PENGERTIAN PERBEDAAN SEL PROKARIOTIK DAN SEL EUKARIOTIK

Bagian terkecil dari suatu makhluk hidup merupakan sel. Sel memiliki struktur yg dibagi sebagai dua yaitur sel prokariotik dan sel eukariotik. Seluruh organisme tersusun atas keliru satu sel prokariotik serta sel eukariotik. Secara Umum, Pengertian Sel Prokariotik merupakan sel yang nir memiliki selaput inti atau membran inti sel. Sedangkan berdasarkan Pengertian Sel Eukariotik merupakan sel yang mempunyai selaput inti/membran inti sel. 

Pembahasan Sel Prokariotik

Sel prokariotik memiliki materi genetik yang tidak dibungkus oleh selaput. Umumnya sel prokariotik adalah uniseluler, walaupun masih ada beberapa dari multiseluler. Sel prokariotik uniseluler dapat menciptakan koloni. Istilah prokariota berasal dari bahasa Yunani menurut kata pro yang berarti sebelum karyon yang berarti kacang atau biji. Contoh sel prokariotik adalah bakteri (bacteria) serta sianobacteria (cyanobacteria). 

Pembahasan Sel Eukariotik 

Sel eukariotik memiliki materi genetik yg tidak beredar melainkan dengan dibungkus selaput. Jenis-jenis dalam sel eukariotik meliputi sel fauna, sel flora, sel protista, dan sel fungi. Istilah Eukariotik dari berdasarkan bahasa Yunani dari kata eu yang berarti baik dan karyon yang berarti kacang atau biji yg menunjuk nulei sel. Eukariota merupakan organisme dengan sel kompleks. 

Tabel Perbedaan Sel Prokariotik dan Sel Eukariotik

Demikianlah artikel tentang Pengertian, Perbedaan Sel Prokariotik & Sel Eukariotik. Semoga berguna bagi kita seluruh baik. Sekian serta terima kasih.
Pustaka :
Syamsuri, Istamar. 2007. Biologi 2A buat Sekolah Menengah Atas/MA kelas XI Semester 1. Jakarta : Erlangga.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel