PENGERTIAN SARAF SIMPATIK DAN FUNGSI SARAF SIMPATIK ADALAH

Pengertian Saraf Simpatik adalah saraf yang berpangkal di medula spinalis (sumsum tulang belakang) yang berada di wilayah dada dan pinggang yang terletak didepan ruas tulang belakang. Saraf Simpatik diklaim jua dengan sistem saraf torakolumbar. Dapat dikatakan saraf torakolumbar karena saraf preganglion keluar menurut tulang belakang toraks ke-1 hingga 12. Sistem saraf simpatik memiliki 25 pasang ganglion atau simpul saraf yg letaknya berada pada sumsum tulang belakang. misalnya mempercepat detak jantuk serta menyebabkan kontrasi pembuluh darah. Sistem ini mengatur fungsi kelenjar keringat serta merangsang sekresi glukosa pada hati. Sistem saraf simpatik diaktifkan terutama pada syarat stres. Sistem saraf simpatik diklaim pula sistem saraf torakolumbar, karena saraf preganglion keluar dari tulang belakang toraks ke-1 sampai dengan ke-12. Sistem saraf ini berupa 25 pasang ganglion atau simpul saraf yg masih ada di sumsum tulang belakang.
Fungsi-Fungsi Sistem Saraf Simpatik - Saraf Simpatik merupakan bagian dari sistem saraf tak sadar (otonom) yang mempunyai fungsi antagonis menggunakan sistem saraf parasimpatik. Apabila sistem saraf parasimpatik berfungsi memperlambat kerja organ tubuh, maka kebalikannya dengan sistem saraf simpatik berfungsi meningkatkan kecepatan/memacu kerja organ tubuh. Tetapi terdapat beberapa organ tubuh yang berlawanan menggunakan fungsi utama berdasarkan ke 2 saraf tersebut terutama saraf simpatik . Berikut macam-macam organ tubuh yg difungsikan oleh saraf simpatik... 

Fungsi Sistem Saraf Simpatik
  • Memperbesar pupil mata
  • Mempercepat detak jantung
  • Memperbesar bronkus
  • Menghambat kerja alat pencernaan
  • Menghambat kontraksi kantung seni
  • Menghambat ereksi
  • Menurunkan sekresi ludah
  • Menurunkan tekanan darah
  • Menghambat sekresi empedu
  • Meningkatkan sekresi adrenalin
  • Memperlambat mobilitas pristaltik
  • Mempersempit diamter pembuluh darah 


Perbedaan Saraf Simpatik serta Parasimpatik
Perbedaan antara saraf simpatik serta parasimpatik terletak pada posisi ganglion. Saraf simpatik memiliki ganglion yg terletak di sepanjang tulang belakang menempel dalam sumsum tulang belakang sehingga memiliki urat pra ganglion pendek,sedangkan saraf parasimpatik mempunyai urat pra ganglion yang panjang karena ganglion menempel dalam organ yg dibantu.
Fungsi sistem saraf simpatik dan parasimpatik selalu berlawanan (berlawanan). Sistem saraf parasimpatik terdiri dari keseluruhan "nervus vagus" beserta cabang-cabangnya ditambah dengan beberapa saraf otak lain dan saraf sumsum sambung.
Pada saraf simpatik dan saraf parasimpatik terdapat penghubung antara sistem saraf pusat serta efektor, yg dinamakan ganglion. Ganglion saraf simpatik berada dekat sumsum tulang belakang. Serabut praganglion saraf simpatik ukuran pendek, ad interim serabut pasca ganglionnya berukuran panjang. Sebaliknya, saraf parasimpatik memiliki serabut praganglion yg berukuran panjang serta serabut pascaganglion yg pendek.
Dilihat berdasarkan ganglionnya
Simpatik: Ganglion saraf simpatik berada dekat sumsum tulang belakang. Serabut praganglion saraf simpatik ukuran pendek, ad interim serabut pascaganglionnya berukuran panjang.
Parasimpatik: Saraf parasimpatik memiliki serabut praganglion yg ukuran panjang serta serabut pascaganglion yang pendek. Ganglia neuron parasimpatik terletak pada dekat atau pada dalam organ sasaran.
Dilihat dari menurut cara kerjanya :
  • Simpatik merangsang kerja organ
  • Parasimpatik Mengganggu kerja organ

Persamaan Saraf Simpatik dan Parasimpatik
Peranan primer  komponen  simpatik  serta  parasimpatik sistem saraf otonom  pada divisi motoris pada mengatur fungsi  tubuh bagian  internal. Pada saraf simpatik serta saraf parasimpatik masih ada penghubung antara sistem saraf pusat serta efektor, yg dinamakan ganglion.
Demikianlah artikel tentang Pengertian Saraf Simpatik dan Fungsi Saraf Simpatik. Semoga bermanfaat, Sekian dan terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel