KASUS PELANGGARAN HAM DI INDONESIA DAN DUNIA INTERNASIONAL

Pelanggaran HAM (Hak asasi Manusia) pada Indonesia & global, misalnya di Indonesia banyak masalah-perkara pelanggaram HAM yg sekarang pelum diusut hingga tuntas, hal ini tentu saja menjadi perhatian kita seluruh buat belajar menurut sejarah tentang model-contoh kasus pelanggaran HAM baik itu di Indonesia atau yang terdapat pada aneka macam negara supaya nir terulang pada hari kemudian. 

Coba kita bayangkan betapa kejamnya negara kita dahulu disaat HAM ibarat tulisan serta nama saja yang tak berfungsi apa-apa. Tentu kita semua tidak ingin berada pada masa tadi yang terdapat poly pelanggaran-pelanggaran HAM baik yang ringan maupun yg berat. Apalagi apabila waktu ini HAM sama seperti dulu, tentu poly macam-macam kasus pelanggaran HAM di lebih kurang kita, jadi beruntunglah kita kini ini HAM (Hak Asasi Manusia) kini telah hadir, telah kuat, dan dapat menjaga kita seluruh. 

Banyak Contoh Kasus Pelanggaran-Pelanggaran HAM, sebagai pelajaran buat tidak terjadi lagi dengan intensif kebijakan pemerintah akan ketegasannya menjaga Hak Asasi Manusia (HAM). Bukti kebijakan-kebijakan menjaga Hak Asasi Manusia tidak terjadinya pelanggaran-pelanggaran HAM bisa dipandang berdasarkan kurangnya masalah pelanggaran HAM yang terjadi kini ini.
Sebelum membahas mengenai model-contoh kasus pelanggaran HAM, tahukah anda tentang Pengertian HAM (Hak Asasi Manusia) berdasarkan Undang-Undang No. 39 Tahun 1999, HAM merupakan seperangkat hak yg inheren pada hakekat serta keberadaan insan menjadi makhlukh Tuhan Yang Maha Esa serta merupakan Anugerah-Nya yg wajib dihormati, dijunjung tinggi dan dilindungi oleh negara, aturan, pemerintah, dan setiap orang demi kehormatan serta perlindungan harkat dan prestise insan. Menurut Pasal 9 UU No. 39 Tahun 1999 mengenai macam-macam hak dasar insan merupakan sebagai berikut..
  • Hak atas kesejahteraan 
  • Hak buat hayati 
  • Hak menyebarkan diri 
  • Hak atas rasa kondusif 
  • Hak berkeluarga serta melanjutkan keterunan 
  • Hak atas kebebasan eksklusif 
  • Hak atas memperoleh keadilan 
  • Hak atas perempuan  
  • Hak anak 
  • Hak turut serta dalam pemerintahan
Dasar Hukum Penegakan Hak Asasi Manusia pada Indonesia tertulis dalam empat hukum yg menyatakan tentang HAM yakni UUD 1945, Tap MPR, UU, Peraturan Daerah, Kepres, dll. Salah satu menurut keempat hukum tersebut merupakan UUD 1945 RI, seperti pasal 27 ayat 1, pasal 28, pasal 29 ayat dua, pasal 30 ayat 1, dan pasal 31 ayat 1. Hak asasi Manusia setiap tahun dirayakan diseluruh negara pada global yakni dalam tanggal 10 Desember.

Bentuk-Bentuk Pelanggaran HAM 

Bentuk pelanggaran-pelanggaran HAM yg biasa didapati rakyat antara lain: 
  • Diskriminasi adalah restriksi, pelecehan, dan pengucilan yang dilakukan eksklusif atau tidak langsung yang didasarkan pada perbedaan insan baik itu etni, kepercayaan , suku dan ras.  
  • Penyiksaan adalah perbuatan yang menyebabkan rasa sakit atau penderitaan baik itu jasmani maupun rohani 
Bentuk pelanggaran-pelanggaran HAM berdasarkan jenisnya antara lain 
a. Bentuk pelanggaran HAM bersifat berat 
  • Pembunuhan massal (genisida) 
  • Penghilangan orang secara paksa 
  • Pembunuhan sewenang-wenang
  • Perbudakan atau diskriminasi secara sistematis
b. Bentuk pelanggarna HAM bersifat ringan
  • Pencemaran nama baik 
  • Pemukulan 
  • Menghalangi orang buat mengekspresikan pendapatnya
  • Penganiayaan
  • Menghilangkan nyawa orang lain 

Contoh Kasus Pelanggaran HAM di Sekolah 

  • Guru membeda-bedakan siswanya di sekolah dari dari kekayaan, kepintaran, serta perilakunya. 
  • Siswa mengejek, menghina atau membuli siswa lain 
  • Siswa memalak atau menganiaya siswa lain 
  • Siswa melakukan tawuran pelajar ke sahabat sekolahnya ataupun dengan anak didik sekolah lain 
  • Guru memberikan hukuman/hukuman ke siswanya secara fisik seperti menendang, mencubit, memukul. 

Contoh Kasus Pelanggaran HAM (Hak Asasi Manusia) di Indonesia 

1. Contoh Kasus Pelanggaran HAM (Hak Asasi Manusia) di Indonesia: Kasus Tanjung Priok (1984)
Kasus pelanggaran HAM. Bermula dari masyarakat Tanjung Priok, Jakarta Utara berdemonstrasi yg rusuh antara rakyat menggunakan kepolisian serta anggota Tentara Nasional Indonesia yang menyebabkan sejumlah warga mati serta luka-luka. Peristiwa yg terjadi tanggal 12 September 1984. Sejumlah masyarakat dan aparat militer dialidi atas tuduhan pelanggaran Hak Asasi Manusia. Peristiwa ini dilatar belakang dalam masa Orde Baru.
2. Contoh Kasus Pelanggaran HAM (Hak Asasi Manusia) di Indonesia: Kasus Pembunuhan TKW, Marsinah
Marsinah adalah tenaga kerja pada  PT. Catur Putra Surya (CPS) di Porong, Sidoarjo, Jawa imur. Latar belakang insiden tersebut adalah saat Marsinah dan sahabat-temannya unjuk rasa, yg menuntuk kenaikan upah buruh tanggal 3 dan 4 Mei 1993. Masalah tadi semakin bertambah runyam saat Marsinah menghilang dan tidak diketahui oleh rekannya, dan hingga akhirnya tanggal 8 Mei 1993 Marsinah ditemukan meninggal global. Mayatnya ditemukan pada hutan Dusun Jegong, Kecamtan Wilangan, Nganjuk, Jawa Timur menggunakan tanda-indikasi bekas penyiksaan. Berdasarkan output otopsi, diketahui bahwa Marsinah meninggal karena penganiayaan berat.
3. Contoh Kasus Pelanggaran HAM (Hak Asasi Manusia) pada Indonesia: Peristiwa Aceh (1990)
Peristiwa Aceh terjadi sejak tahun 1990 yang memakan korban baik di pihak aparat maupun penduduk sipil yang tidak berdosa. Peristiwa Aceh tadi diduga berdasarkan unsur politik dimana masih ada pihak-pihak eksklusif yang berkeinginan Aceh buat merdeka.
4. Contoh Kasus Pelanggaran HAM (Hak Asasi Manusia) pada Indonesia: Peristiwa Penembakan Peristiwa Trisakti
Kasus penembakan mahasiswa Trisakti merupakan sebagian perkara penempakan para mahasiswa yg sedang berdemonstrasi oleh anggota polisi dan militer. Peristiwa trisakti dilatar belakangi dari demonstrasi mahasiswa trisakti ketika Indonesia mengalami Krisis Finansial Asia tahun 1997 menuntut presiden Soeharto mundur menurut jabatannya. Dikabarkan, insiden ini masih ada puluhan mahasiswa mengalami luka-luka, sebagian meninggal global karena ditembak peluru oleh anggota polisi dan militer.
5. Contoh Kasus Pelanggaran HAM (Hak Asasi Manusia) pada Indonesia: Kasus Pembunuhan Munir Said Thalib
Munir Said Thalib adalah aktivis HAM yg pernah menangani masalah-kasus pelanggaran HAM. Munir lahir di Malang, 8 Desember 1965 serta mati 7 September 2004 di dalam pesawat Garuda Indonesia pada bepergian menuju Amsterdam, Belanda. Banyak keterangan yang bermunculan, bahwa Munir mati di bunung dalam pesawat, serangan jantung hingga dengan diracuni. Namun, sebagian orang percaya bahwa Munir mati lantaran diracuni dengan Arsenikum di kuliner atau minuman waktu pada pesawat. Kasus yang hingga sekarang diajukan ke Amnesty Internasional serta masih diproses. Di Tahun 2005, Seorang piot Garuda yakni Pollycarpus Budihari Priyanto dijatuhi hukuman 14 Tahun penjara karena terbuktih tersangka penghilangan nyawa Munir yg sengaja menaruh Arsenik pada makanan munir dan meninggal di pesawat.
6. Contoh Kasus Pelanggaran HAM (Hak Asasi Manusia) di Indonesia: Peristiwa Bom Bali
Peristiwa bom bali terjadi lantaran aksi terorisme terbesar di Indonesia di tahun 2002. Bom diledakkan di tempat Legian Kuta oleh sekelompok jaringan teroris. Peledakan bom tadi memakan korban mati dunia sebanyak 202 orang baik turis asing sampai warga lokal yang berada di kurang lebih lokasi. Akibat menurut peristiwa ini, memicu tindakan terorisme serta membuat panik semua warga Indonesia.
7. Contoh Kasus Pelanggaran HAM (Hak Asasi Manusia) di Indonesia: Pembantaian Rawagede
Pembantaian Rawagede adalah pelanggaran HAM yg terjadi penembakan serta penghilangan nyawa penduduk kampung Rawagede (kini Desa Balongsari, Rawamerta, Karawang, Jawa Barat) sang tentara Belanda tanggal 9 Desember 1945 bersamaan menggunakan Agresi Militer Belanda I. Akibatnya puluhan rakyat sipil terbunuh oleh tentara Belanda yg kebanyakan dibunuh tanpa alasan yg jelas. Tanggal 14 September 2011, Pengadilan Den Haaq menyatakan pemerintah Belanda bersalah serta harus bertanggung jawab dengan membayar ganti rugi pada para keluarga korban pembantaian Rawagede.
8. Contoh Kasus Pelanggaran HAM (Hak Asasi Manusia) pada Indonesia: Penculikan Aktivis
Kasus penculikan aktivis dan penghilangan secara paksa para aktivis pro demokrasi. Terdapat 23 aktivis pro demokrasi diculik, disiksa dan menghilang, walaupun terdapat satu orang terbunuh, 9 aktivis dilepaskan serta 13 aktivis masih belum diketahui keberadaannya hingga kini . Diyakini bahwa mereka diculik serta disiksa oleh anggota Militer.
9. Contoh Kasus Pelanggaran HAM (Hak Asasi Manusia) di Indonesia: Peristiwa 27 Juli
Peristiwa yang ditimbulkan dari pendukung Megawati Soekarno Putri yg menyerbu dan mengambil alih tempat kerja DPP PDI pada Jakarta Pusat lepas 27 Juli 1996. Massa mulai melempari batu serta bentkrok ditambah lagi kepolisian serta anggota Tentara Nasional Indonesia dan ABRI datang beserta pansernya. Kerusuhan tersebut meluas hingga ke jalan-jalan, massa mulai Mengganggu bangunan dan rambu-rambu lalu lintas. Dikabarkan bahwa lima orang tewas global, terdapat puluhan orang baik sipil maupun aparat mengalami luka-luka dan beberapa ditahan. Berdasarkan KOMNAS HAM peristiwa ini terbukti pelanggaran HAM.
10. Contoh Kasus Pelanggaran HAM (Hak Asasi Manusia) pada Indonesia: Pembantaian Santa Cruz
Kasus yang masuk dalam kasus pelanggaran HAM pada Indonesia, yaitu pembantaian oleh militer atau anggota TNI dengan menembak warga sipil pada pemakaman Santa Cruz, Dili, di Timor-Timur lepas 12 November 1991. Kebanyakan masyarakat sipil sedang menghadiri pemakanan rekannya di pemakaman Santa Cruz ditembak anggota Militer Indonesia. Puluhan demonstran yang kebanyakan mahasiswa serta masyarakat sipil mengalami luka-luka serta sampai mangkat . Peristiwa ini murni penghilangan nyawa anggota TNI serta aksi menyatakan TImor-Timur keluar berdasarkan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) serta membentuk negara sendiri.
11. Contoh Kasus Pelanggaran HAM (Hak Asasi Manusia) pada Indonesia: Kasus Dukun Santet di Banyuwangi
Peristiwa bersama penghilangan nyawa yg terjadi tahun 1998 di banyuwangi yang ketika itu tengah hangat-hangatnya praktetk dukun santet didesa-desa mereka. Banyak rakyat kurang lebih yg melakukan kerusuhan berupa penangkapan dan pembunuhan terhadap orang yg dituduh menjadi dukun santet. Anggota TNi dan ABRI nir tnggal diam serta menyelamatkan yg dituduh dukun santet yg selamat menurut amukan masyarakat.
12. Contoh Kasus Pelanggaran HAM (Hak Asasi Manusia) pada Indonesia: Pelanggaran HAM berat dalam peristiwa G30 S:
Peristiwa G30S PKI merupakan insiden penculikan serta penghilangan nyawa beberapa jenderal dan perwira Tentara Nasional Indonesia dalam malam hari tanggal 30 september hingga 1 oktober tahun 1965 sang anggota PKI (partai komunis indonesia). Terdapat jenderal yang berhasil meloloskan diri yaitu AH. Nasution namun naas yang menjadi kroban adlaah seseorang putrinya.

Contoh Kasus Pelanggaran HAM di Dunia Internasional 

1. Contoh Kasus Pelanggaran HAM (Hak Asasi Manusia) Dunia Internasional: Pelanggaran Israel serta Palestina
Israel adalah daerah yang terbentuk dari perkumpulan orang-orang Yahudi yg mengungsi ke wilayah Palestina. Orang-orang yahudi diterima baik sang banga Palestina, namun kemudian membentuk sebuah negara bernama Israel. Israel sedikit demi sekidt mulai memperluas wilayahnya dengan mengusir penduduk orisinil. Dengan bantuan Amerika Serikat, Israel sekarang dapat menguasai sebagian akbar berdasarkan daerah Palestina, sedangkan palestina kini hanya wilayah mini yang terletak ditengah negara Israel. Israel selalu melakukan penyerangan langsung terhadap Palestina. Terdapat ribuan warga Palestina menjadi korban. Bahkan relawan yg membantu ikut menjadi korban. Palestina sekarang berjuang buat mendapatkan pengakuan PBB sebagai suatu negara, namun diakuinya palestina nir menghentingkan peperangan tersebut, sampai-sampai banyak hukum internasional yang dilanggaran sang Israel. Namun tidak ada ketegasan PBB.
2. Contoh Kasus Pelanggaran HAM (Hak Asasi Manusia) Dunia Internasional: Kekejaman Rezim Adolf Hitler
Adolf Hitler merupakan pimpinan partai NAZI yang memenangkan pemile Jerman. Hitler dipercaya orang paling kejam di eranya. Terdapat poly perkara pelanggaran HAM, perilaku otoriternya membawa dalam penangkapan dan pengasingan terhadap sejumlah musuh politik yg menentang kebijakannya, melakukan penghilangan nyawa massal serta eksodus bangsa Yahudi dari Jerman, pembantaian di Cekoslovakia dan Austria buat menduduki negara tersebut. Adolf Hitler merupakan satu tokoh pemicu perang dunia ke II. Hitler ditemukan mati global pada bungker beserta Istrinya karena bunuh diri.
3. Contoh Kasus Pelanggaran HAM (Hak Asasi Manusia) Dunia Internasional: Pelanggaran HAM Uni Soviet pada Afganistan
Dari tahun 1979-1990-an tentara Uni Soviet yg terpecah sebagai beberapa negara melakukan penyerangan terus menerus pada Afganistan. Terdapat 85.000 tentara yang ditempatkan pada Afganistan menggunakan alasan menjaga perdamaian, namun ditinjau menurut kenyatannya, tentara tadi menyerang siapapun yg terlihat mencurigakan. Banyak orang yang menjadi korban menurut intervensi tadi baik itu menurut kalangan militer ataupun orang sipil.
4. Contoh Kasus Pelanggaran HAM (Hak Asasi Manusia) Dunia Internasional: Pelanggaran HAM di Mesir
Rezim Hosni Mubbarak yg berumur lebih empat dekade akhirnya harus terhenti di tangan rakyat mesir sendiri. Selama berminggu-minggu terdapat ratusan masyarakat yg turun ke jalan dan menyerukan buat menurunkan presiden Mesir. Hal yg dipicu dari krisis ekonomi dan politik yg dialami Mesir. Presiden yang dipercaya baik karena memperhatikan masyarakat mini , tetapi lantaran perilaku mewah dan otoriternya membuat sebagian besar tidak menghendaki Mubbarak memimpin Mesir lagi. Banyak korban yg berjatuhan buat menghentikan demonstrasi mulai menurut memakai pasukan berkuda, menabrakkan mobil ke arah serta menembakkan peluru tajam ke pengunjuk rasa. Namun akhirnya, wilayah-daerah yang dikuasai pemerintah bisa diambil alih oleh demonstran setelah militer membelot buat membelah oposisi dibanding Mubbarak. Tak lama Hosni Mubbarak terkepung sang ratusan rakyat Mesir dan bersembunyi pada pada selokan yang ditemukan rakyat dan pada akhirnya mangkat di tangan warga yg pernah dipimpinnya.
Dalam perkara ini terdapat dua pelanggaran Hak asasi insan, pertama pelanggaran HAM oleh presiden Mesir sendiri yg kedua pelanggaran HAM yg dilakukan rakat mesir karena nir memberi Hosni Mubbarak buat mempertanggung jawabakkan kesalahan dan perbuatannya di hadapan hukum dengan menyiksa serta membunuhnya.
5. Contoh Kasus Pelanggaran HAM (Hak Asasi Manusia) Dunia Internasional: Krisis Suriah dibawah Pimpinan Bassar Al Ashad
Beberapa rakyat suriah ingin mereformasi pemerintahan yang dipercaya tidak berjalan baik, hal ini misalnya yang terjadi di mesir. Tetapi perjuangan warga sangat sulit dan mustahil lantaran pemerintah benar-sahih menguasai militer. Oposisi yang memimpin aksipun kesulitan untuk melawan yg pada akhirnya terdesak dan keluar pada pusat kota. Kerusuhan tadi sebagai sebuah perang saudara yg menelan korban jiwa sekitar 60.000 jiwa rakyat suriah serta kurang lebih 500 warga asing yg meninggal dunia. Selain itu pihak pemerintah kurang lebih 12.000 tentara tewas dunia.
Perang saudara ini, membuat negara lain ikut berperang seperti turki yang kehilangan 2 pilot F-4 sesudah pesawatnya ditembak. Kemudian Jordania yg mencicipi pengaruh perang serta mengancam menyerang suriah. Sampai sekarang krisis suriah tengah berada pada perbincangan bangsa Eropa dan Amerika yang mengusahakan buat menghentikan peperangan karena dipercaya sudah melanggara HAM masyarakat suriah. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel