PENGERTIAN UMUM DNA DAN RNA SERTA PERBEDAAN DNA DAN RNA

Sebelum Membahas Perbedaan DNA serta RNA baikanya mengetahui pengertiannya dahulu. Secara umum Pengertian DNA atau Asam Ribonukleat merupakan materi yang membentuk kromosom-kromosom yg menyimpan fakta genetik dalam tubuh makhluk hidup.sedangkan, pengertian RNA (Asam Ribonukleat) merupakan polimer yang tersusun menurut sejumlah neuklotida dimana satu neuklotida terdiri menurut satu gugus fosfat, satu gugus gula ribosa, serta satu gugus basa nitrogen (N).
DNA dapat mereplikasi yaitu membangun salinan dirinya sendiri. Setiap untaian DNA berisi sekuens basis eksklusif. Setiap basis pula dihubungkan oleh molekul gula serta fosfat. Bila basis membentuk anak tangga (horizontal), maka molekul gula serta fosfat membangun bagian vertikal menurut tangga tadi.
DNA merupakan singkatan dari deoxyribonucleic acid atau dalam Bahasa Indonesia disebut asam deoksiribonukleat. DNA berasal dari 3 kata utama yaitu deoxyribo, dan nucleid acid (asam nukleat). Arti istilah deoxyribo (Wikipedia) merupakan gula yg kehilangan atom oksigennya, ad interim arti istilah asam nukleat (Wikipedia) adalah molekul yang mengandung liputan genetik.
Molekul-molekul DNA pada tubuh kita tersusun dalam paket-paket yang diklaim kromosom. Setiap insan mempunyai 23 pasang kromosom. Satu menurut 23 pasang kromosom itu, yang diklaim kromosom seks, tidak sinkron pada pria dan wanita. Wanita memiliki dua kromosom X, laki-laki memiliki kromosom X dan Y. Setiap organisme mempunyai jumlah kromosom yg tidak selaras. Misalnya, simpanze mempunyai 24 pasang, pisang 11 pasang, serta lalat hanya 4 pasang.
Selanjutnya, kromosom tersusun pada segmen-segmen pendek DNA yang disebut gen. Jika DNA adalah kitab resep, maka setiap gen adalah resepnya. Resep ini memberitahu sel-sel bagaimana menjalankan fungsi dan mengekspresikan sifat tertentu. Manusia mempunyai kurang lebih 25.000 gen. Gen inilah yg memilih rona rambut, jenis rambut, warna kulit, rona mata, dll. Misalnya, seseorang mempunyai rambut hitam keriting lantaran gen-gen yg diwarisi menurut orangtuanya menginstruksikan sel-sel folikel rambut buat menciptakan rambut hitam dan keriting.

Pembahasan DNA
DNA memiliki asam nukleat yg terdiri dari polinukleotida menurut unit-unit dioknuklotida yg unit-unit pembangunnyadioksinukleot. Informasi genetik umumnya merupakan perpaduan perintah yg mengatur sel buat melakukan sesuatu. DNA pada bahasa inggris disebut deoxyribonucleic acid, sedangkan pada bahasa Indonesia disebut Asam Deoksiribosa Nukleat. Susunan kimia dari DNA merupakan polimer yang berdasarkan rantai panjang nukleotida. 

Pembahasan RNA 
RNA mempunyai asam nukleat yang terdiri berdasarkan polinukleotida menurut unit-unit mononukleotida. Polimer RNA tersusun menurut ikatan yg berselang-seling antara gugus fosfatsatu nukleotida dengan gugus gula ribosa dan nukleotida yang lain. 

Perbedaan DNA serta RNA
Bagian pentosa DNA merupakan ribosa, sedangkan pada bagian pentosa DNA adalah dioksiribosa
Bentuk molekul dari DNA adalah heliks ganda, sedangkan dalam bentuk molekul RNA yang berupa rantai tunggal yg berlipat, sebagai akibatnya seperti menggunakan rantai gandai. 
RNA mengandung basa adenin, guanin dan sitosin seperti DNA, namun RNA nir mengandung timin yg menjadi gantinya RNA mengandung urasil. 
DNA berada pada dalam kromosom sedangkan RNA bergantung menurut jenis RNA seperti RNA duna yg terdapat di nukleus, RNA p atau RNA t yang terdapat pada sitoplasma, sedangkan RNA r (RNA ribosom) terdaat di ribosom
Secara alami, DNA membentuk RNA sedangkan RNA menciptakan protein yg krusial bagi makhluk hidup misalnya menciptakan otot, darah, organ tubuh, hormon, enzim dan lain-lain. 


Demikianlah artikel mengenai Pengertian DNA dan RNA, serta Perbedaan DNA serta RNA. Semoga sobat sekalian dapat menerima dan mengambil manfaat dari pengertian DNA dan RNA tersebut. Sekian dan terima kasih. Salam Berbagi Teman-Teman.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel