PENGERTIAN UMUM BANJIR PENYEBAB DAN DAMPAKNYA

Secara Umum Pengertian Banjir merupakan kenyataan alam yg terjadi pada kawasan yg poly dialiri oleh aliran sungai. Sedangkan secara sederhana, banjir didefinisikan menjadi hadirnya air suatu tempat luas sebagai akibatnya menutupi permukaan bumi daerah tadi. Berdasarkan SK SNI M-18-1989-F (1989) dalam Suparta 2004, bahwa banjir merupakan genre air yang nisbi tinggi, serta nir tertampung oleh alur sungai atau saluran. Berikutnya akan saya bahas Penyebab serta terdapat Dampak yang disebabkan menurut banjir tadi. Disertai Cara Menanggulangi nya.
Macam-Macam Banjir

Macam-Macam Banjir
Terdapat banyak sekali macam banjir yanng disebabkan menurut berbagai macam hal diantaranya sebagai berikut...
  • Banjir Air, adalah banjir yg biasa terjadi. Penyebab banjir air adalah meluapnya air di sungai, danau, atau diselokan sehingga air akan naik menggenangi daratan. Pada umumnya banjir air disebabkan menurut hujan monoton yang menciptakan sungai, danau atau selokan nir bisa menampung air. 
  • Banjir Bandang, merupakan banjir yang mengangkut air dan lumpur. Banjir bandang sangat berbahay lantaran nir menyelamatkan diri. Banjir bandang bisa menghayutkan apapun, karena itu daya rusaknya sangat tinggi. Banjir tersebut umumnya terjadi di area pegunungan yg tanah pegunungan seolah longsor karena air hujan ikut terbawa air ke daratan yang lebih rendah. Umumnya banjir bandang menghayutkan pohon-pohon atau batu-batuan berukuran besar yang dapat Mengganggu pemukiman rakyat yg berada pada kurang lebih pegunungan. 
  • Banjir Lumpur, adalah banjir yg mirip banjir bandang tetapi lumpur tadi keluar berdasarkan dalam bumi serta mengenangi daratan. Lumpur tadi pula mengandung bahan dan gas kimia yg berbahaya.
  • Banjir Rob (Laut Pasang), adalah banjir yg ditimbulkan oleh pasang air bahari. Banjir rop umumnya melanda kota muara baru pada jakarta. Air laut yg pasang umumnya akan menahan air sungai yg sudah menumpuk, akhirnya bisa menjebol tanggul dan menggenangi daratan. 
  • Banjir Cileunang, adalah banjir yg miri dengan banjir air namun banjir cileunang ditimbulkan menurut hujan yang sangat deras menggunakan debit air yang sangat poly. Terjadinya banjir cileunang sangat cepat karena hujan yg sangat deras sebagai akibatnya dalam ketika yang cepat, banjir cileunang akan datang-tiba terjadi. 
Penyebab Terjadinya Banjir
Banjir dapat terjadi karena beberapa faktor antara lain sebagai berikut... 
  1. Penyumbatan genre sungai ataupun sekolah tak jarang membuang sampah pada sungai. Masyarakat beranggapan menggunakan tingkah lakunya lantaran bila sampah dibakar, maka akan mengakibatkan polusi udara serta bau nir sedap. Sehingga masyarakat merogoh jalan pintas tanpa memikirkan sebab serta akibatnya. Penyumbayatan yang terjadi lantaran sedimentasi atau pengendapan area hilir sungai yg bisa mengurang kemampuan sungai dalam menampung air. 
  2. Curah hujan yg tinggi. Curah hujan yang relatif tinggi bisa menyebabkan sungai nir bisa menampung volume air yg bisa melampau kapasitas. 
  3. Pendirian rumah pada sepanjang sungai. Masyarakat yang mendirikan rumah pada pinggir sungai umumnya mengurangi lebar sungai. Dengan berkurangnya lebar sungai dapat mengakibatkan peredaran air nir optimal. 
  4. Penggundulan hutan. Sikap manusia yang berfikir singkat tanpa berfikir kedepannya sebelum bertindak, mengakibatkan manusia bertindak sewenang-wenang terhadap lingkungan. Tindakan tersebut berupa penebangan hutan yang tidak memakai sistem tebang pilih. Akibatnya nir ada pohon buat menyerap air sebagai akibatnya air mengalir tanpa terkendali. 
  5. Sedikitnya daerah serap. Di zaman modern, daerah resapan cenderung ditemukan. Khususnya di wilayah perkotaan yang dalam dasarnya sangat rentan terhadap banjir, mengingat kondisi kota yg berada pada dataran rendah. Daerah serap justru banyak tertutup menggunakan aspal ataupun pembetonan sebagai akibatnya air tidak dapat meresap ke dalam lapisan tanah. 
Dampak Yang Ditimbulkan Adanya Banjir
  1. Menimbulkan korban jiwa. Hal ini ditimbulkan dari arus air yg terlalu deras sehingga banyak penduduk yg hanyut terbawa arus
  2. Rusaknya areal pertanian. Banjir sanggup menenggelamkan areal sawah yg merugikan bagi para petani serta syarat perekonomian negara sebagai terganggu. 
  3. Rusaknya sarana dan prasarana. Air yang menggenang memasuki partikel pada dinding bangunan, apabila dinding tidak bisa menahan kandungtan air maka dinding akan mengalami retak serta akhirnya jebol. 
  4. Hilangnya mal. Banjir dengan aliran yang berskala akbar dapat menyeret apapun baik itu meja, sandang, kursi, kasur, kendaraan beroda empat, motor serta lain-lain. 
  5. Sebagai bibit penyakit. Penyakit yg bisa ditimbulkan adanya banjir merupakan gatal-gatal, Demam berdarah, dan banjir membawa kuman sebagai akibatnya penyebaran penyakit sangat besar .

Cara Menanggulangi Banjir
Untuk menanggulangi terjadinya banjir, maka diharapkan cara penanggulangan diantaranya sebagai berikut...
  1. Pengoptimalan sungai ataupun selokan. Sungai atau selokan sebaiknya dipelihara serta dipergunakan sebagaimana mestinya. Sungai ataupun selokan buat nir digunakan buat membuang sampah atau tempat pembuangan sampah. Kebersihan serta deras arusnya harus pada pantau setiap bukan hanya mengamati bila terjadi banjir. 
  2. Larangan pembuatan rumah penduduk di sepanjang sungai. Tanah di pinggiran sungai tidak seharusnya digunakan buat pemukiman penduduk lantaran mengakibatkan banjir serta tatanan masyarakat nir teratur. 
  3. Melaksanakan acara tebang pilih serta reboisasi. Pohon yang sudah ditebang sebaiknya ada penggantinya. Menebang pohon yang sudah berkayu kemudian pada tanam kembali tunas pohon yg baru. Hal ini ditujukan untuk regenerasi hutan dengan tujuan hutan tidak sebagai gundul. 
  4. Mempergunakan alat pendeteksi banjir sederhana. Agar bisa mengetahui datangnya banjir diperlukan indera yg mendeteksi banjir yang sederhana yang warga dapat mengetahui cara pembuatnya.
Demikianlah Artike sederhana mengenai pengertian Banjir, Penyebab dan Dampak banjir berikut Cara Menanggulanginya. Semoga sobat sekalian bisa menerima dan mengambil manfaat menurut pengertian banjir tadi. Sekian dan terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel