PENGERTIAN UMUM GLOBALISASI MODERNISASI DAN WESTERNISASI SERTA PERBEDAANNYA


Istilah globalisasi dari dari bahasa Inggris berdasarkan kata global yang berarti universal serta lization yang berarti proses. Jadil arti globalisasi dari istilah adalah sebagai proses penyebaran unsur-unsur baru baik itu warta, pemikiran, gaya hidup, maupun teknologi secara terkenal diseluruh dunia. Terjadinya globalisasi ditandai berdasarkan adanya proses batas suatu negara menjadi semakin sempit atau memudar karena kemudahan berinteraksi menggunakan negara baik itu dengan pertukaran fakta, perdagangan, gaya hayati, serta bentuk hubungan yang lainnya. 
Secara Umum, Pengertian Globalisasi merupakan suatu proses yang terkenal diseluruh dunia dimana individu tidak terikat sang negara atau batas-batas wilayah yg semakin sempit.
Globalisasi selain menurut pengertian diatas, masih ada juga pendapat para ahli diantaranya menjadi berikut.
  • Achmad Suparman: Pengertian Globalisasi menurut Achmad Suparman bahwa globalisasi merupakan suatu proses yg membuahkan sesuatu benda atau perilaku menjadi ciri menurut setiap individu pada global tanpa dibatasi sang daerah. 
  • Selo Soemardjan: Pengertian globalisasi dari Selo Soemardjan adalah sebuah proses terbentuknya sistem organisasi serta komunikasi antar warga pada seluruh dunia buat mengikuti sistem dan kaidah-kaidah eksklusif yang sama. 
Pengertian Modernisasi adalah suatu bentuk perpindahan dari kurang maju atau kurang berkembang ke arah yang lebih baik untuk tercapainya kehidupan rakyat yang lebih maju, berkembang dan makmur.
Modernisasi merupakan proses perubahan dari cara tradisional ke cara baru yg lebih maju buat menaikkan kualitas hayati warga . Lahirnya modernisasi merupakan menurut output kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang terus berkembang. Tingkat teknologi  dalam membentuk modernisasi sangat dirasakan serta dinikmati oleh semua lapisan warga menurut kota metropolitan sampai ke desa-desa terpencil. 
Modernisasi banyak menjadi perhatian para pakar yg mengemukakan pendapatnya pada pengertian para ahli. Seperti berdasarkan Widjojo Nitisastro, serta Soerjono Soekanto, berikut pendapatnya... 
  • Widjojo Nitisastro: Pengertian Modernisasi berdasarkan Widjojo Nitisastro adalah suatu transformasi total serta kehidupan beserta yang tradisional atau pramodern pada arti teknologi serta organisasisosial, ke arah pola-pola hemat dan politis. 
  • Soerjono Soekanto: Pengertian Modernisasi menurut Soerjono Soekanto yang berkata bahwa modernisasi adalah suatu bentuk dan perubahan sosial yang terarah menurut dalam suatu perencanaan yg umumnya dinamakan social planning.

Pengertian Westernisasi merupakan sebuah proses dimana rakyat berada atau mengadopsi budayaBarat di berbagai bidang meliputi berdasarkan, politik, industri, teknologi, ekonomi, hukum, gaya kuliner, pakaian, kepercayaan , bahasa, serta nilai-nilai. 
Westernisasi merupakan sebuah arus akbar yg mempunyai jangkauan politik, sosial, kultural serta teknologi. Westernisasi perwujudan menurut persekongkolan kristen-Zionis-kolonis terhadap umat Islam. Dengan adanya westernisasi maka kehidupan bangsa terutama umat Islam didunia mejadi kebarat-baratan. Konsep westernisasi bersifat materialistik serta modernisasi. Westernisasi bisa artikan menjadi kebebasan penuh.
Adapun pendapat para pakar mengenai pengertian westernisasi merupakan sebagai berikut...
  • Arif Furtonutely: Menurut Arif Furtonutely, bahwa pengertian westernisasi adalah arus akbar dalam dimensi politik, sosial, kultur, budaya, pengetahuan serta seni untuk mengubah karakter kehidupan bangsa-bangsa pada dunia secara umum serta negara-negara Islam khususnya menjadi paham-paham Barat. 
  • Eka Gunawan: Pengertian Westernisasi menurut Eka Gunawan pada bukunya Modernisasi, Westernisasi, Sekuiarisasi bahwa pengertian westernisasi adalah menjadi suatu proses peniruan sang suatu masyarakat/Negara tentang kebudayaan Negara-negara barat yg dianggap lebih baik dari dalam kebudayan negara sendiri. 
 
Perbedaan Globalisasi, Modernisasi & Westernisasi
  • Globalisasi: peningkatan kesalingketergantungan antar negara pada dunia, tidak terdapat satupun negara yang dapat hayati sendiri tanpa dengan adanya donasi negara lain. 
  • Modernisasi: mengganti cara berpikir dari tradisional dan irrasional menjadi cara berpikir yang rasional, efisiensi serta mudah.
  • Westernisasi: berada kepada proses identifikasi serta imitasi budaya barat.
Demikianlah artikel singkat tentang Pengertian, Perbedaan Globalisasi, Modernisasi dan Westernisasi. Semoga bermanfaat artikel mengenai pengertian globalisasi, modernisasi, serta westernisasi ini Sekian serta terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel