SUMBER SEJARAH MASUKNYA ISLAM DI INDONESIA

Sumber-Sumber sejarah tentang proses masuknya agama islam ke Indonesia sehingga kita lebih konfiden bahwa islam masuk atau datang di indonesia memang sahih adanya, Islam dibawa sang pedagang serta lainnya yang dari tentang teori penyebaran islam pada nusantara dan pendapat para ahli yang memperkuat masuknya islam di indonesia, sangat jelas bahwa islam masuk pada indonesia ini dan apabila ingin bukti terkait sumber sejarah masuknya islam di indonesia bisa pula ditinjau atau diketahui berdasarkan pesan-pesan yg tertulis pada batu nisan serta catatan sejarah menurut para penyair, yang dapat ditinjau dibawah ini..

a. Batu Nisan dan Makam
Sumber-asal sejarah berupa batu nisan dan makam yg menampakan proses masuknya kepercayaan Islam ke Indonesia adalah sebagai berikut. 

  1. Batu nisan makam Fatimah binti Maimun pada Leran, Gresik, Jawa Timur yang berangka tahun 1082 M atau 475 H. 
  2. Batu nisan makam Sultan Malik Al Shaleh berdasarkan Samudra Pasai yang berangka tahun 1297 M atau 696 H. 
  3. Batu nisan makam Maulana Malik Ibrahim pada Gresik, Jawa Timur yg berangka tahun 1419 M atau 822 H.
  4. Dua batu nisam makam berangka tahun 1380 M (781 H) serta 1389 M (789 H) pada Munje Tujoh, Aceh Utara. 
b. Catatan Sejarah
Sumber-sumber sejarah berupa catatan sejarah dari para musafir yang menerangkan proses masuknya kepercayaan Islam ke Indonesia merupakan sebagai berikut. 

  1. Catatan dari Dinasti Tang (Cina) yg memberitakan bahwa dalam abad ke-7 telah terdapat permukiman pedagang Arab pada Baros, pantai barat Sumatra 
  2. Catatan Marco Polo yang memberitakan adanya masyrakat muslim di Perlak dalam akhir abad ke-13. Marco Polo menceritakan bahwa pada abad ke-11,  Islam sudah berkembang di Sumatra bagian Utara. Ia jua menceritakan bahwa Islam sudah berkembang sangat pesat pada Jawa. 
  3. Catatan Ma Huan (musafir Cina) yg memberitakan bahwa pada awal abad ke-15 sebagian rakyat pesisir pantai utara jawa sudah memeluk Islam. Ma Huan merupakan seseorang penulis yang hidup dalam masa pemerintahan Laksamana Cheng Ho. 
  4. Catatan Tome Pires (musafir Portugis) berjudul Suma Oriental yang memberitakan mengenai penyebaran kepercayaan islam pada Sumatra, Jawa, Kalimantan, dan Kepulauan Maluku sekiatar abad ke-16. 
  5. Cerita Ibnu Battuatah yang menceritakan bahwa Sultan Samudra Pasai sangat baik terhadap ulama serta rakyatnya. Di samping itu, Ibnu Battutah menceritakan bahwa Samudra Pasai merupakan kesultanan dagang yang sangat maju. Di sana, Ibnu Battutah bertemu menggunakan para pedagang dari India, Cina, dan Jawa. 
Sekian artikel tentang Sumber Sejarah Masuknya Islam pada Indonesia semoga bermanfat 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel