PENGERTIAN UMUM TEKS EKSPOSISI SERTA CIRICIRI JENIS DAN STRUKTUR TEKS EKSPOSISI

Pengertian teks eksposisi Secara generik merupakan paragraf atau karangan yg terkandung sejumlah informasi serta pengetahuan yg tersaji secara singkat, padat, serta akurat. Paragraf eksposisi ini bersifat Ilmiah atau dapat dikatakan non fiksi. Contoh-contoh teks eksposisi bisa dilihat warta-berita atau koran, namun model eksposisi bisa dicermati dibawah ini tetapi sebelum itu mari kita pelajari teks eksposisi lebih pada dengan melihat jenis, karakteristik-karakteristik struktur serta tujuan eksposisi diantaranya menjadi berikut... 


Ciri-Ciri Teks Eksposisi 
  • Menjelaskan keterangan-kabar pengetahuan 
  • Gaya liputan yg mengajak 
  • Penyampaian secara lugas serta menggunakan bahasa yang baku 
  • Tidak memihak artinya nir memaksakan kemauan penulis terhadap pembaca 
  • Fakta dibakai sebagai alat donasi serta alat kontritasi 
Jenis-Jenis Teks Eksposisi
  • Eksposisi definisi
  • Eksposisi Proses
  • Eksposisi Klasifikasi
  • Eksposisi Ilustrasi
  • Ekskposisi Perbandingan
  • Eksposisi Laporan 
Struktur Teks Eksposisi
  • Tesis (Pembukaan)
  • Argumentasi (Isi)
  • Penegasan Ulang (Penegasan ulang)
Tujuan Teks Eksposisi
Tujuan teks eksposisi merupakan buat memaparkan atau menyebutkan infomasi-warta eksklusif sehingga pengetahuan para pembaca bertambah.

Contoh Teks Eksposisi

Mangga dan Agroklimat
Mangga adalah tanaman butir dengan taraf ketergantungan yg tinggi pada agroklimat. Ada tumbuhan buah yg nir begitu tergantung dalam faktor agroklimat, contohnya nangka serta alpukat. Ada pula yang tingkat ketergantungannya pada agroklimat sangat tinggi, misalnya apel. Hampir tak ada tanaman yang dapat seratus % bebas menurut faktor agroklimat, kecuali flora itu dibudidayakan pada green house yg tersolir dari udara luar serta lengkap menggunakan pengatur suhu serta kelembapan. Mangga memang flora butir tropis, tetapi beliau justru nir menyukai kelembapan serta curah hujan yg tinggi. Itulah sebabnya butir itu lalu dibudidayakan pada kawasan pengajar seperti Meksiko, Mesir, dan Israel, atau pada tempat subtropis misalnya Australia serta Taiwan. Pokoknya, semakin kering serta panas suatu daerah, tumbuhan mangga semakin menyukainya. Di Indonesia pun mangga hanya bisa tumbuh baik pada dataran rendah menggunakan curah hujan sedikit misalnya Indramayu, Pasuruan, dan Probolinggo 

Meskipun menyukai daerah kering menggunakan udara panas, mangga tetap memerlukan poly air. Unsur primer untuk membangun buah memang air, udara (CO2) dan unsur hara. Dari 3 unsur tersebut, air diharapkan flora mangga dalam jumlah paling poly. Oleh karena itu, meskipun udara pada Pasuruan serta Probolinggo relatif panas dan kering, air tanahnya relatif dangkal sebagai akibatnya cocok buat tumbuhan mangga. Di luar Jawa, daerah yg agroklimatnya seperti itu diantaranya di wilayah lembah palu. 

Di dataran rendah yg kemarau, flora mangga dapat menerima sinar mentari selama 12 jam penuh sepanjang tahun. Sinar matahari berperan buat pembentukan buah. Semakin intensif sinar mentari , semakin cantik butir yg dihasilkan. Itulah sebabnya kawasan gurun bisa membuat butir mangga yang cukup anggun. Dengan sinar matahari penuh selama 12 jam, flora mangga bisa leluasa menciptakan karbohidrat dan gula. 

Indonesia yang terletak pada daerah tropis memang memiliki poly variasi agroklimat. Ada tempat yg ekstrem kering, ada juga yang ekstrem basah. Ada dataran tinggi yg dingin, terdapat juga dataran rendah yg panas. Kontur basah yg menggelombang serta berbukit-bukit jua menguntungkan karena memudahkan sistem pengairan menggunakan memakai sistem gravitasi-namun memakai mesin-mesin yang berat. Akan tetapi, secara keseluruhan, agroklimat pada Indonesia sangat menguntungkan bagi pengembangan agrobisnis modern. 

Kondisi agroklimat yang menguntungkan itu kadang-kadang justru bisa berbalik menjadi ancaman. Selama ini kita selalu membanggakan tanah air kita yg fertile dan makmur. Kita juga membanggakan jumlah koleks plasma nutfah mangga kita yg mencapai peringkat angka 2 pada global setelah India. Akan tetapi, membisu-membisu Thailand, Mesir, Taiwan, dan Australia mengebunkannya. Di Australia tersedia huma yg sangat luas, modal yg sangat akbar, teknologi yg sangat canggih, dan agroklimat yg cocok buat mangga. Oleh karena itu, kita akan ketinggalan bila hanya mengandalkan syarat agroklimat yg "fertile makmur"

Sekian artikel singkat tentang penjelasan Teks Eksposisi semoga dapat bermanfaat bagi kita seluruh. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel