PENGERTIAN BIOTEKNOLOGI SECARA UMUM ADALAH

Pengertian Bioteknologi Secara Umum, adalah pelaksanaan organisme atau bagian tubuh organisme ke dalam teknologi buat menghasilkan sesuatu yg berguna.  Pemanfaatan organisme atau komponen sbuselulernya dilakukan denga terarah dan terkontrol untuk melibatkan multidisiplin serta aplikasi yg terpadu menggunakan mikrobiologi, biokimia, biologi sel, fisiologi, genetika molekuler, serta teknik kimia. 

Sebagian dari keberhasilan bioteknologi yg menarik perhatian rakyat adalah rekayasa genetika. Rekayasa genetika merupakan bagian berdasarkan bioteknologi terkini yg ditemukan sang watson serta crik tahun 1953 menurut model utas ganda DNA. Sebelumnya warga sudah mengetahui bioteknologi tradisional. Bioteknologi tradisional yaitu diterapkan dengan pembuatan minuman anggur serta keju menggunakan menggunakan mikroba, pemulihan tanaman pangan, atau perkawinan silang dalam fauna.

Pengertian Bioteknologi Menurut Para Ahli

  • Perhimpunan Kimia Murni serta Terapan: Menurutnya, pengertian bioteknologi merupakan penerapan bikimia, hayati, mikrobiologi serta rekayasa kimia pada proses industri, pembuatan produk baik itu pelayanan kesehatan, energi dan pertanian dan pada lingkungan. 
  • OECD (Organization for Economic Cooperation and Development): Pengertian bioteknologi berdasarkan OECD adalah suatu penerapan prinsip ilmiah serta rekayasa pengolahan bahan oleh agen biologi buat menyediakan barang dan jasa. 

Prinsip Dasar Bioteknologi - Bioteknologi dikembangkan berdasarkan segala bidang yang memanfaatkan kemampuan berdasarkan mikroorganisme atau bagian-bagiannya. Objek kajiannya yg luas dengan perkembangan sedikit demi sedikit sinkron perkembangan ilmu serta teknologi serta mempertinggi kebutuhan insan. Sebenarnya, prinsip-prinsip bioteknologi telah diterapkan sang warga Indonesia semenjak ratusan tahun yg lalu, bahkan 6.000 tahun sebelu masehi oleh rakyat Babilonia. Masyarakat Babilonia diwaktu itu sudah membuat kuliner dan minuman secara fermentasi. Contoh-model bioteknologi tradisional yaitu pembuatan tempe, tape, kecap, oncom atau pembuatan minuman tuak yang tahan usang sang nenek moyang kita. Ada tiga karakteristik utama dalam bioteknologi tradisional antara lain menjadi berikut... 
  • Terdapat mikroorganisme dengan karakteristik eksklusif serta bisa memproduksi enzim yang berperan menjadi biokatalisator
  • Adanya peropde atau prosedur eksklusif buat mendayagunakan mikroorganisme (menjadi gen) secara teknologi. 
  • Diperolehnya produk yg memiliki nilai tambah serta berguna khususnya kepentingan manusia, baik yang berupa pangan (makanan dan minuman), obat-obatan, reproduksi, pemecahan perkara sampah, serta produk-produk lain,
Dalam dau dasa warsa belakangan ini sudah terjadi beberapa peristiwa penting dalam mendorong kemajuan menurut bioteknologi terkini diantaranya menjadi berikut... 
1. Harga bahan bakar fosil seperti bensin, minyak tanah, dan solar) yang semakin tinggi drastis. 
2. Pemakaian enzim ligase dan endonulease yg bisa memotong DNA serta menyambungkan pulang sehingga membuat rekombinan baru buat memanipulasi gen secara buatan. 
3. Penemuan oleh Kohler dan Milstein (1975) yg menghasilkan antibodi monoklonal menurut memfusikan limfosit, mieloma, dan sel tumor. 

Ketiga peristiwa tersebut menaruh imbas akbar bagi kemajuan bioteknologi pada masa ini. Ada tiga tujuan utama dalam penelitian bioteknologi ketika ini diantaranya menjadi berikut... 
  • Menemukan karakteristik-ciri khusus; memodifikasi; mengontrol hasil-hasil genetis, biokimia dan proses jangkauan yang luas terhadap organisme, baik yang hidup pada darat maupun yg dilaut buat pelaksanaan bioteknologi. 
  • Menggunakan alat-alat bioteknologi terbaru dalam masalah pertanian, lingkungan, serta pabrik untuk membantu pengembangna produk baru dan pemugaran produk, proses, dan metode pengujian. 
  • Memberikan dorongan serta menambah fasilitas, tempat penyimpanan (gudang), serta data base.
Seperti penjelasan diatas bahwa terdapat bioteknologi tradisional serta bioteknologi terbaru. Pengertian berdasarkan ke 2 jenis bioteknologi ini adalah sebagai berikut...
  • Bioteknologi Tradisional: Pengertian bioteknologi tradisional adalah bioteknologi yang sifatnya sederhana menggunakan menggunakan jasad renik (mikroba) alami di awal penggunaannya menggunakan bersifat kemungkinan tanpa berdasar ilmiah.  
  • Bioteknologi Modern: Pengertian bioteknologi terbaru merupakan bioteknologi organismedengan output rekayasa genetika melalui perlakukan yg mengganti landasan penetu kemampuan hayati, dengan mengganti tatanan gen yang menentukan sifat spesifik dai suatu organisme, sebagai akibatnya berlangsung dengan efisien serta efektif. 
Demikianlah warta mengenai Pengertian Bioteknologi: Apa itu Bioteknologi ?... Semoga teman-teman bisa mendapat dan bermanfaat bagi kita semua. Sekian serta terima kasih. Salam Berbagi Teman-Teman.
Referensi
  • Muhammad Djumhana, 1995. Hukum Dalam Perkembangan Bioteknologi. Penerbit PT Citra Aditya Bakti : Bandung.
  • Aryulina, Diah; Choirul Muslim, Syalfinaf Manaf, Endang Widi Winarni (2007). Biologi tiga SMA serta MA Untuk Kelas XII. Jakarta: Esis/Erlangga

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel