PENGERTIAN UMUM RNA SERTA FUNGSI STRUKTUR DAN JENIS RNA

Secara Umum Pengertian RNA (Asam Ribonukleat) adalah rangkaian nukleotida yg saling terikat misalnya rantai. RNA adalah output dari transkripsi berdasarkan suatu fragmen DNA, sebagai akibatnya RNA sebagai polimer yg jauh lebih pendek jika dibandingkan DNA. Berbeda menggunakan DNA yang umumnya dijumpai dalam inti sel, Kebanyak dari RNA masih ada dalam sitoplasma, khususnya pada ribosom. 

Struktur RNA
  • Gula D-Ribosa
  • Fosfat
  • Basa Nitrogen
RNA terdiri dari rantai poliribonukleotida yang basa-basanya umumnya adalaha adenin, guanin, urasil, dan citosin. RNA berada pada nukelus maupun sitoplasma sel. Bergam bentuk berdasarkan RNA lebih banyak menurut pada DNA. RNA mempunyai berat molekul antara 25.000 sampai dengan beberapa juta. Umumnya RNA berisi rantai polinukleotida tunggal, tetapi rantai yang biasa terlipat menciptakan daerah heliks ganda yg mengandung pasangan basa A:U dan G:C. 
Molekul RNA mempunyai bentuk yang tidak sinkron dengan DNA. RNA memiliki bentuk pita tunggal dan tidak berpilin. Tiap pita RNA merupakan polinukleotida yang tersusun menurut poly ribonukleotida. Setiap ribonukleotida tersusun menurut gula ribosa, basa nitrogen dan asam fosfat. Basa menurut nitrogen RNA terbagi menjadi dua yaitu basa purin serta basa pirimidin. Basa purin sama dengan DNA yang tersusun dari adenin (A) serta guanin (G), sedangkan dalam basa pirimidinnya tidak sama menggunakan DNA yakni tersusun berdasarkan sitosin (C) dan urasil (U). 
Tulang Panggung RNA tersusun menurut deretan ribosa serta fosfat. Ribonuleotida RNA terdapat secara bebas dalam nukleoplasma menggunakan bentuk nukleosida trifosfat, misalnya adenosin trifosfat (ATP), Guanosin Trifosfat (GTP), Sistidin Trifosfat (CTP), serta Uridin Trifosfat (UTP). RNA disintetis sang DNA yang berada di inti sel dengan memakai DNA sebagai cetakannya. 
Jenis-Jenis RNA

RNA masih ada 3 tipe primer atau tiga jenis primer yaitu sebagai berikut.. 
1. Transfer RNA (tRNA) 
RNA yang dibentuk dari pada nukleus, tetapi menempatkan diri dalam sitoplasma. TRNA merupakan RNA yg terpendek serta bertindak sebagai penerjemah kodon berdasarkan mRNA. TRNA memiliki proporsi nukleosida yg lebih relatif tinggi. Transfer RNA (transfer-Ribonucleic acid) atau asam ribonukleat transfer merupakan molekul yg menginterpretasikan pesan genetik berupa serangkaian kodon yang disepanjang molekul mRNA menggunakan cara mentransfer asam-asam amino ke ribosom pada proses translasi. 
Tiap tRNA mengandung suatu sekuen menggunakan tiga rangkaian basa pendek. Seluruh ujung 3' tRNA mengandung sekuen SSA yang berseberangan dengan sekuen antikodon. Suatu amino eksklusif akan melekat dalam ujung 3 tRNA. Pelekatan ini merupakan cara berfungsinya tRNA, yaitu menggunakan membawa asam amino khusus yang nantinya bermanfaat pada sintetis protein, yaitu pengurutan asam amino sinkron dengan urutan kodon pada mRNA. 

2. Ribosomal RNA (rRNA) 
rRNA merupakan ribosom yg mengandung protein menggunakan massa yg hampir mirip. Molekulnya berupa pita tunggal, tak bercabang serta fleksibel. RRNA terdiri berdasarkan 80 % total RNA yang dalam sel dan pada sel-sel nir mempunyai inti sejati yang terdiri berdasarkan beberapa tipe rRNA yaitu 23S rRNA, 16S rRNA, dan 5S rRNA. 

3. Mesengger RNA (mRNA) 
mRNA adalah polinukleotida yg berbentuk pita tunggal linier serta disintetis oleh DNA pada pada nukleus. MRNA berupa rantai tunggal yang relatif panjang. Panjang pendeknya mRNA bekerjasama berdasarkan panjang pendeknya rantai polipeptida yg disusun. Ururtan dalam rantai asam amino yang menyusun rantai polipeptida tadi sesuai menggunakan urutan kodon yg ada dalam molekul mRNA yg bersangkutan. MRNA bertindak sebagai pola cetakan dalam pembentukan polipeptida. Setiap molekul membawa salinan urutan DNA, yang ditranslasikan dalam sitoplasma sebagai satu rantai polipeptida atau lebih. Fungsi utama menurut mRNA merupakan membawa kode-kode genetik menurut DNA di inti sel menuju ke ribosom di sitoplasma. MRNA dibuat apabila diperlukan serta bila tugasnya telah terselesaikan lalu dihancurkan dalam plasma. 

Fungsi RNA
Sebagai penyimpan keterangan 
Sebagai mediator antara DNA dan protein dalam proses aktualisasi diri genetik karena berlaku buat organisme hayati. 

Demikianlah artikel yg saya bagi mengenai Pengertian RNA, Fungsi, Struktur dan Jenis RNA. Semoga sobat sekalian bisa mendapat manfaat dari penjelasan pengertian RNA, pengertian asam ribonukleat atau ribonucleat acid, fungsi RNA (asam ribonukleat), struktur RNA (Asam Ribonukleat), jenis-jenis RNA (asam ribonukelat). Sekian dan terima kasih. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel