PENGERTIAN UMUM INTERAKSI SOSIAL BESERTA BENTUK CIRI DAN FAKTOR INTERAKSI SOSIAL

Sebelum membahas Ciri-ciri, bentuk serta Faktor hubungan sosial saya akan jelasakan dahulu pengertian interaksi sosial. SecaraUmum Pengertian Interaksi Sosial merupakan hubungan timbal pulang antara 2 orang atau lebih yg berperan saling memengaruhi antara individu serta individu, antara individu serta kelompok, serta antara grup menggunakan grup. Interaksi sosial adalah proses setiap orang menjalin hubungan serta berkomunikasi serta saling memengaruhi dalam pikiran mauun menggunakan tindakan. Interaksi sosial menjadi pondasi menggunakan sebuah tindakan yang didasarkan ada norma dan nilai sosial yg berlaku dan diterapkan dalam warga . Berlangsungnya interaksi sosial dengan baik apabila anggaran-anggaran dan nilai-nilai dilakukan dengan baik. Jika nir adanya pencerahan menurut masing-masing, maka proses sosial pun nir akan berjalan menggunakan yang diharapkan.

Pengertian Interaksi Sosial Menurut Para Ahli
  • Gilin: Pengertian hubungan sosial berdasarkan gillin bahwa hubungan sosial adalah interaksi-interaksi sosial yangdinamis yang menyangkut hubungan antarindividu serta grup atau antarkelompok. 
  • Macionis: Menurut Macionis bahwa pengertian interaksi sosial adalah proses bertindak serta membalas tindakan yang dilakukan seorang pada hubungan dengan orang lain.
  • Soerjono Soekanto: Pengertian interaksi sosial dari Soerjono Soekanto bahwa interaksi sosial merupakan proses sosial mengenai cara-cara berhubungan yg dapat dicermati apabila individu serta gerombolan -gerombolan sosial saling bertemu serta memilih sistem dan hubungan sosial. 
  • Broom serta Selznic: Menurut Broom dan Selznic, bahwa pengertian interaksi sosial merupakan proses bertindak yg dilandasi sang kesadaran adanya orang lain serta proses menyesuaikan respon (tindak balasan) sinkron dengan tindakan orang lain. 
  • Kimball Young dan Raymond W. Mack: Pengertian hubungan sosial dari Kimball Young dan Raymond W. Mack merupakan hubungan sosial yang dinamis dan menyangkut hubungan antarindividu, antara individu dengan grup maupun antara grup menggunakan gerombolan lainnya. 
  • Homans: Menurut Homans, pengertian interaksi sosial merupakan suatu insiden saat suatu kegiatan yg dilakukan sang seorang terhadap individulain diberi ganjaran atau sanksi menggunakan memakai suatu tindakan oleh yg menjadi pasangannya. 

Bentuk-Bentuk Interaksi Sosial 
Bentuk interaksi sosial dibedakan menjadi 2 grup yaitu bentuk hubungan sosial asosiatif, dan bentuk hubungan sosial disosiatif yaitu menjadi berikut...
1. Bentuk-Bentuk Interaksi Sosial Asosiatif
  • Kerja Sama (Cooperation), merupakan suatu bisnis beserta antar individu atau grup buat mencapai tujuan bersama. 
  • Akomodasi (Accomodation), adalah proses penyesuaian sosial pada interaksi antarindividu dan antarkelompok buat meredakan pertentangan. 
  • Asimilasi (Assimilation), merupakan proses ke arah peleburan kebudayaan sebagai akibatnya setiap pihak bisa merasakan kebudayaan tunggal menjadi milik beserta. 
  • Akulturasi (Acculturation), adalah proses yg ada berdasarkan suatu kebudayaan buat menerima unsur budaya asing tanpa menyebabkan kebribadian budaya sendiri hilang. 
2. Bentuk-Bentuk Interaksi Sosial Disosiatif
  • Persaingan (Competition), adalah suatu usaha berdasarkan berbagai pihak yang lomba-lomba buat mencapai suatu tujuan yang sama. 
  • Kontraversi, adalah suatu bentuk proses sosial yg memperlihatkan ketidaksenangan atau ketidakpuasan terhadap pihak lain baik secara sembunyi atau terang-terangan. 
  • Pertentangan/Permasalahan Sosial, merupakan proses sosial antarperorangan atau kelompok rakyat tertentu dampak adanya disparitas paham serta kepentingan yg sangat fundamental sebagai akibatnya mengakibatkan adanya semacam jurang pemisah antara mereka.
Ciri-Ciri Interaksi Sosial 
Ciri-karakteristik hubungan sosial adalah sebagai berikut..
  • Jumlah pemeran lebih berdasarkan satu orang 
  • Terjadi komunikasi antara pelaku melaku hubungan sosial 
  • Memiliki maksud atau tujuan yg jelas
  • Berdasarkan pola suatu sistem sosial tertentu. 
Contoh-Contoh Interaksi Sosial 
1. Contoh Interaksi Sosial Indivdu menggunakan Individu 
Seorang saudara tertua mengajari adeknya belajar matematika
Indah belajar bermain yang diajar sang satriawan 
Seorang dokter menggunakan pasiennya
Seorang murid bertanya pada gurunya 

2. Contoh Interaksi Sosial Individu dengan Kelompok 
Presiden dengan rakyatnya 
Guru menggunakan siswanya 
Komandan dengan anggotanya
Khotbah jumat dimesjid 
Gubernur Ahok menggunakan warga kampung pulo

3. Contoh Interaksi Sosial Kelompok menggunakan Kelompok
PMR dan Pramuka bekerja sama pada pemberian bantuan 
Polisi menggunakan TNI saling bekerja sama memberantas preman 
Kelompok A serta Kelomok B saling berdebat atau mendiskusikan sesuatu
Osis dengan pramuka saling membantu dalam menyukseskan aktivitas tanam 10000 bibit

Syarat-Syarat Interaksi Sosial 
Menurut Soerjono Soekanto, bahwa hubungan sosial tidak mungkin terjadi tanpa dengan 2 kondisi diantaranya menjadi berikut...
Kontak Sosial, adalah hubungan antara satu pihak menggunakan pihak lain dimana hubungan sosial merupakan awal terjadinya hubungan sosial, serta saling bereaksi satu menggunakan yg lain meski tidak bersentuhan fisik. 
Komunikasi, merupakan adanya kegiatan yg saling menafsirkan konduite yang mencakup pembicaraan, gerakan fisik,atau perilaku dan perasaan-perasaan.

Faktor-Faktor Interaksi Sosial 
Berlangsungnya hubungan sosial didasarkan dari beberapa faktor antara lain sebagai berikut...
  1. Sugesti, adalah anugerah efek pandangan seorang pada orang lain menggunakan cara tertentu, sehingga orang tersebut mengikut pandangan/impak tanpa menggunakan berpikir panjang.contoh sugesti adalah obat impor yang harganya mahal namun lantaran produk impor dan dianggap manjur dalam menyembuhkan penyakit. Pernyataan tadi adalah sugesti berdasarkan harga obat yang mahal dan embel-embel produk luar negeri.
  2. Imitasi, adalah tindakan atau usaha yang dilakukan buat meniru tindakan orang lain. Imitasi umumnya tidak dapat disadari dilakukan. Contoh imitasi merupakan seorang anak acapkali meniru norma-norma orang tuanya contohnya cara berbicara, berpakaian, dan makan. Namun imitasi dipengaruhi sang lingkungannya khususnya lingkungan sekolah.
  3. Identifikasi, merupakan kecenderungan atau keingingan dalam diri seorang buat sebagai sama menggunakan orang lain. Akibat dari identifikasi adalah terjadinya pengaruh yg lebih dalam berdasarkan sugesti serta imitasi karena identifikasi dilakukan secara sadar.
  4. Simpati, adalah seorang yang merasa tertarik dalam orang lain. Perasaan simpati dapat disampaikan sang seorang atau sekelompok orang atau forum formal pada waktu-saat spesifik. Contoh menurut simpati adalah ketika seseorang tertimpa musibah. Perasaan simpati umumnya menimbulkan perasaan yg sayang.
  5. Motivasi, merupakan dorongan yg diberikan pada seseorang individu kepada individu lainnya. Tujuan motivasi adalah supaya orang yang diberi motivasi atau dorongan untuk menuruti dan bersemangat.
Demikianlah artikel sederhana tentang Pengertian umum Interaksi Sosial bersama Bentuk, Ciri, Syarat serta Faktor interaksi sosial. Semoga sobat sekalain bisa mendapat manfaat berdasarkan pengertian hubungan sosial, bentuk-bentuk interaksi sosial, karakteristik-ciri hubungan sosial, model-model interaksi sosial, syarat-kondisi hubungan sosial, serta faktor-faktor interaksi sosial. Sekian dan terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel