PENGERTIAN UMUM SUMBER DAYA ALAM SDA SERTA JENIS DAN SUMBER SDA

Sebelum membahas Jenis serta Sumber SDA (asal daya alam) baiknya mengetahui Apa itu SDA. Secara generik Pengertian Sumber Daya Alam adalah segala sesuatu yg bersumber menurut alam untuk memenuhi kebutuhan insan. Sumber Daya Alam adalah kekayaan alam baik itu benda meninggal maupun benda hidup yang berada pada alam atau bumi yang berguna bagi kita semua. Yang termasuk sumber daya alam adalah komponen biotik serta abiotik. Komponen biotik misalnya hewan, tanaman , serta mikroorganisme, sedangkan komponen abiotik meliputi gas alam, tanah, jenis logam, air, dan minyak bumi. Sumber Daya Alam sangat bermanfaat bagi insan tetapi menggunakan pendayagunaan asal daya alam semakin berkurang. 

Jenis-Jenis Sumber Daya Alam (SDA)
Dibumi sendiri masih ada beragam bentuk serta jenis berdasarkan sumber daya alam. Oleh karena itu asal daya alam dikelompokkan/diklasifikasikan pada beberapa jenis antara lain sebagai berikut... 

1. Jenis-Jenis Sumber Daya Alam (SDA) Berdasarkan Kemungkinan Pemulihannya
Sumber Daya Alam yg Selalu Ada, adalah asal daya yg nir pernah habis. Karena mengalami siklus sepanjang masa, contohnya energi sinar mentari , udara, energi pasang surut air bahari, serta asal daya air. 
Sumber Daya Alam yang dapat Diperbaharui, merupakan asal daya yang apabila habis nir pada waktu yang usang dan cepat tersedia balik baik dengan reproduksi atau pengembangbiakan. Seperti hewan serta tumbuhan. 
Sumber Daya Alam yg tidak dapat Diperbaharui, merupakan sumber daya yang sulit atau bahkan tidak sanggup menyediakannya pulang karena membutuhkan ketika yg sangat usang serta bahkan hingga jutaan tahun, seperti barang-barang tambang. 

2. Jenis-Jenis Sumber Daya Alam (SDA) Berdasarkan Jenisnya
Sumber Daya Alam Hayati/Biotik, adalah asal aya yg berupa makhluk hidup seperti hewan, tumbuhan, mikroba serta manusia
Sumber Daya Alam Nonhayati/Abiotik, merupakan asal daya alam fisik yg berupa benda-benda mangkat . Seperti barang tambang, kincir aingin, air dan tanah. 


3. Jenis-Jenis Sumber Daya Alam (SDA) Berdasarkan Kegunaan atau Penggunaannya
Sumber Daya Alam Penghasil Bahan Baku, merupakan asal daya alam yg dipakai buat membuat benda atau barang lain denga nilai guna yg tinggi. 
Sumber Daya Alam Penghasil Energi, adalah asal daya alam sebagai pembuat tenaga buat kebutuhan manusia. Salah satunya sinar matahari yang memancarkan tenaga buat manusia. Begitu pula dengan arus air yang digunakan sebagia pembuat energi pada penggerak turbin pembangkit listrik. 

4. Jenis-Jenis Sumber Daya Alam (SDA) Berdasarkan Nilai Kegunaannya atau Sumber Daya Ekonomis
Sumber Daya Alam Ekonomis Tinggi, adalah sumber daya alam yg dihasilkan dengan porto yang besar . Seperti mineral-mineral logam mulia misalnya intan, perak serta emas. 
Sumber Daya Alam Ekonomis Rendah, merupakan sumber daya alam yg didapatkan menggunakan porto yg cukup murah dan tersedia dengan jumlah yang relatif poly. Seperti bahan-bahan bangunan. Contohnya batu, gamping dan pasir. 
Sumber Daya Alam Nonekonomis, merupakan sumber daya alam yang didapatkan tanpa mengeluarkan porto, tanpa pengorbanan yang tersedia dalam jumlah yang tidak terbatas. Contohnya sinar surya, suhu, udara, dan angin. 

Demikianlah artikel tentang Sumber Daya Alam (SDA) bersama Jenis dan Sumber SDA. Semoga sobat sekalian bisa menerima dan mengambil manfaat berdasarkan pengertian sumber daya alam, jenis-jenis asal daya alam serta sumbernya. Sekian dan terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel