MACAMMACAM TIPE INTERAKSI ANTARSPESIES BESERTA CONTOHCONTOHNYA

Interaksi/interaksi antarspesies terdiri atas beberapa macam jenis tipe-tipe interaksi antarspesies dimana kita tahu bahwa setiap organisme nir bisa hayati sendiri, lantaran setiap organisme membutuhkan donasi berdasarkan orang lain. Organisme berkelompok dalam menempati suatu ruang eksklusif yg saling berinteraksi, baik yg sifatnya positif, negatif, netral atau kombinasi. Setiap interaksi-hubungan yg terjadi akan menaruh manfaat yang berdampak bagi setiap spesies yang saling berinteraksi anggota populasi yg akan memengaruhi kehidupan dan kecepatan pertumbuhan populasi. 

Tipe-Tipe Interaksi Antarspesies
Terdapat beberapa tipe interaksi antarspesies. Macam-Macam Tipe Interaksi Antarspesies adalah sebagai berikut :
1. Netralisme 
Netralisme adalah hubungan antara dua atau lebih spesies yg satu sama lain tidak terpengaruh menurut adanya asosiasi. Dalam Netralisme tidak terdapat yang diuntungkan dan dirugikan. Netralisme dapat terjadi bila antara spesies mempunyai kebutuhan yang berbeda. Contoh Netralisme merupakan antara sapi dan kucing, sapi memakan rumput, sedangkan kucing memakan tikus. 

2. Kompetisi (Persaingan) 
Kompotesi merupakan interaksi antara 2 atau lebih spesies yg saling menghalangi. Kompetisi bisa terjadi lantaran setiap spesies mempunyai kebutuhan yang sama dimana setiap spesies bersaing pada memperebutkan sesuatu yang diperlukan dalam hidupnya, misalnya ruang (loka), udara, air, makanan, sinar mentari , dan pasangan kawin. Persaingan tersebut berdampak bagi spesies yg kalah akan mangkat , tersingkir atau berpindah ke tempat lain. Kompetisi (persaingan) dibedakan sebagai 2 macam antara lain menjadi berikut..
  • Kompetisi intraspesifik : Kompetisi intraspesifik merupakan persaingan yg terjadi antara organisme atau individu yang mempunyai spesies yang sama. Contoh Kompetisi Intraspesifik adalah kambing jantang dengan kambing jantang berkelahi pada memperbutkan pasangan kawinnya. 
  • Kompetisi interspesifik : Kompetisi interspesifik adalah persaingan yg terjadi antara organisme atau individu yg tidak selaras spesies. Contoh Kompotisi Interspesifik merupakan tumbuhan jagung dan rumput yang sama tumbuh di ladang. 
3. Komensalisme 
Komensalisme adalah hubungan atau hubungan antara 2 atau lebih spesies dimana keliru satu pihak diuntungkan serta spesies yg lain tidak dirugikan. Contoh Komensalisme merupakan tanaman paku dan anggrek yang hidup melekat pada pohon. 

4. Amensalisme 
Amensalisme adalah hubungan antara 2 spesies atau lebih yg mengakibatkan salah satu pihak dirugikan sedangkan pihak yang lain tidak terpengaruh sang adanya asosiasi atau tidak membuahkan apa-apa (nir rugi dan nir laba ). Pada banyak masalah, interaksi ini ditimbulkan oleh kenyataan alelopati. Alelopati adalah fenomena saat suatu organisme yang membuat zat kimia menggunakan memengaruhi pertumbuhan, kelangsungan hidupnya, dan reproduksi organisme lain yang terdapat disekitarnya. Zat kimia yang didapatkan disebut menggunakan alelokimia. Alelokimia merupakan berupa metabolit sekunder yg tidak dibutuhkan dalam metabolisme organisme alelopati. Contoh Amensalisme adalah Nerium oleander menghasilkan racun oleandrin yang mematikan bagi manusia, ganggang Hydrodictyon dan Scnedesmus menghasilkan antibotik yang dapat mematikan bakteri tertentu. 

5. Parasitisme 
Parasitisme adalah interaksi atau hubungan antar organisme yang tidak sama spesies yang hanya menguntungkan galat satu pihak sedangkan yg lain dirugikan. Parasit memperoleh makanan dari inangnya, bila inang mangkat , maka parasit akan tewas atau mencari inang baru. Berdasarkan letaknya parasit dibedakan sebagai 2 macam antara lain menjadi berikut... 
  • Parasit Internal (Endoparasit), contohnya Trichomonas vaginalis yang hayati pada saluran kelamin wanita. 
  • Parasit Ekternal (Ektoparasit), misalnya tanaman tali putri (Custuta sp) yang hayati menumpang pada tanaman lain. 
6. Mutualisme 
Mutualisme adalah interaksi/interaksi antara dua spesies atau lebih yg setiap pihak mendapatkan keuntungan berdasarkan saling membutuhkan yang sifatnya wajib . Contoh Mutualisme adalah Lichen yang adalah mutualisme antara fungi dengan Cyanobacteria, Rhizobium yg  hidup pada bintil akar kacang-kacangan, lebah dengan bunga. 

7. Protokooperasi 
  Protokooperasi adalah hubungan atau interaksi antara 2 spesies atau lebih yang setiap mendapatkan keuntungan, namun tidak bersifat wajib . Contoh Protokooperasi merupakan kerbau menggunakan burung jalak. Burung jalak mendapatkan makanan berupa kutu walaupun burung jalak bisa menerima kuliner menurut sumber misalnya semut, belalang, ulat.sementara itu kerbau terbebas dari kutu. 


8. Predasi (Pemangsaan) 
Predasi merupakan hubungan atau hubungan mangsa dan pemangsa (predator). Predasi merupakan hubungan yang sangat erat lantaran tanpa terdapat mangsa, predator nir dapat hidup. Predator berfungsi menjadi pengontrol populasi mangsa. Contoh Predasi adalah ular yg sebagai predator tikus, singa menggunakan kijang, beruang dengan ikan salem. 



Demikianlah artikel singkat Macam-Macam Tipe Interaksi Antarspesies serta Contohnya. Semoga berguna. Sekian dan terima kasih.
Pustaka :
Irnaningtyas.2013. Biologi buat SMA/MA Kelas X, Kelompok Peminatan Matematika serta Ilmu Alam. Hal : 408-410. Jakarta :Erlangga; Indriyanto.2006. Ekologi Hutan. Jakarta :Bumi Aksara; Pratiwi. D.A dkk. 2006. Biologi Jilid 1 buat Sekolah Menengah Atas Kelas X. Hal : 275-276. Jakarta : Erlanga. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel