PENGERTIAN UMUM RANGKA MANUSIA ADALAH

Beberapa pendapat pakar yg dapat disimpulkan mengatakan bahwa pengertian rangka insan merupakan rangkaian tulang yang saling bersambungan secara teratur dan membentuk tubuh manusia. Dapat dikatakan sebuah rangka apabila terhubung satu sama lain yang membuat rangka tadi terhubung karna adanya sendi serta digerakkan sang otot, yang kita ketahui bahwa rangka tubuh biasa dianggap dengan endoskeleton. Endoskeleton adalah rangka yg terdapat pada tubuh insan yg dibungkus sang otot (daging).
Rangka akan saling bekerja sama yang membentuk sebuah sistem rangka. Sistem rangka adalah suatu kesatuan yang memberikan dukungan berupa dukungan fisik yg disusun oleh sejumlah tulang. Sistem rangka terbagi atas 3 bagian atau tiga tipe yakni eksternal, internal dan basis cairan (rangka hidrostatik). Basis cairan (rangka hidrostatik) juga dikelompokkan secara terpisah karna nir adanya struktur penunjang.
Fungsi Rangka Tubuh Manusia
Rangka mempunyai peran penting pada tubuh insan, yang fungsi rangka tersebut secara garis akbar rangka berfungsi menjadi menegakkan tubuh, akan tetapi bukan hanya itu saja terdapat poly fungsi-fungsi rangka serta penjelasannya yang bisa dicermati misalnya dibawah ini.
Rangka tubuh insan dan fauna bertulang belakang tersusun atas tulang-tulang. Secara umum, rangka mempunyai enam macam fungsi.
Keenam fungsi rangka itu merupakan sebagai berikut.
  1. Menegakkan tubuh dan memberi bentuk tubuh. Misalnya, tulang belakang serta tulang kaki berfungsi menegakkan tubuh serta tulang-tulang tengkorak bagian depan berfungsi menentukan bentuk paras.
  2. Pelindung alat-indera tubuh yg penting serta lunak. Misalnya,  tulang-tulang penyusun rongga dada berfungsi melindungi jantung dan paru-paru dan tulang-tulang tengkorak berfungsi melindungi otak serta bola mata.
  3. Tempat meletakat otot-otot. Tanpa rangka, otot-otot rangka tidak memiliki tempat melekat. Misalnya, otot bisep yg masih ada pada lengan, ujung atasnya inheren dalam tulang belikat dan tulang lengan atas, sedangkan ujung bawahnya inheren pada tulang pengumpil.
  4. Tempat pembuatan sel-sel darah. Tempat pembuatan sel-sel darah merah serta sel-sel darah putih, contohnya pada pada tulang-tulang pipih dan tulang-tulang pendek.
  5. Tempat sumsum kuning. Tempat sumsum kuning yg mengandung sel-sel lemak, misalnya pada pada tulang pipa tulang paha.
  6. Sebagai alat mobilitas. Dengan meluruskan atau merapatkan anggota badannya, fauna serta insan dapat berpindah serta bergerak.
 
Pembentukan Tulang pada Manusia
Proses pembentukan tulang insan atau osifikasi asal berdasarkan tulang rawan (kartilago yg berasal dari mesenkim). Kartilago mempunyai rongga yang akan terisi oleh osteoblas (sel-sel pembentuk tulang). Osteoblas membangun osteosit (sel-sel tulang). Setiap satuan sel-sel tulang akan melingkari pembuluh darah dan serabut saraf membangun sistem havers. Matriks akan terisi kapur dan fosfor yang mengakibatkan tulang menjadi keras.
Struktur Rangka Manusia
Tulang yang menyusun insan terdiri atas 206 buah, yg kemudian dibedakan menjadi tulang aksial serta tulang apendikular. Tulang Aksial Tulang aksial merupakan tulang-tulang yang menyusun rangka utama mulai dari tengkorak hingga tulang ekor. Tulang Apendikular Merupakan tulang-tulang yg menyusun anggota gerak bawah (tangan) serta anggota mobilitas bawah (kaki).
Demikianlah artikel singkat tentang Pengertian Rangka bersama fungsinya semoga bermanfaat. Sekian serta terimakasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel