UPAYA MENANGGULANGI PEMANASAN GLOBAL GLOBAL WARMING

Pemanasan Global memerlukan penanganan pada mencegah, mengurangi, dan mengatasi efek menurut pemanasan Global. Salah satu penyebab pemanasan dunia merupakan penggunaan bahan bakar fosil dengan meningkatnya kadar CO2 pada atmosfer. Konsumsi total bahan bakar fosil (batubara serta minyak bumi) di global akan semakin tinggi lebih kurang 1% per tahun. Langkah-langkah yang dilakukan atau yang sedang didiskusikan waktu ini nir dapat mencegah pemanasan global di masa depan. Tantangan yg ada merupakan mengatasi dampak yang ada sembari melakukan langkah-langkah buat mencegah semakin berubahnya iklim pada masa depan.
Masalah dunia ini tidak akan dapat diselesaikan apabila hanya terus berharap pada pemerintah. Masyarakat wajib saling bahu-membahu buat mengurangi sekaligus memperlambat terjadinya dunia warming. Ada banyak cara yg dapat kita lakukan untuk mengurangi impak menurut global warming/pemanasan dunia. Postingan ini akan membahas sedikit saja mengenai hal-hal apa yang dapat kita lakukan buat meminimalisir terjadinya pemanasan dunia.
  • Hematlah Pemakaian Listrik Beberapa hal yang dapat kita lakukan buat berhemat pemakaian listrik seperti: mematikan lampu serta listrik saat sedang nir dipakai, menggunakan lampu irit tenaga, matikan pemanas nasi selama beberapa jam buat mengurangi penggunaan listrik, jangan acapkali memasukkan makanan panas eksklusif ke pada kulkas, dan jangan acapkali-sering membuka pintu kulkas terlalu usang.
  • Usahakan lakukan penghijauan/reboisasi Salah satu cara termudah adalah menggunakan menanam pohon pelindung disekitar tempat tinggal atau membuat taman disekitar tempat tinggal agar tempat tinggal jadi tampak hijau.
  • Hematlah Pemakaian Air Beberapa hal yang dapat kita lakukan buat berhemat pemakaian air bisa anda baca dipostingan aku sebelumnya. Baca Cara penghematan Air.
  • Reuse (Menggunakan Kembali) Misalnya, memakai kembali kantong plastik buat membawa belanjaan, membawa tas kertas sendiri berdasarkan tempat tinggal waktu berbelanja, belilah produk-produk yg bisa didisi ulang, gunakan koran atau kertas bekas buat membungkus barang, dll.
  • Reduce (Mengurangi/Menghemat) Misalnya, belilah barang-barang mebel atau peralatan dapur yg benar-sahih diperlukan, kurangi makanan cepat saji, kurangi penggunaan pestisida, hindari membeli produk menurut fauna/tumbuhan langka, kurangi produksi limbah tempat tinggal tangga, dll.
  • Recycle (Mendaur Ulang) Mulailah pakai pakaian yang relatif ramah bagi lingkungan, gunakan botol-botol bekas untuk keperluan lain, misal jadi vas bunga, kreasikan barang bekas menjadi barang yg mempunyai nilai jual, sisihkan sampah organik serta anorganik, buatlah pupuk kompos menurut limbah dapur serta daun/ranting pohon yang berterbaran disekitar tempat tinggal , dll.
  • Jangan seringkali-sering naik tunggangan pribadi apabila memungkinkan buat naik angkutan umum, lebih baik anda mulai terbiasa buat melakukannya. Selain menghemat bahan bakar, anda jua dapat mengurangi jumlah polusi udara yg didapatkan dari tunggangan bermotor yang telah mengakibatkan semakin seringnya terjadi hujan asam yang menghambat lingkungan.
Upaya Menanggulangi Pemanasan Global (Global Warming) 
Beberapa cara dalam mengurangi, mencegah, mengatasi, dan menanggulangi pengaruh berdasarkan pemanasan dunia antara lain sebagai berikut...

Upaya Menanggulangi Pemanasan Global (Global Warming)

1. Mengubah Perilaku Pribadi
Tindakan yg lebih baik pada mengatasi, mengurangi, serta pencegahan pemanasan global merupakan dengan mengubah perilaku insan, karena pemahaman mengenai pemanasan global yg ditanamkan hari ini akan berdampak besar dalam generasi mendatang. Berikut Beberapa model-contoh konduite langsung yg dapat dilakukan pada mengurangi, mencegah, dan mengatasi pemanasan dunia antara lain menjadi berikut... 
  • Hemat Listrik : Setelah dijelaskan sebelumnya bahwa gas tempat tinggal kaca itu didominasi menurut karbon dioksida (CO2). Sebagian akbar berdasarkan CO2 dihasilkan menurut pembangkit listrik yg berbahan bakar fosil. Dengan demikian, jika kita berhemat listrik maka secara tidak eksklusif kita mengurangi kadar CO2 di Atmosfer.
  • Menanam Pohon : CO2 digunakan tanaman buat berfotosintesis, maka penanaman pohon pada jumlah banyak akan menjadi solusi buat mengurangi jumlah CO2 di atmosfer. Di Sulawesi Utara, dibentuk peraturan wilayah yang mewajibkan menanam pohon bagi pasangan yang akan menikah.
  • Mengurangi Penggunaan Mobil : Mobil sebagai penyumbang sumber CO2 terbesar di perkotaan, jua perlu diantisipasi menggunakan mengganti perilaku orang. Penggunaan mobil eksklusif sebagai penyumbang CO2 terbesar, jika nir ada pengaturan penggunaan kendaraan beroda empat langsung menggunakan baik. Penggunaan transportasi generik yang mengangkut sekaligus poly orang bisa mengurangi emisi karbon dioksida pada udara. 
2. Langkah Mencegah Pemanasan Global Secara Kolektif 
Upaya pencegahan pemanasan global pula bisa dilakukan secara bersama atau kolektif. Beberapa langkah yang dapat dilakukan secara kolektif diantaranya menjadi berikut...
  • Menggunakan Energi Alternatif : Penggunaan energi cara lain terbaru perlu dilakukan pada Indonesia. Pembangkit listrik yg berbahan bakar fosil yang diusahakan diganti dengan energi bersih, misalnya sinar matahari, air, angin, biomassa, serta panas bumi. Sumber energi tersebut sebenarnya berlimpah di Indonesia. Namun belum dimanfaatkan secara optimal.
  • Melestarikan Hutan : Masyarakat dan pemerintah harus berupaya beserta dalam menjaga hutan dari bahaya kebakaran serta penebangan liar agar luas hutan tidak berkurang. 
  • Menghapus Penggunaan CFC : Untuk menghentikan penggunaan CFC pada peralatan pendingin, bisa dilakukan dengan menaruh penyuluhan dan batuan kepada bengkel-bengkel servis peralatan pendingin supaya bisa mengelola penggunaan CFC. 
  • Memperbaiki Kualitas Kendaraan dengan Uji Emisi : Uji emisi dibutuhkan pada mengetahui kondisi kendaraan apakah prima atau kebalikannya. Kendaraan yang mempunyai syarat prima akan membentuk gas karbon dioksida (CO2) sehingga bisa menjaga lingkungan serta hemat bahan bakar. 
3. Mengurangi Karbon 
Untuk mengurangi gas CO2 yang terdapat pada udara dapat dilakukan menggunakan hal-hal berikut adalah.
  • Menanam dan memelihara tanaman pada jumlah yang banyak. Tumbuhan akan menyerap karbon dioksida buat proses fotosintesis dan akan melepaskan oksigen ke udara. Di seluruh dunia, tingkat perambahan hutan sangat tinggi, sedangkan tumbuhan yang tumbuh kembali sedikit sekali, lantaran tanah yang nir fertile lagi. Upaya rebosiasi hutan adalah langkah yang sempurna buat menyeimbangkan gas rumah kaca di atmosfer 
  • Mengganti penggunaan bahan bakar fosil dengan bahan bakar alternatif, contohnya air, angin, dan sinar matahari
Demikianlah artikel singkat mengenai Upaya Menanggulangi Pemanasan Global (Global Warming). Semoga bermanfaat bagi kita seluruh. Sekian dan terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel