PENGERTIAN UMUM SKALA PETA ADALAH

Skala peta, dapat diartikan menjadi perbandingan (rasio) antara jeda dua titik dalam peta dan jarak sesungguhnya kedua titik tersebut di permukaan bumi atau pada lapangan, serta dalam satuan yg sama. Skala peta adalah keterangan yg mutlak harus dicantumkan agar pemakai dapat mengukur jeda sesungguhnya dalam peta. Misalnya peta skala 1:250.000 artinya jeda 1 centimeter di peta sama dengan jeda 250.000 cm pada lapangan (jeda horizontal). Skala pada peta dapat ditulis dengan dua cara yaitu dengan cara menulis skala nomor atau skala garis, tentang macam-macam skala peta ini akan dibahas terpisah dalam postingan yg lain.
Skala merupakan angka yg memperlihatkan perbandingan jeda di peta menggunakan jarak sebenarnya. 
Sedangkan Peta merupakan gambaran bagian atas bumi dalam bidang datar dengan skala tertentu melalui suatu sistem proyeksi. Peta sanggup disajikan pada banyak sekali cara yang tidak sinkron, mulai dari peta konvensional yg tercetak sampai peta digital yg tampil pada layar komputer. Istilah peta asal dari bahasa Yunani mappa yang berarti taplak atau kain penutup meja. Tetapi secara umum pengertian peta adalah lembaran seluruh atau sebagian permukaan bumi pada bidang datar yang diperkecil dengan memakai skala eksklusif. Sebuah peta merupakan representasi 2 dimensi menurut suatu ruang tiga dimensi. Ilmu yg menyelidiki pembuatan peta dianggap kartografi. Banyak peta memiliki skala, yang memilih seberapa akbar objek dalam peta pada keadaan yg sebenarnya. Kumpulan berdasarkan beberapa peta diklaim atlas.
Secara Umum Pengertian Skala Peta adalah nomor menggunakan perbandingan jeda peta dengan jeda yg sebenarnya. Skala Peta tidak hanya menampakan perbandingan jarak di peta menggunakan jeda yang ada di lapangan. Seperti buat mengukur jeda pada lapangan atau menghitung luas suatu areal, namun dengan menunjukkan ketelitian geometris serta lebih jelasnya berdasarkan unsur dan berita yang disajikan. Semakin akbar suatu skala peta, maka semakin teliti dan detair unsur kabar yang disajikan, begitu pun sebaliknya.  

Rumus Skala Peta
Rumus skala peta digunakan buat memilih atau menghitung akbar skala berdasarkan suatu peta. Rumus ini sangatlah sederhana, hanya memuat perhitungan biasa. Kami konfiden semuanya dapat memakai rumus skala peta ini menggunakan baik. Seperti apa rumusnya? Berikut ini merupakan rumus mencari besar skala dari suatu peta:

Rumus Mencari Skala

Skala = Jarak pada peta : Jarak sesungguhnya.
Mari kita coba rumus skala peta di atas melalui contoh soal berikut adalah:
Diketahui jeda kota A dan kota B dalam peta adalah 20 centimeter. Sedangkan jeda sesungguhnya waktu diukur pada lapangan adalah 200.000 centimeter. Berapakah besar skalanya?
Jawab: Skala Peta = Jarak dalam peta / jarak sesungguhnya = 20 centimeter : 200.000 centimeter = 1 : 2000.
Jadi, besar skala peta tadi adalah 1 : 2000.

Jenis-Jenis Skala Peta 
  • Skala Angka: Skala angka adalah skala yg memperlihatkan perbandingan antara jaka di peta dan jarak yg sebenarnya menggunakan angk. Contoh 1:500.000 dibaca setiap 1 centimeter dalam peta mewakili 500.000 centimeter di lapangan
  • Skala Garis: Skala garis/grafis merupakan skala yang ditunjukkan menggunakan garis lurus yang dibagi pada beberapa ruas, serta setiap ruas memberitahuakn pada satuan panjang yang sama.
    contoh 0_2_4_6_8_10 km
               0_1_2_3_4_5 cm
    dibaca setiap 1 centimeter pada peta mewakili 2km pada lapangan
    Penyebut kilometer yang terakhir (10km) dibagi penyebut centimeter yg terakhir (5cm)
    Jadi, 10 : 5
    •  = 2 km
  • Skala Verbal: Skala lisan adalah skala yang dinyatakan menggunakan kalimat atau secara lisan. Skala yang sering terdapat pada peta-peta nir memakai satuan pengukuran matrik, contohnya peta-peta di Inggris. Contoh 1 inchi = 5 mil
    skala mulut biasanya digunakan sang orang-orang Amerika serta Eropa
Jenis Peta Berdasarkan Skala 
  • Peta Kadaster, peta yang berskala besar dengan skala 1:100-1:5000 Contoh: Peta Badan Pertanahan Nasional, Peta Sertifikat Tanah, Peta Perencanaan Pembangunan/Proyek, Peta Wilayah RT dan RW.
  • Peta Skala Besar, peta yang berskala 1:5000 - 1:250.000 Contoh: Peta Desa, Peta Kelurahan, Peta Kecamatan dan Peta Kotamadya.
  • Peta Skala Menengah, peta yg berskala 1:250.000 - 1:500.000 Contoh: Peta Kabupaten serta Peta Propinsi.
  • Peta Skala Kecil, peta yg berskala 1:500.000 - 1:1.000.000  Contoh: Peta Pulau Kalimantan dan Peta Negara
  • Peta Geografi, peta yg berskala >1:1.000.000  = skala sangat mini . Contoh: Peta Regional Asia Timur, serta Peta Dunia.
Demikianlah artikel sederhana mengenai Pengertian generik Skala Peta Semoga bermanfaat bagi kita seluruh  Sekian serta terima kasih. 
Referensi
Lestari, Eny Wiji.(2011).geografi 3 Untuk Sekolah Menengah Atas/MA Kelas XII.cv Wilian
Gunawan, Totok. 2007. Fakta serta Konsep Geografi. Jakarta: Inter Plus.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel