PENGERTIAN UMUM PRAMUKA SERTA SEJARAH PRAMUKA DI INDONESIA DAN DUNIA

Sebelum mengetahui Sejarah Sejarah Pramuka di Indonesia dan global terdapat baiknya mengetahui pengertian pramuka. Secara generik Pengertian Pramuka merupakan singkatan para belia karana yg berarti orang-orang berjiwa muda dan senang berkarya. Kata berjiwa belia merupaka ukuran berdasarkan semangat buat maju. Kepramukaan adalah nama kegiatan yg terdapat dalam pramuka contohnya kegiatna menarik serta berpendidikan. Sedangkan Pengertian Gerakan Pramuka adalah wadah atau organisasi tempa dimana pramuka berkumpul dan merampungkan perkara secara bersama, strata organisasi seperti gerakan pramuka kwartir wilayah, gugus depan dan lain-lainnya. 
Dalam dunia internasional, Pramuka diklaim menggunakan "kepanduan" (Boy Scout). Gerakan Pramuka memiliki Kode Kehormatan Pramuka, yg terdapat dalam Anggaran Dasar Pramuka yg terdiri menurut janji yang dianggap Satya serta ketentuan moral yang dianggap menggunakan Darma Kode Kehormatan Pramuka yang diubahsuaikan menurut berdasarkan golongan usia dan perkembangan rohani dan jasmani yaitu.. 

Kode Kehormatan Pramuka Siaga terdiri menurut Dwisatya dan Dwidarma 
Kode Kehormatan Pramuka Penggalang terdiri berdasarkan Trisatya Pramuka Penggalang dan Dasadarma 
Kode Kehormatan Pramuka Penegak serta Pendega yg terdiri dari Trisatya Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega dan Dasadarma. 
Kode Kehormatan Pramuka Dewasa terdiri dari Trsatya Anggota Dewasa dan Dasadarma 

Sejarah Pramuka Indonesia
Sedangkan pada Indonesia, Sejarah Pramuka lahir pada tahun 1961 menurut Keputusan Presiden RI No. 112 Tahun 1961 lepas lima April 1961 mengenai Panitia Pembantu Pelaksana Pembentukan Gerakan Pramuka yang dipertegas lagi menggunakan Keputusan Presiden RI No. 238 Tahun 1961. Secara resmi Gerakan Pramuka diperkenalkan kepada umum di lepas 14 Agustus 1961 disaat Presiden RI menaruh anugrah Panji Gerakan Pramuka melalui Keputusan Presiden RI No. 448 Tahun 1961. Sejak waktu itu, tanggal Hari Ulang Tahun Gerakan Pramuka Indonesia diperingati setiap tahunnya dalam tanggal 14 Agustus.

Sejarah Pramuka Dunia
Sejarah pramuka global pertama kali dipelopori sang Lord Baden Powel atau dengan nama lengkapnya Robert Sthepenson Smyth Baden Powel of Giwell, seorang rakyat negara Inggris yg pernah menjadi tentara. Sejak kecil Baden Powel dikenal menjadi anak yg menyayangi aktivitas luar ruangan (outdor). Baden Powell selalu bermain pada hutan mini yg berada pada samping sekolahnya. Kemah pertama yang dilakukan oleh Lord Baden Powel yg dipimpinnya terjadi pada lepas 1 Agustus 1907 yg bertempat pada Brwonsea Island, Inggris. Sehingga pada lepas 1 Agustus ditetapkan sebagai hari peringatan Hari Kepanduan Dunia. 


Demikianlah artikel tentang Pengertian umum Pramuka beserta Sejarah Pramuka Dunia dan Indonesia. Semoga sobat sekalian bisa mendapat manfaat menurut pengertian pramuka dan sejarah pramuka dunia dan sejarah pramuka di indonesia. Sekian dan terima kasih. 

Referensi
Anggaran Dasar Gerakan Pramuka (Hasil Munaslub 2012 ed.). Kwartir Nasional, Jakarta.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel