PENGERTIAN PROTEIN SECARA UMUM ADALAH

Seperti tema diatas kali ini yang saya akan bahas adalah pengertian, jenis, fungsi, dan asal protein. Secara generik protein adalah zat yg berguna bagi tubuh kita. Akan tetapi tahukah anda apa itu pengertian protein ?.. Pengertian Protein berdasarkan definisi para pakar mengatakan bahwa pengertian protein adalah senyawa kimia yang mengandung unsur karbon (C), hidrogen (H), oksigen (O), nitrogen (N), dan kadang-kadang belerang (s) atau fosfor (P). Protein terutama berfungsi sebagai lahan pembangun tubuh, yaitu buat membentuk sel-sel baru serta memperbaiki sel-sel yang rusak. Kebutuhan protein orang dewasa setiap hari sebesar satu gr protein buat setiap kilogram berat badan.  Anak-anak, bunda hamil, dan orang yang baru sembuh dari sakit membutuhkan protein lebih banyak. 

Fungsi Protein
Fungsi protein pada umumnya, protein berfungsi sebagai zat pembangun tubuh dan pelindung tubuh, pendorong metabolisme dan penyokong organ tubuh dalam aneka macam aktivitasnya, nir hanya itu saja, ada poly fungsi protein selain itu yang bisa dicermati dibawah ini.
  • Membantu serta mendorong pertumbuhan serta memelihara susunan/struktur tubuh menurut sel, jaringan hingga ke organ-organ tubuh. 
  • Protein menjadi asal karbohidrat. 
  • Membantu tubuh pada melawan, menghancurkan serta menetralkan zat-zat berdasarkan luar atau asing yang masuk pada dalam tubuh. 
  • Protein berfungsi menjadi penyediaan tenaga bagi tubuh.
  • Protein berfungsi menjadi asupan diet serta rendah gula. 
  • Memelihara dan menjaga keseimbangan asam basa serta cairan tubuh karna protein pula berfungsi menjadi buffer (hambatan). 
  • Mengatur serta menjalankan metabolisme tubuh karna protein sebagai enzim merupakan protein mengaktifkan serta masuk kedalam reaksi kimia.
  • Protein pula berfungsi menjadi biokatalisator 
  • Protein adalah bahan pada sintesis substansi krusial misalnya halnya hormon, enzim, antibodi dan kromosom. 

Jenis-Jenis Protein
Dalam jenis atau macam-macam protein terbagai atas 3 bagian diantaranya.. 
a. Jenis Protein Berdasarkan Fungsinya 
Protein terdiri atas 3 macam atau jenis berdasarkan Fungsinya antara lain sebagai berikut..
  • Protein Sempurna : protein paripurna merupakan protein yg didalamnya terkandung asam amino yg lengkap. Contohnya kasein dalam susu dan albumin pada putih telur. Protein paripurna pada umumnya terdapat pada protein fauna. 
  • Protein Kurang Sempurna : protein kurang sempurna adalah protein yg asam aminonya lengkap tetapi jumlah dari beberapa asam amino sedikit. Protein kurang sempurna tidak sanggup mencukupi pertumbuhan, tetapi protein kurang sempurna ini dapat mempertahankan jaringan yg sudah ada. Contohnya protein pada lagumin yg terdapat pada kacang-kacangan serta giladin pada terigu. 
  • Protein Tidak Sempurna : protein nir sempurna merupakan protein yang kurang atau tidak mempunyai asam amino esensial. Protein tidak sempurna tidak sanggup mencukupi pertumbuhan serta mempertahankan yang telah ada sebelumnya. Contohnya, Zein yang terdapat dalam jagung, dan beberapa protein yang terdapat dalam tumbuhan. 
b. Jenis Protein Berdasarkan Komponen-Komponen Penyusunnya
Jenis-jenis protein dari komponen-komponen penyusunnya terbagi atas tiga antara lain.
  • Protein Sederhana (Simple Protein) : protein sederhana adalah protein menurut output hidrolisa, total protein ini adalah campuran atas berbagai macam asam amino. 
  • Protein Kompleks (Complex Protein) : protein kompleks adalah protein dari hasil hidrolisa total protein jenis ini yang terdiri menurut aneka macam macam asam amino selain itu jua tedapat komponen-komponen yg lain seperti unsur logam, perpaduan phospat. Dll Contohnya hemoglobin, lipoprotein, glikoprotein serta masih banyak lagi). 
  • Protein Derivat (Protein derivative) : protein derivat merupakan protein yang merupakan ikatan antara (intermediate product) yang adalah hasil berdasarkan hidrolisa parsial yang berasal menurut protein native. Contohnya albumosa, peptone dan masih poly lagi.
c. Jenis Protein Berdasarkan Sumber Protein
Protein dibedakan sebagai protein nabati serta protein hewani. 
  • Protein Nabati : Protein botani merupakan protein yg berasal dari tumbuh-tumbuhan. Contohnya, kedelai, kacang-kacangan, memahami, serta tempe. 
  • Protein Hewani : Protein botani merupakan protein yang asal berdasarkan fauna. Contohnya, daging, susu, keju, telur serta ikan. 
Sekian artikel tentang penjelasan secara generik pengertian protein bersama keterangan, Jenis, dan Fungsi Protein semoga berguna .

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel