PENGERTIAN UMUM TENTANG INDIVIDU POPULASI KOMUNITAS DAN EKOSISTEM

Artikel ini menyebutkan tentang Pengertian Individu, Populasi, Komunitas serta Pengertian Ekosistem. Berikut kali ini mengenai pengertian serta penjelasan menurut individu, populasi, komunitas, dan ekosistem. Langsung saja, berdasarkan pengertian individu.
  1. Pengertian Individu adalah organisme tunggal contohnya, untuk seekor tikus, seorang insan, sebatang pohong jambu, dan sebatang pohon kelapa.  
  2. Pengertian Populasi adalah formasi individu yang sejenis serta hayati di suatu wilayah dengan ketika eksklusif. Contoh suatu populasi merupakan sebuah kola terdama ikan, teratai, dll. Populasi pohon kepala dikelurahan tegakan pada tahun 1989 berjumlah 2552 btg.  Ukuran populasi berubah setiap waktu. Perubahan ukuran populasi dinamakan dinamika populasi. Perubahan yg dihitung memakai rumus perubahan jumlah dibagi waktu. Hasilnya adalah kecepatan perubahan pada populasi. Contohnya di tahun 1980 populasi pinus di tawangmangu ada 700 btg. Kemudian pada tahun 1990 dihitung lagi terdapat 500 btg pohon Pinus. Faktanya, selama 10 tahun terjadi pengurangan pohon Pinus sebesar 200 btg pohon. Untuk mengetahui kecepatan perubahan maka kita membagi jumlah batang pohon yg berkurang dengan lamanya saat perubahan terjadi. 
  3. Pengertian Komunitas merupakan deretan banyak sekali populasi yg hayati di suatu saat dan daerah eksklusif yang saling berinteraksi dan memengaruhi satu sama lain. Dalam derajat keterpaduan komunitas, lebih kompleks bila dibandingkan menggunakan individu dan populasi. Semua organisasi merupakan bagian dari komunitas serta menurut komponennya saling terhubung dengan keragaman interaksinya. Contoh yang termasuk komunitas adalah populasi ganggang, populasi ikan, serta populasi hewan di sekitarnya yang membetuk suatu komunitas terumbu karang. 
  4. Pengertian Ekosistem merupakan suatu sistem ekologi yang terbentuk sang interaksi timbal pulang tak terpisahkan antara makhluk hidup menggunakan lingkungannya. Antara komunitas serta lingkungannya saling berinteraksi yang membangun kesatuan ekologi yang disebut menggunakan ekosistem. Komponen penyusun menurut ekosistem adalah pembuat (tumbuhan hijau), konsumen (herbivora, karnivora, serta hewan pemakan daging dan tumbuh-tumbuhan) serta dekomposer/pengurangi (mikroorganisme).
Demikianlah artikel sederhana menurut saya mengenai Pengertian Individu, Populasi, Komunitas dan pengertian Ekosistem. Semoga sobat sekalain bisa mendapat serta memahami pula artikel ini bermanfaat bagi kita semua baik. Sekian serta terima kasih. 

Referensi: 
Aryulina D, et al. 2004. Biologi SMA buat kelas X. Jakarta: Esis.hlm. 211-215

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel