan dibentuk berulang-ulang tanpa merubah bentuk aslinya. Aturan-aturan generik terkait dengan penciptaan bentuk, ola, corak, penggunaan rona, bahan serta ukuran, Aspek-aspek berkarya seni seni rupa tradisional misalnya masih dipertahankan secara turun-temurun, dari generasi ke generasi hingga sekarang. Sehingga seni rupa bersifat tidak aktif, semenjak dulu hingga sekarang bentuk serta coraknya tidak mengalami perubahan. 
  • Seni Rupa Modern, adalah karya seni yang ditandai menggunakan keluarnya kreativitas untuk mencitakan hal yg baru yg belum pernah ada sebelumnya. Unsur kebaharuan sebagai sangat krusial dan harus ada buat menaruh karya seni rupa terkini yang mengutamakan aspek kreativitas dalam berkarya sebagai akibatnya tercipta suatu karya yg baru. Sehingga seni rupa modern bersifat lebih individualis. Contoh seni rupa terbaru berupa lukisan, grafis, patung dan kriya. 
  • Seni Rupa Kontemporer, merupakan karya seni yang pemunculannya ditentukan sang saat dimana karya seni tersebut diciptakan. Seni rupa pada masa ini bersifat kekinian serta temporer yg diangkat dari seni rupa pada masa ini tentang situasi serta syarat saat karya tadi diciptakan yang biasa buat aktualisasi diri pribadi seniman dan membicarakan daya fantasi, imajinasi, juga menggunakan cita-cita asa yg dikaitkan tentang situasi dan kondisi kapan karya tersebut diciptakan. 
3. Macam-Macam Seni Rupa Berdasarkan Fungsinya
  • Seni Rupa Terapan, merupakan seni rupa yang dihadirkan menurut tujuan simpel. Karya yg digunakan dari benda-benda menggunakan kebutuhan sehari-hari rakyat, misalnya senjata, poster, keramik, rumah serta lain-lain.
  • Seni Rupa Murni adalah karya seni rupa yang diciptakan bukan buat tujuan dipakai melainkan untuk mengungkapkan pandangan baru dari penciptanya serta hanya mengutamakan nilai estetika. Seni rupa terapan, bebas buat semua orang dalam menyampaikan impian, harapan, virtual, khayalan pada karya seninya. 
Demikianlah fakta tentang Seni Rupa: Pengertian Seni Rupa, Unsur, Macam & Fungsi. Semoga teman-sahabat bisa mendapat serta berguna bagi kita seluruh baik itu pengertian seni rupa, unsur-unsur seni rupa,fungsi seni rupa, macam-macam seni rupa. Sekian dan terima kasih. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel