MACAMMACAM JENIS NEURON SERTA FUNGSINYA

Neuron (sel Saraf) mempunyai aneka macam macam jenis-jenis neuron menggunakan fungsi yg saling terhubung satu sama lain. Neuron merupakan unit struktural dan fungsional berdasarkan sistem saraf. Neuron memiliki kemampuan sebagai konduktivitas (penghantar) serta eksistabilitas (bisa dirangsang, serta mempunyai kemampuan merespon rangsangan menggunakan sangat baik. Neuron terdiri tiga bagian-bagian neuron. Bagian-bagian neuron merupakan badan sel (perikarion), Dendrit, Akson. Dari setiap bagian-bagian neuron tersebut masih ada beberapa macam-macam neuron yg ditinjau menurut struktur dan manfaatnya.
Jenis-jenis neuron Menurut Bentuk
Ada empat jenis utama dari neuron menurut bentuknya. Neuron unipolar adalah neuron yang paling umum pada invertebrata. Neuron ini ditandai sang suatu perpanjangan utama yg berfungsi menjadi baik akson serta dendrit.
Tipe lain dari neuron merupakan neuron bipolar, masing-masing mempunyai sebuah akson yang mentransmisikan frekuwensi menurut badan sel menuju otak dan sumsum tulang belakang, serta dendrit yg mengirimkan sinyal menurut organ-organ tubuh menuju sel tubuh. Disini neuron bipolar umumnya ditemukan pada organ sensorik seperti mata, hidung serta indera pendengaran.
Neuron Pseudo-unipolar menyerupai neuron unipolar karena masing-masing memiliki akson, akan tetapi nir ada dendrit sejati. Namun, neuron pseudo-unipolar sebenarnya varian menurut neuron bipolar. Alasan buat ini adalah bahwa akson tunggal inheren pada badan sel yg membuat 2 “kutub” antagonis atau arah – satu terhadap otot, sendi serta kulit, serta yg lainnya menuju sumsum tulang belakang. Neuron Pseudo-unipolar bertanggung jawab atas rasa sentuhan, rasa sakit dan tekanan.
Neuron multipolar yg neuron dalam vertebrata mendominasi pada hal jumlah. Neuron ini merupakan mereka yang paling dekat dengan contoh neuron yg biasa kita lihat dalam diagram struktur neuron. Masing-masing menurut mereka memiliki badan sel, akson yang panjang, dan dendrit yg pendek.

Macam-Macam Neuron dan Fungsinya
Macam-macam neuron Menurut Fungsi
Neuron pula bisa diklasifikasikan berdasarkan fungsi khusus mereka. Neuron sensorik merupakan neuron yg memanfaatkan warta dari indera alat yang tidak sinkron misalnya mata, hidung, telinga, pengecap serta kulit. Di sisi lain, neuron motorik mengirimkan sinyal dari otak ke sumsum tulang belakang ke otot buat melakukan tindakan atau respon terhadap rangsangan. Interneuron berfungsi menjadi konektor neuron. Perpanjangan Interneuron mempunyai akson panjang yang bergabung wilayah otak yang jauh dari satu sama lain. Interneuron lokal memiliki akson pendek yg membuat sirkuit mini antara sel-sel dekat atau wilayah otak.
Para peneliti pula dikategorikan neuron berdasarkan fungsi. Neuron sensorik mengumpulkan liputan dari organ-dari indera mata, hidung, pengecap dan kulit, misalnya. Neuron motorik membawa frekuwensi menurut otak serta sumsum tulang belakang ke otot. Interneuron menghubungkan satu neuron ke yang lain: akson panjang interneuon proyeksi yang menghubungkan otak dengan wilayah yang jauh; akson pendek interneuron lokal membentuk sirkuit yang lebih mini antara sel-sel tetangga.
Sel unik
Ada puluhan neuron yang memiliki struktur yg sangat unik. Dengan demikian, peneliti menyebutkan bahwa mungkin terdapat seratus atau lebih jenis neuron dalam sistem saraf pusat. Sel-sel yg unik ini pada otak termasuk neuron piramidal yg mempunyai badan sel yg menampilkan bentuk piramida segitiga. Neuron piramidal ditemukan pada korteks prefrontal. Beberapa neuron unik lainnya termasuk sel-sel basket (interneuron kortikal), sel-sel buket ganda (interneuron penghambat), neuron berduri (ditemukan di striatum serta korteks masukan penerima), neuron chandelier (penghambatan interneuron). Dan sel-sel Purkinje (neuron misalnya pohon yg terletak pada otak mini ).
Berdasarkan strutkur dan kegunaannya, Neuron dibedakan atas 3 jenis diantaranya menjadi berikut 
  • Sel Saraf Sensorik : Sel saraf Sensorik berfungsi menghantar impuls berdasarkan reseptor ke sistem saraf pusat, yaitu otak (ensefalon) serta sumsum tulang belakang (medula spinalis). Ujung akson dari saraf sensokrik berhubungan dengan saraf asosiasi (intermediet). 
  • Sel Saraf Motorik : Sel saraf Motorik berfungsi mengirim impuls menurut sistem saraf pusat ke otot atau kelenjar yg hasilnya berupa tanggapan tubuh terhadap rangsangan. Badan sel saraf motor berada di sistem saraf pusat. Dendritnya yang panjang herbi akson saraf asosiasi, sedangkan aksonnya dapat sangat panjang. 
  • Sel Saraf Intermediete/Sel Saraf Konektor : Sel saraf Intermediete/Sel Saraf Konektor dianggap juga sel saraf asosiasi. Sel ini bisa ditemukan didalam sistem saraf pusat. Fungsi Sel saraf Intermediete/Sel Saraf Konektor adalah berfungsi menghubungkan sel saraf motor menggunakan sel saraf sensori atau herbi sel saraf lainnya yang terdapat di pada sistem saraf sentra. Sel saraf intermediet menerima impuls berdasarkan reseptor sensorik atau sel saraf asosiasi lainnya.

Demikianlah artikel singkat mengenai Macam-Macam Jenis Neuron dan Fungsinya. Semoga bermanfaat, Sekian serta terima kasih. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel