PENGERTIAN UMUM SEJARAH ADALAH

Sejarah pada bahasa Yunani menurut istilah Historia yang berarti penyelidikan atau pengetahuan yg diperoleh melalui penelitian yang mendalam. Menurut bahasa Arab, sejarah asal dari kata syarataun yang berarti pohon kayu yg bercabang-cabang karena sejarah kembang antara satu titik insiden yang bercabang ke titik peristiwa yg lain yang saling bekerjasama. Menurut bahasa Jawa, sejarah asal dari istilah badad yang berarti riwayat dan sejarah atau bisa berarti memotong tanaman dengan pisau sehingga terperinci. Di dalam bahasa Inggris, sejarah dari menurut istilah Historia yang berarti masa lampau, masa lampau umat manusia. 
Secara Umum Pengertian Sejarah adalah kejadian yg terjadi di masa lampau yang disusun dari peninggalan-peninggalan aneka macam peristiwa. Atau secara sederhana, pengertian sejarah merupakan suatu ilmu pengetahuan yg mempelajari segala peristiwa atau peristiwa yang telahterjadi pada masa lampau pada kehidupan umat insan. 
Sedangkan dalam bahasa sejarah menurut bahasa terbagi dua yakni pengertin sejarah dalam arti sempit dan pada arti luas. Pengertian sejarah pada arti sempit merupakan insiden atau insiden. Sedangkan pengertian sejarah dalam arti luas adalah suatu peristiwa insan menurut akar dalam realisasi diri dengan kebebasan serta keputusan daya rohani.
Adapun pendapat para ahli yg mendefinisikan pengertian sejarah. Macam-macam pengertian sejarah dari para pakar adalah menjadi berikut.
Pengertian Sejarah Menurut Para Ahli di Luar Negeri
  • Aristoteles: Pengertian sejarah dari Aristoteles merupakan satu sistem yg meneliti suatu kejadian sejak awal tersusun pada bentuk kronologi. Serta menurut Aristoteles bahwa sejarah adalah insiden-peristiwa masa kemudian yg mempunyai catatan, rekod-rekod atau bukti-bukti yg konkrit. 
  • J.V. Bryce: Menurut J.V. Bryce, bahwa pengertian sejarah adalah catatan menurut apa yang telah dipikirkan, dikatakan, dan diperbuat sang manusia.  
  • W.H. Walsh: Pengertian sejarah menurut W.H. Walsh yg mengartikan sejarah itu menitikberatkan dalam pencatatan yang berarti serta krusial saja bagi insan. Catatan itu mencakup tindakan-tindakan dan pengalaman-pengalaman insan pada masa lampau pada hal-hal yang penting sebagai akibatnya meurpakan cerita yang berarti. 
  • Roeslan Abdulgani: Menurut Roeslan Abdulgani bahwa ilmu sejarah adalah salah satu cabang ilmu pengetahuan yg meneliti dan memeriksa secara sistematis holistik perkembangan rakyat dan kemanusiaan pada masa lampau beserta insiden-insiden menggunakan maksud buat lalu menilai secara kritis semua hasil penelitiannya tersebut, buat selanjutnya dijadikan perbendaharaan pedoman bagi penilaian dan penentuan keadaan kini dan arah proses masa depan. 
  • Patrick Gardiner: Pengertian sejarah dari Patrick Gardiner bahwa arti sejarah merupakan ilmu yang memeriksa apa yg telah diperbuat oleh manusia. 
  • Herodotus: Pengertian sejarah berdasarkan Herodotus merupakan satu kajian buat menceritakan suatu perputaran jatuh bangunnya seorang tokoh, rakyat serta peradaban. 
  • Robin Winks: Pengertian sejarah menurut Robin Winks merupakan studi tentang insan dalam kehidupan rakyat. 
  • Leopold Von Ranke: Menurut Leopald Von Ranke bahwa pengertian sejarah adalah apa yang benar-benar-benar-benar terjadi. 
  • Sir Charles Firth: Pengertian sejarah menurut Sir Charles Firth bahwa sejarah merekam kehidupan rakyat insan, perubahan warga yg terus menerus, merekam inspirasi-inspirasi yg membatasi aksi-aksi masyarakat, serta merekam syarat-syarat material yg telah membantu atau merintangi perkembangannya.   
  • Rober V. Daniels: Menurut Robert V. Daniels, pengertian sejarah adalah kenangan dari tumpuan masa silam. Sejarah dimaksud dalam definisi sejarah insan. Manusia adalah pelaku sejarah. Kemampuan yg dimiliki oleh insan adalah kemampuan untuk menangkap kejadian-kejadian yang terdapat pada sekelilingnya. Hasil tangkapan tadi menjadi ingatan atau memori pada dirinya. Memori ini akan sebagai asal sejarah. 
  • R. G. Collingwood: Pengertian sejarah berdasarkan R. G. Collingwood merupakan sebuah bentuk penyelidikan tentang hal-hal yang sudah dilakukan sang insan pada masa lampau.
Pengertian Sejarah Menurut Para Ahli Dalam Negeri (Indonesia) 
  • Ismaun: Pengertian sejarah berdasarkan Ismaun adalah suatu ilmu pengetahuan tentang kisah tentang peristiwa-peristiwa yg sahih-benar telah terjadi atau berlangsung pada segala aspeknya pada masa lampau. Sejarah adalah catatan atau rekaman pilihan yang disusun secara teliti mengenai segala aspek kehidupan umat manusia di masa lampau. 
  • Muhammad Yamin: Pengertian sejarah dari Muhammad Yamin merupakan ilmu pengetahuan yg disusun atas output penyelidikan beberapa peristiwa yg bisa dibuktikan menggunakan bahan kenyataan
  • Moh. Hatta: Menurut Moh. Hatta, sejarah pada wujudnya memberikan pengertian mengenai masa lampau. Sejarah bukan sekadar melahirkan kriteria menurut kejadian di masa kemudian menjadi perkara. Sejarah nir sekedar peristiwa masa lampau, namun pemahaman masa lampau yg didalamnya mengandung aneka macam dinamika, mungkin berisi problematik pelajaran bagi insan berikutnya. 
  • Nugroho Notosusanto: Pengertian sejarah menurut Nugroho Notosusanto bahwa sejarah merupakan insiden-insiden yg menyangkut manusia menjadi makhluk bermasyarakat yg erjadi pada masa lampau.  
  • Taufik Abdullah: Pengertian sejarah menurut Taufik Abdullah merupakan tindakan insan pada jangka waktu eksklusif di masa lampau yg dilakukan pada loka tertentu. 
  • Moh. Ali: Pengertian sejarah berdasarkan Moh
  • Drs. Sidi Gazalba:  Arti sejarah berdasarkan Drs. Sidi Gazalba adalah masa lalu insan dan seputarnya yang disusun secara ilmiah serta lengkap mencakup urutan liputan masa tadi menggunakan tafsiran dan penjelasan yg memberi pengertian serta pemahaman tentang apa yg berlaku.
  • . Ali bahwa sejarah adalah holistik perubahan, serta insiden-kejadian yang sahih-benar sudah terjadi. Sejarah adalah ilmu yg mempelajari perubahan-perubahan yg benar-sahih terjadi pada masa lampau.  
  • Rochmawati Wiriatmaja: Pengertian sejarah menurut Rochiati Wiriatmadja bahwa sejarah adalah disiplin ilmu yg menjanjikan etika, moral, kebijaksanaan, nilai-ilai spritual, serta kultural lantaran kajiannya yg bersifat memberikan panduan pada keseimbangan hidup, harmoni pada nilai-nilai, keteladanan dalam keberhasilan dan kegagalan, serta cerminan pengalaman kolektif yang menjadi kompas buat kehidupan masa depan. 
Demikianlah artikel singkat tentang Pengertian Sejarah Semoga sobat sekalian dapat menerima manfaat  dari artikel pengertian sejarah ini, Sekian dan terima kasih.

Referensi
Marwan Supriyadi, Sejarah 1 untuk SMA / MA Kelas X / penyusun, Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, 2009.
Kartodirdjo, Sartono. 1993. Pendekatan Ilmu Sosial pada Metodologi Sejarah. Jakarta: Gramedia Pustaka

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel