PENGERTIAN UMUM TENTANG KEBUDAYAAN UNSURUNSUR SERTA KOMPONEN KEBUDAYAAN

Secara Umum Pengertian Kebudayaan merupakan hasil cipta, rasa serta karsa insan pada memenuhi kebuyuhan hidupnya yang kompleks dengan mencakup pengetahuan, keyakinan, seni, susila, hukum istiadat serta setipa kecakapan, serta kebiasaan. Menurut Koentjaraningrat yg berpendapat bahwa kebudayaan berasal dari bahasa Sanskerta yaitu berdasarkan istilah Budhayah yang adalah bentuk jaka berdasarkan istilah budhi, yang berarti logika. Jadi, kebudayaan dapat diartikan menjadi hal-hal yang bersangkutan menggunakan logika.
Selain dari itu, terdapat jua yang mengupas istilah budaya menjadi suatu turunan dari kata beragam budi jaya yg berarti daya dari akal. Sementara itu, istilah culture (bahasa Inggris) asal dari kata Latin colere yg berarti memasak, mengerjakan, khususnya memasak tanah atau bertani. Pengertian ini terus berkembang dimana kata culture diartikan sebagai upa serta tindakan insan buat mengolah tanah dan mengganti alam.

Unsur-Unsur Kebudayaan
Menurut Koentjaraningrat yg mengacu ke pendapat Kluckholm, yg menggolongkan bahwa unsur-unsur utama setiap kebudayaan duni adalah menjadi berikut...
Bahasa
Sistem pengetahuan
Sistem mata pencaharian
Organisasi sosial
Sistem peralatan hayati dan teknologi
Kesenian
Sistem religi
Komponen Kebudayaan
Tiap-tiap unsur kebudayaan universal itu menadi dalam ketiga wujud kebudayaan yaitu gagasan, aktivitas, dan artefak. Berdasarkan wujudnya, kebudayaan digolongkan menurut dua komponen adalah menjadi berikut..
Kebudayaan material, adalah kebudayaan yg mengacu ke seluruh ciptaan masyarakat yg konkret dan konkret. Termasu dalam kebudayaan material ini adalah temuan-temuan yang didapatkan menurut suatu penggalian arkeologi, misalnya mangkuk tanah liat, perhiasan, dan senjata. Kebudayaan material jua mencakup barang-barang misalnya komputer, pesawat terbang, televisi, mesin cuci dan gedung pencakar langit.
Kebudayaan nonmaterial, adalah cenderung memusatkan perhatian kebudayaan nonmaterial, yaitu kreasi-kreasi tak berbentuk yang diwariskan dari generasi ke generasi pada masyarakat. 


Pengertian Kebudayaan Menurut Para Ahli
Selain menurut pengertian diatas, masih ada beberapa definisi kebudayaan yang dikemukakan oleh para ahli antara lain menjadi berikut...
Pengertian Kebudayaan Menurut Para Ahli dalam Negeri (Indonesia)
  • Koentjaraningrat: Menurut Koentjaraningrat, bahwa pengertian kebudayaan merupakan keseluruhan sistem gagasan, tindakan, dan hasil karya insan pada rangka kehidupan warga yg dijadikan milik diri manusia dengn belajar. 
  • Selo Soemardjan dan Soeleman Soemardi: Kebudayaan berarti seluruh output karya, rasa, serta cipta warga . 
  • Ki Hajar Dewantara: Menurut Ki Hajar Dewantara, bahwa pengertian kebudayaan merupakan buah budi insan adalah output perjuangan insan terhadap 2 imbas kuat, yakni zaman dan alam yang adalah bukti kejayaan hayati insan buat mengatasi banyak sekali rintangan dan kesukaran didalam hidup serta penghidupannya guna mencapai keselamatan dan kebahagiaan yg pada lahirnya bersifat tertip dan hening. 
  • Drs. Mohammad Hatta: Menurutnya pengertian kebudayaan adalah ciptaan hidu pdari suatu bangsa. 
  • R. Seokmono: Pengertian kebudayaan menurut R. Soekmono merupakan segala output usaha insan, baik berupa benda ataupun hanya berupa butir pikiran dan dalam penghidupan. 
  • Parsudi Suparlan: Menurut Pasudi Suparlan, bahwa pengertian kebudayaan merupakan menjadi keseluruhan pengetahuan insan sebagai makhluk sosial yang digunakannya buat memahami serta menginterpretasikan lingkungan serta pengalamannya, serta menjadi landasan bagi tingkah lakunya. 
Pengertian Kebudayaan Menurut Para Ahli Luar Negeri
  • Kluckhohn serta Kelly: Pengertian kebudayaan menurut Kluckhohn serta Kelly, merupakan semua rancangan hayati yg tercipta secara historis, baik yang tersurat juga yang tersirat, rasional, irasional yg ada dalam suatu ketika sebagai panduan yg potensial buat konduite insan. 
  • E.B. Taylor: Pengertian kebudayaan dari E.B. Taylor bahwa arti kebudayaan merupakan suatu keseluruhan kompleks yg mencakup pengetahuan, agama, seni, kesusilaan, aturan, istiadat istiadat, dan kesanggupan dan kebiasaan lainnya yang dipelajari sang insan menjadi anggota masyarakat. 
  • Nostrand: Menurut Nostrand, kebudayaan adalah menjadi sikap dan agama, cara berfikir, berperilaku, dan mengingat bersama sang anggota komunitas tadi. 
  • Bounded et. Al: Menurutnya, pengertian kebudayaan adalah hal-hal yg berbentuk sang pengembangan dan transmisi dari kepercayaan insan melalui simbol-simbol tertentu. 
  • Sir Edwards B Tylor: Pengertian kebudayaan berdasarkan Sir Edwards B. Tylor bahwa kebudayaan adalah keseluruhan kompleks berdasarkan pandangan baru da segala sesuatu yang didapatkan mausia kecenderungan pengalaman historis. 
Demikianlah artikel sederhana mengenai Pengertian Kebudayaan Menurut Para Ahli serta unsur-unsur kebudayaan dan komponen kebudayaan. Semoga sobat sekalian bisa menerima manfaat menurut pengertian kebudayaan tersebut, termasuk pengertian kebudayaan menurut para ahli pada negeri, dan pengertian kebudayaan berdasarkan para pakar diluar negeri. Sekian serta terima kasih.
Referensi Muin, Idianto. 2013. Sosiologi buat SMA/MA Kelas X, Kelompok Peminatan Ilmu-Ilmu Sosial. Jakarta: Erlangga. Hal: 134-136

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel