SEJARAH AWAL TERJADINYA NEGARA LAOS

Negara Laos merupakan satu-satunya negara di Asia Tenggara yang nir memiliki wilayah perairan laut. Negara beribukota Vientiane ini dikenal dengan negara yang hening, ramah, dan masih kuat memegang paham tradisi. Ternyata Laos pernah mengalami jaman kolonialisme dan peperangan.

Terjadinya Negara Laos
Orang-orang Lao bermigrasi ke Laos menurut China Selatan sejak abad ke-8. Pada abad ke-14, negara Laos pertama didirikan, Lan Xang kerajaan, yg memerintah Laos sampai dibagi menjadi tiga kerajaan yang terpisah pada tahun 1713. Selama abad ke-18, tiga kerajaan berada di bawah Siam ( Thailand ), dan aturan, pada tahun 1893, sebagai protektorat Perancis. Dengan wilayahnya dimasukkan ke Indochina. Sebuah gerakan nasionalis yang bertenaga dikembangkan selama Perang Dunia II, tapi Perancis membangun balik kontrol pada tahun 1946 serta membuat raja Luang Prabang monarki konstitusional seluruh Laos. Perancis diberikan semiautonomy dalam tahun 1949 serta lalu, didorong oleh Viet Minh pemberontakan di Vietnam, kemerdekaan penuh dalam Uni Perancis dalam tahun 1950.

Pada tahun 1951, Pangeran Souphanouvong menyelenggarakan Pathet Lao, sebuah gerakan kemerdekaan komunis, di Vietnam Utara. Viet Minh serta pasukan Pathet Lao menyerbu sentra Laos, menyebabkan perang sipil. Dengan Perjanjian Jenewa 1954 serta gencatan senjata tahun 1955, 2 provinsi utara diberikan kepada Pathet Lao, sisanya pulang ke rezim kerajaan. Kedaulatan penuh diberikan pada kerajaan sang Perjanjian Paris 29 Desember 1954. Pada tahun 1957, Pangeran Souvanna Phouma, perdana menteri kerajaan, serta Pathet Lao pemimpin Pangeran Souphanouvong, saudara tiri perdana menteri, setuju buat pembentukan pulang pemerintahan bersatu, dengan Pathet Lao partisipasi serta integrasi pasukan Pathet Lao dalam tentara kerajaan. Perjanjian tersebut rusak dalam tahun 1959, serta konflik bersenjata dimulai lagi.

Pada tahun 1960, perjuangan menjadi 3-cara melawan sebagai Jenderal Phoumi Nosavan, mengendalikan sebagian akbar tentara kerajaan, didirikan pada selatan pemerintahan revolusioner pro-Barat yg dipimpin oleh Pangeran Boun Oum. General Phoumi merogoh Vientiane dalam bulan Desember, mengemudi Souvanna Phouma ke pengasingan di Kamboja. Blok Soviet didukung Souvanna Phouma. Pada tahun 1961, gencatan senjata diatur serta 3 pangeran setuju untuk pemerintahan koalisi yang dipimpin sang Souvanna Phouma.

Kemerdekaan Negara Laos
Setelah penjajahan Jepang selama terjadinya Perang Dunia ke-dua, Laos kemudian memerdekakan dirinya dengan nama Kerajaan Laos. Tepatnya dalam tanggal 19 Juli 1949 yang dipimpin oleh Raja Sisavang Vong.

Akibat keguncangan politik yang terjadi pada negara tetangganya (Vietnam), menciptakan situasi syarat Laos menjadi nir stabil. Laos harus menghadapi perang Indocina yang ke 2 kalinya dengan skala yg lebih besar serta mengakibatkan terjadinya perang saudara dan mengalami beberapa kali kudeta.

Pada tahun 1951, Pathet Lao sebuah gerakan komunis pada Vietnam Utara dan Viet Minh menyerang pusat Kerajaan Laos, terjadilah perang sipil. Setelah dikeluarkannya perjanjian Jenewa tahun 1954 serta gencatan senjata tahun 1955, membuat keputusan 2 provinsi utara diberikan pada Pathet Lao. Kemudian Kerajaan Laos mendapatkan kedaulatan penuh dalam tanggal 29 Desember 1954 melalui perjanjian Paris.

Pada tahun 1957 adanya kesepakatan pembentukan pemerintahan manunggal antara Souphanouvong serta Pathet. Namun pada tahun 1959 perjanjian tadi tidak berpengaruh, mereka balik memulai pertarungan bersenjata lagi.

Pada tahun 1975, Kaum komunis Pathet Lao menentang pemerintahan Raja Savang Vatthana. Gerakan tersebut didukung sang Unisoviet dan komunis Vietnam. Sedangkan pada pihak pemerintahan Raja Savang Vatthana menerima dukungan menurut Amerika Serikat dan Prancis.

Setelah mengalami pengambilalihan kekuasaan, Kerajaan Laos kemudian berganti namanya menjadi Republik Demokratik Rakyat Laos, sampai hari ini masih bertahan. Pada tahun 1997 Laos bergabung beserta negara-negara Asia lainnya ke dalam organisasi ASEAN.

Semoga warta yg disajikan berguna bagi para pembaca.

Referensi:
//www.bimbie.com/sejarah-negara-laos.htm
//kartika.xyz/sejarah-dunia/sejarah-negara-laos/

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel