PENGERTIAN SEJARAH SECARA UMUM ADALAH

Kembali lagi kali ini aku akan membagikan artikel mengenai pengertian sejarah baik secara generik maupun pengertian sejarah menurut para ahli. Langsung saja, Secara Umum Pengertian Sejarah adalah peristiwa yg terjadi pada masa lampau yg disusun dari peninggalan-peninggalan aneka macam peristiwa. Peninggalan-peninggalan tersebut adalah asal sejarah. Sejarah bisa jua diartikan sebagai cabang ilmu yang mengkaj secara sistematis keseluruhan perkembangan proses perubahan serta dinamika kehidupan warga dengan segala aspek kehidupannya yg terjadi di masa lampau.
Pengertian Sejarah Menurut Bahasa
Pengertian sejarah dari bahasa terbagi dua yaitu pengertian sejarah pada arti sempit serta dalam arti luas. Dalam arti sempit, pengertian sejarah merupakan peristiwa atau peristiwa. Sedangkan pengertian sejarah pada arti luas adalah suatu insiden manusia yg memiliki akar dalam realisasi diri dengan kebebasan dan keputusan daya rohani. Dalam bahasa Indonesia, sejarah memiliki tiga arti yaitu sejarah merupakan silsilah atau asal usul, sejarah adalah peristiwa atau insiden yang benar-benar terjadi di masa lampau dan sejarah merupakan ilmu pengetahuan serta cerita.
Pengertian Sejarah Menurut Istilah 
  • Dalam bahasa Inggris, kata Sejarah dari menurut istilah Historia yang berarti masa lampau; masa lampau umat Manusia. 
  • Dalam bahasa Arab sejarah diklaim dengan sajaratun (syajaroh) yg berarti pohon serta keturunan, maksudnya disaat kita membaca silsilah raja-raja akan tampak pohon dari yg terkecil hingga berkembang menjadi besar , maka hal tadi sejarah diartikan sebagai silsilah keturunan raja-raja yang berarti insiden pemerintahan famili raja pada masa lampau. 
  • Dalam bahasa Yunani, kata sejarah dianggap dengan istoria yang berarti belajar. Sehingga arti sejarah adalah ilmu pengetahuan yg mempelajari segala peristiwa, insiden yang terjadi pada masa lampau pada kehidupan umat insan. 
  • Dalam bahasa Jerman, kata sejarha diklaim menggunakan geschichte yang berarti sesuatu yang telah terjadi, sesuatu yg telah terjadi di masa lampau kehidupan umat Manusia.

Pengertian Sejarah Menurut Para Ahli 

  • Ibnu Khaldun: Menurut Ibnu Khaldun yang mendefinisikan sejarah menjadi catatan tentang warga umat insan atau peradaban dunia, tentang perubahan-perubahan yg terjadi pada watak warga itu.
  • R.mohammad Ali: Pengertian sejarah berdasarkan R.mohammad Ali adalah holistik perubahan serta kejadian-insiden yang benar-benar telah terjadia atau ilmu yg menyelidiki perubahan-perubahan yang benar-sahih terjadi pada masa lampau. 
  • Moh. Yamin, SH: Sejarah dari Moh. Yamin, SH adalah suatu ilmu pengetahuan yg disusun atas hasil penyelidikan beberapa peristiwa yang dapat dibuktikan menggunakan bahan kenyataan
  • Roeslan Abdulgani: Pengertian sejarah menurut Roeslan Abdulgani adalah ilmu yang meneliti serta mengusut secara sistematis keseluruhan perkembangan masyarakat dan kemanusiaan di masa lampau beserta insiden-kejadiannya; menggunakan masuks buat menilai secara kritis semua output penelitiannya, buat dijadikan perbendaharaan-panduan bagi evaluasi dan penentuan keadaan masa sekarang serta arah progres di masa depan. 
  • Patrick Gardiner: Pengertian sejarah berdasarkan Patrick Gardiner adalah ilmu yang mempelajari apa yang sudah diperbuat sang manusia. 
  • J.V.bryce: Menurut J.V. Bryce bahwa pengertian sejarah adalah catatan dari apa yg telah dipikirkan, dikatakan, dan diperbuat oleh insan. 
  • Thomas Carlyle: Pengertian sejarah menurut Thomas Carlyle merupakan peristia masa lampau yg mempelajari biografi orang-orang yang dikenal. Mereka, adalah penyelamat pada zamannya. Mereka adalah orang-rang besar yang pernah dicatat sebagai peletak dasar sejarah.  
  • W.H.walsh: Pengertian sejarah dari W.H.walsh adalah pencatatan yang berarti serta penting bagi manusia. Catatan tersebut mencakup tindakan-tindakan dan pengalaman-pengalaman insan pada masa lampau dalam hal-hal yang penting sebagai akibatnya merupakan cerita yang berarti. 

Ruang Lingkup Sejarah 

Ruang lingkup sejarah merupakan pemahaman yg menjadi sejarah sebagai ilmu pengetahuan. Ruang lingkup sejarah mencakup konsep sejarah, unsur sejarah, dan hubungan sejarah menggunakan ilmu. Berikut penerangan ruang lingkup sejarah...
a. Konsep Sejarah - Konsep merupakan suatu wujud kemampuan logika pada menciptakan citra baru yang sifatnya abstrak (tidak nyata) berdasarkan data atau suatu kajian.
  • Sejarah menjadi insiden, merupakan insiden, fenomena (realita), aktualitas sejarah yang telah terjadi atau berlangsung di masa lalu. Sejarah mengandung kejadian yang terladi atau berlangsung di masa lalu. 
  • Sejarah menjadi kisah, adalah suatu rangkaian cerita yg berupa narasi yg disusun menurut ingatan, tafsiran, manusia atau kesan. 
  • Sejarah sebagai ilmu, mempelajari kenyataan dengan mengadakan penelitian serta pengkajian tentang insiden cerita sejarah. Sejarah menjadi ilmu pengetahuan terdapat beberapa syarat ilmiah contohnya realitas, objektif, teori, serta konklusi umum (menggeneralisasikan). 
  • Sejarah sebagai seni, dikatakan menjadi seni karena sejarah memerlukan inutisi, imajinasi, emosi dan gaya bahasa dalam penulisan sejarah. 
b. Unsur Sejarah - Sejarah terdiri dari 3 unsur antara lain sebagai berikut.
  • Ruang, adalah tempat terjadinya suatu insiden yang menjadi bukti peristiwa sejarah sebagai real. 
  • Waktu, adalah unsur sejarah yg memegang peranan penting sebagai sifat krologis pada kajiansejarah sebagai akibatnya dikenal menggunakan konsep periodisasi. 
  • Manusia, merupakan unsur sejarah yang menjadi sentral atau pemegang peran lantaran insiden sejarha dapat berlansung secara kompleks tergantung menurut nalar insan dengan lingkungan yg terdapat.
Aspek-Aspek Sejarah
Ada 3 aspek dalam sejarah yakni masa lampau, masa sekarang, serta masa yang akan tiba antara lain menjadi berikut...
  • Masa lampau, sebagai awal balik pada masa yang akan tiba sebagai akibatnya dalam sejarah masih ada pelajaran tentang nilai serta moral. 
  • Masa sekarang, merupakan sejarah yg menjadi sumber pemahaman bagi generasi-generasi penurus berdasarkan rakyat terdahulu sebagai cermin untuk menuju kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. 
  • Masa lampau, merupakan suatu citra tentang kehidupan manusia serta kebudayaannya pada masa lampau sehingga bisa merumuskan interaksi karena dampak mengapa suatu peristiwa bisa terjadi dalam kehidupan tadi, walaupun belum tentu setiap peristiwa atau peristiwa tercatat pada sejarah.  
Pengertian Sumber Sejarah - Sumber sejarah adalah seluruh yg sebagai utama sejarha. Menurut Moh. Ali bahwa yang dikatakan menggunakan sumber sejarah merupakan segala sesuatu yg berwujud serta nir berwujud serta bermanfaat bagi penelitian sejarah semenjak zaman purba sampai menggunakan sekarang. Sedangkan pendapat Muh. Yamin bahwa asal sejarah merupakan perpaduan benda kebudayaan buat membuktikan sejarah.
Jenis-Jenis Sumber Sejarah - Sumber sejarah dikelompok sebagai beberapa macam antara lain sebagai berikut...
1, Sumber Lisan, adalah asal sejarah yg didapatkan eksklusif berdasarkan kabar para pelaku sejarah atau saksi mata insiden pada masa lampau. Seperti seseorang anggota Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) yang pernah ikut serangna generik menceritakan insiden yg dialami pada orang lain, apa yang sudah dialami ditinjau serta yang dilakukannya adalah penuturan ekspresi (sumber verbal) yg dipakai buat bahan penelitisan sejarah.
2. Sumber Tertulis, adalah asal sejarah yang dihasilkan menurut peninggalan-peninggalan tertulis, catatan peristiwa terjadi di masa lamapu, seperti naskah, surat berita, dokumen, tambo (catatan tahunan menurut cina), babad, serta rekaman
3. Sumber Benda (Artefak), adalah sumber sejarah yang dihasilkan menggunakan peninggalan-peninggalan yang berupa benda-benda kebudayaan. Seperti kapak, perhiasan, candi, gerabah, manik-manik dan patung. Namun sumber sejarah tersebut belum dapat dipastikan kebenarannya. Oleh karena itu asal-asal sejarah memerlukan penelitian, pengkajian, analisis, da penafsiran yg cermat oleh para pakar. 
Berdasarkan berdasarkan urutannya yang mengungkapkan sumber sejarah antara lain menjadi berikut... 
  • Sumber Primer, adalah peninggalan asli sejarah. Misalnya piagam, prasasti, candi, kronik, yg berasal di zamannya. 
  • Sumber Sekunder merupakan benda-benda tiruan berdasarkan benda aslinya atau sumber pustaka output para para pakar sejarah, laporan penelitian, dan terjemahan buku-buku kuno
  • Sumber Tersier, merupakan kitab -kitab sejarah yg disusun atas laporan-laporan penelitian pakar tanpa dengan melakukan penelitian langsung

c. Hubungan Sejarah menggunakan Ilmu
1). Persamaan Sejarah dengan Ilmu - Persamaan sejarah sebagai ilmu pengetahuan merupakan dari menurut pengalaman, pengamatan dan penyerapan. Sama-sama mempunyai dasar teori dan metode.
2). Perbedaan sejarah menggunakan ilmu - Perbedaan sejarah sebagai ilmu pengetahuan adalah bisa dipahami apabila sejarah terikat sang...
  • Sejarah terikat sang saat, karena waktu memegang peranan krusial yg harus terdapat pada sejarah. Namun ilmu pengetahuan nir terikat oleh ketika karena bukan hal yg penting dari ilmu pengetahuan 
  • Sejarah terikat sang tempat, karena mempunyai sifat yg unik dan einmalig atau terjadi hanya sekali. Sifat unik terikat sang tempat atau spasial.
  • Sejarah terikat oleh kekhususan, karena loka serta ketika mmbuat sejarah sebagai uni serta khusus.
Demikianlah berita tentang Pengertian Sejarah, Sumber & Ruang Lingkup Sejarah. Semoga teman-sahabat bisa mendapat serta bermanfaat bagi kita seluruh baik itu pengertian sejarah secara umum, pengertian sejarah dari bahasa, pengertian sejarah menurut istilah, pengertian sejarah menurut para ahli, aspek-aspek sejarah, ruang lingkup sejarah. Sekian dan terima kasih. Salam Berbagi Teman-Teman.
Referensi
Marwan Supriyadi, Sejarah 1 buat Sekolah Menengah Atas / MA Kelas X / penyusun, Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, 2009.
Kartodirdjo, Sartono. 1993. Pendekatan Ilmu Sosial pada Metodologi Sejarah. Jakarta: Gramedia Pustaka.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel